Tips Peluang Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by creative, Mar 21, 2015.

  1. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    [​IMG]


    Beberapa Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Sampingan



    1. Bidang Usaha

    Anda harus dapat menentukan bidang usaha apa yang nantinya akan Anda jalankan. Diharapkan bidang usaha tersebut sesuai dengan hobby dan bakat yang Anda miliki.

    Karena untuk memulai usaha akan terdapat banyak rintangan dan halangan serta persaingan dari usaha sejenis yang akan dihadapi namun jika Anda senang melakukan usaha tersebut lambat laun pasti akan berhasil.

    2. Lokasi

    Faktor lokasi yang strategis sangat mempengaruhi keberhasilan Anda. Untuk memulai usaha baru hendaklah Anda mencari lokasi yang ramai sesuai dengan target market Anda.

    3. Pelanggan

    Bagaimana cara dan apa strategi pemasaran yang akan Anda gunakan untuk mendapatkan pelanggan? Jika Anda baru memulai usaha biasanya strategi pemasaran lewat mulut ke mulut terbukti lebih efektif dan tanpa biaya tambahan.

    4. Modal Kerja

    Sangat penting Anda mempersiapkan modal kerja serta merencanakan seluruh anggaran biaya untuk menutupi seluruh defisit arus kas sampai usaha tersebut menghasilkan dan stabil.


    Peluang Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

    Beberapa peluang usaha sampingan yang bisa dijadikan bahan referensi buat Anda dengan modal kecil antara lain adalah sebagai berikut:


    1. Catering
    Apakah Anda hobby memasak dan jajan kuliner? Jika iya tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha catering. Peluang usaha ini sangat luas dan potensial.

    Tips bagi pelaku usaha catering.
    • Ikuti kursus memasak, dan rajin membaca artikel tentang kuliner.
    • Harus pintar membuat menu sesuai dengan segmen pasar.
    • Menjaga kebersihan makanan mulai dari pembelian bahan baku hingga proses penyajian makanan.
    • Harus pintar mencari sumber bahan baku yang murah dan berkualitas.
    • Memiliki spesialis produk menu unggulan.
    • Pelayanan yang prima terhadap pelanggan.
    • Suasana tempat makan yang bersih dan tertata dengan rapi.

    2. Toko Sembako atau Kelontong
    Anda tidak perlu memulai usaha ini dengan mengerjakannya sendiri, cukup dengan salah satu anggota keluarga Anda atau saudara Anda yang bersedia untuk membantu.

    Anda bisa memulainya dengan menjual segala kebutuhan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Agar Anda bisa sukses di usaha ini Anda harus memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan pesaing.

    Tips bagi pengusaha toko kelontong
    • Ramah serta cepat dan sigap dalam melayani pelanggan.
    • Langganan dengan pemasok utama agar mendapatkan discount harga khusus.
    • Suasana toko yang nyaman dan bersih serta barang yang dijual tertata dengan rapi, aturlah barang dagangan ditempatkan sesuai dengan jenisnya.
    • Jangan mengambil untung terlalu besar, tahap awal strategi Anda adalah fokus untuk mengejar volume penjualan.
    • Jika dalam tahap awal Anda kekurangan modal maka bisa ditempuh dengan kerjasama dengan sistem konsinyasi atau titi jual dengan pihak ketiga atau pemasok.
    • Hindari jumlah persediaan atau inventory yang terlalu besar namun jangan sampai kekurangan stok. Upayakan memiliki keahlian tentang seberapa besar buffer stok atau cadangan yang paling efisien yang perlu disiapkan.
    • Selalu berpedoman bahwa nilai keuntungan adalah selisih harga jual dikalikan volume barang yang terjual, misalnya jika Anda menjual suatu produk yang terjual dalam satu hari dengan keuntungan 2% maka dalam sebulan keuntungannya adalah sebesar 60%.
    • Konsisten dalam hal waktu buka dan tutup toko Anda.

    3. Jualan Pulsa Elektrik
    Dalam menjalankan usaha ini modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, hampir semua operator sekarang memberikan keringanan dalam hal gratis biaya pendaftaran dan minimal deposit sekitar 50.000 sampai 300.000,-. Jika Anda memiliki modal lebih disarankan agar membeli deposit lebih besar karena disamping lebih efisien, discount harga serta akan menghemat waktu Anda.


    Tips jualan pulsa elektrik
    • Pilihlah Distributor pulsa yang terpercaya, harga penawaran yang murah namun masih dalam skala kewajaran, jangan terlalu percaya dengan harga discount pulsa yang ditawarkan di situs-situs yang kurang bonafit.
    • Pilih Dealer pulsa yang memiliki CMS Center yang cukup memadai.
    • Lakukanlah survey harga pasar, coba Anda melakukan survey di area sekitar tempat rencana Anda akan memulai usaha ini, hindari harga jual yang Anda tawarkan lebih tinggi dari pesaing Anda.
    • Lakukan promosi pemasaran lewat sosial media sperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, terlebih lagi jika Anda memiki teman atau follower yang cukup banyak.
    • Untuk lebih efisien gunakanlah server pulsa all operator, produknya lengkap, mudah dalam bertransaksi, modal awal yang kecil, tidak ada kadaluarsa deposit, dapat income tambahan jika Anda bisa merekrut agen penjualan lainnya lewat referensi Anda atau Downline.

    4. Jasa Design Grafis
    Jika Anda memiliki bakat design grafis dan mahir menggunakan software Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Pagemaker, dan lainnya, tidak ada salahnya Anda mencoba membuka usaha photo editing, design logo, design cover majalah, dan lainnya.

    Banyak pengusaha muda Indonesia yang sukses di bidang ini seperti halnya Ryan Gondokusumo pemilik situs sribu.com yang menawarkan jasa design yang cukup apik, menyelesaikan design yang sangat cepat, memberikan garansi hasil dan harga yang ditawarkan sangat murah.

    Tips Usaha Design Grafis
    • Lakukan promosi dan menawarkan jasa design secara online, misalnya dengan membuat website atau blog, promosi lewat sosial media dan lainnya.
    • Pelayanan konsumen yang prima, misalnya menyelesaikan hasil design yang cepat dengan kualitas yang baik, dan garansi hasil akhir yang bisa direvisi sesuai dengan keinginan mereka.
    • Dengan semakin murahnya harga perangkat komputer diharapkan Anda mempersiapkan komputer yang memadai dengan spesifikasi yang tinggi untuk menunjang pekerjaan Anda, karena disamping bisa support software grafis terbaru juga efisiensi dalam hal waktu pekerjaan.
    • Jangan berhenti update, dunia design grafis seakan menuntut perkembangan yang tiada henti, terus berubah dan tidak dinamis, baik dari sisi teknologi, program software, style & trend design, dan lain sebagainya.

    5. Peluang usaha antar jemput anak sekolah

    Bagi Anda Ibu rumah tangga yang setiap hari terbiasa mengantar anak ke sekolah dan memiliki kendaraan misalnya mobil, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa antar jemput kepada tetangga terdekat dan para orang tua murid teman Anak Anda di sekolah.

    Anda akan mendapat penghasilan tambahan dari usaha ini, disamping tugas utama Anda sekalian mengantar anak Anda sendiri ke sekolah. Anda harus berfikir kreatif dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada.


    Tips Peluang usaha antar jemput anak sekolah
    • Promosi dari mulut ke mulut sangat efektif, Anda harus supel dan ramah dalam menjalin hubungan dengan tetangga dan para orang tua murid di sekolah anak Anda.
    • Upayakan calon konsumen Anda berada satu jalur dengan rute pengantaran anak Anda ke sekolah.
    • Jangan sampai terlambat dalam mengantar dan menjemput konsumen Anda.
    • Berikan pelayanan terbaik dan ramah, disamping itu sesekali waktu Anda juga bisa memberikan sedikit ekstra service dengan menyediakan makanan ringan, permen, dan minuman yang disiapkan gratis di mobil Anda.

    6. Jasa Menjahit

    Buat Anda senang fashion dan memiliki keahlian dalam menjahit pakaian, coba Anda kembangkan bakat Anda dengan menjalankan usaha ini.

    Sudah menjadi trend bahwa sebagian orang berbelanja pakaian di Mall dan pusat perbelanjaan, namun tidak sedikit dari mereka merasa pakaian yang mereka beli sebenarnya kurang cocok dan sesuai dengan tubuh mereka, apalagi ukuran size tubuh mereka tergolong unik.


    Tips Peluang usaha Jasa Menjahit
    • Tentukan target utama konsumen Anda, misalnya segmen pasarnya adalah anak-anak, remaja putri, ibu-ibu rumah tangga dan sebagainya.
    • Mencari referensi tempat belanja bahan tekstil yang murah dan berkualitas.
    • Anda harus mampu menciptakan ide kreatif sesuai dengan trend pakaian yang sangat diminati konsumen saat ini.
    • Lakukan promosi dari mulut ke mulut, dimulai dari keluarga dekat Anda, tetangga, teman dekat, dan jika Anda memberikan pelayanan yang baik serta memberikan nilai tambah dan kepuasan kepada mereka, nantinya dari sanalah akan banyak muncul pelanggan-pelanggan baru.
    • Promosikan produk Anda ke instansi-instansi atau perkantoran, dengan menawarkan pemesanan baju seragam.
    Demikian beberapa peluang usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa menjadi referensi Anda untuk memulai usaha.

    Sumber : Tips Peluang Usaha Sampingan dengan Modal Kecil
     
  2. Gesper

    Gesper Member

    Joined:
    Mar 1, 2015
    Messages:
    242
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Poin nomor 5 kayaknya meraik nih,..:D
     
  3. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Yoi.. Bro... soalnya rada2 sungkan tapi lumayan hemat BBM Coy :p
     
  4. Pelangi Nusantara News

    Pelangi Nusantara News Member

    Joined:
    Aug 18, 2014
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Kalau untuk usaha kecil-kecilan dan mudah dilakukan, kayaknya No.3 oke punya. Yang serius bisa daftar disini: pelanginusantaranews.blogspot.com/2015/02/usaha-sampingan-jualan-pulsa-hp-all.html
     
    Last edited by a moderator: Mar 24, 2015
  5. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Wah ini Master Jualan pulsanya udah nimbrung ne... Mantap Mas Bro :D
     
    Last edited by a moderator: Mar 24, 2015
  6. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    Wihh tertarik poin no 4 . ternyata ada peluang yang menggiurkan juga ya :D
     
    creative likes this.
  7. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Lanjut gan... pasti ni Ahlinya photoshop atau corel draw :eek:
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Beberapa poin bukan lagi sebagai usaha sampingan, melainkan usaha utama...
     
  9. Rara Melati

    Rara Melati Member

    Joined:
    Mar 12, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Yang nomer 3 aku banget... hehe
     
    creative likes this.
  10. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    957
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    wah boleh juga nih di coba
     
  11. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Setuju Boz.. mungkin awalnya dicoba sebagai usaha sampingan.. setelah melihat prospeknya bisa dijadikan bisnis utama
     
  12. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Hehe.. yang penting Halal Boz... berapapun hasilnya kalua dijalankan dengan sungguh2 lambat laun pasti akan berhasil :D
     
  13. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,201
    Likes Received:
    175
    Trophy Points:
    63
    jangan lupa berdoa *bergaya* ( apa sih *tinju* *tendang* )
    yang penting bener-bener fokus salah satu dulu *kalah*
     
  14. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Yang paling mudah sepertinya jualan pulsa, walaupun juga memerlukan promosi sih :D . Tapi zaman sekarang siapa sih yang gak butuh pulsa :D hehe :D
     
  15. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mantap Boz... doa itu sangat penting diiringi dengan niat :)
     
  16. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Setuju... walaupun untungnya gak seberapa ya... hehehe.. namun kalau bisa menjual kuota dengan banyak.. lumayan jg untungnya
     
  17. abbymolana

    abbymolana Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    187
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
  18. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    312
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Yang paling berat itu nomor 3 Jualan Pulsa Elektrik, pengalaman pribadi soalnya. Promosi gampang, ngejual gampang tapi giliran ditagih susah disitu kadang saya ngerasa sedih.
     
  19. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,182
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Mas @Damar jual Pulsa juga?
     
  20. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Tidak mas, saya tidak pandai berpromosi :D
     
Loading...

Share This Page