Senam wanita hamil

Discussion in 'Health & Medical' started by faylaafcharina, Apr 9, 2015.

  1. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Senam hamil ini tujuannya adalah untuk mempersiapkan baik itu fisik mental dari ibu hamil dalam mempersiapkan kelahiran sang bayi, Jika anda tidak mampu untuk melakukan senam hamil anda bisa melakukan dengan cara lain yang sifatnya ringan-ringan dan sekaligus juga melakukan pekerjaan rumah, seperti misalnya ngepel lantai dengan posisi merangkak sambil berjalan, dan beberapa aktivitas lainnya. ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan senam hamil di antaranya adalah:

    [​IMG]

    Melatih pernafasan

    Pernafasan adalah sesuatu yang sanagat vital bagi semua mahluk hidup di muka bumi ini, terutama bagi seorang ibu yang bersiap-siap dalam melahirkan putra-putrinya, Butuh pengorbanan jiwa dan raga bagi seorang wanita dalam melahirkan bayinya, selain dari kekuatan fisik , persiapan dari pernafasan juga harus benar-benar dipersiapkan sejak dini. Jika seorang wanita tidak bisa mengatur ritme pernafasannya maka akibatnya akan berakibat fatal . Untuk itu seyogyanya bagi seorang wanita terutama bagi wanita yang masuk bulannya untuk melahirkan harus melatih pernafasnnya sejak dini . Pernafasan ini dapat dilatih , Latihan Pernafasan itu sendiri tujuannya adalah untuk melatih pernafasan, sang ibu harus dipersiapkan dalam mengatur nafas pada saat proses persalinan, ini bisa dilakukan dengan cara menarik napas dalam - dalam menahan sambil menahan nafas sebentar lalu melepaskannya.

    Senam perut

    Senam perut ini tujuannya adalah untuk melatih kelenturan dari dinding perut. Bagaimanapun bagi seorang perempuan untuk mendorong bayinya keluar adalah dengan menggunakan perpaduan otot-otot perut , otot rahim dan organ lainnya yang terkait dengan proses kelahiran . Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara ngapel di lantai, jongkok dan bangun di tempat tidur. Latihan ini sangat bagus sekali terutama untuk melatih ke-elestisitasan dari dinding perut itu sendiri.

    Senam panggul

    Senam panggul ini bisa dilakukan dengan cara posisi terlentang 1 kaki diluruskan, sedangkan satu kaki lainnya ditekuk pada bagian sendi lutut, sesekali badan dimiringkan ke arah kaki yang ditekuk sampai dengan sudut yang maksimal. Ulangi cara ini pada kaki yang lain secara bergantian. Dengan cara ini tujuannya juga untuk meregangkan otot-otot panggul yang kaku.

    setelah sang bayinya keluar kini saatnya bagi Bunda untuk merawat dirinya dan organ vitalnya, anda bisa berkonsultasikan ini dengan dokter terdekat , atau anda juga bisa menggunakan cara tradisional seperti menggunakan ramuan tongkat madura , cebok daun sirih , minum rebusan daun sirih , perbanyak makan daun katuk ( untuk melancarkan ASI )
     
  2. Jarkone

    Jarkone Member

    Joined:
    Mar 31, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Loh, orang hamil ada senamnya juga ta bu? Aku kira senamnya ibu hamil cuma jalan-jalan kecil aja di pagi hari. Makasih infonya. *ketawa3**ketawa3**ketawa3*
     
  3. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18

    hehe... ada neng , senam wanita hamil juga sangat dianjurkan bagi wanita hamil ....
     
  4. Jarkone

    Jarkone Member

    Joined:
    Mar 31, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    owh, tak coba dulu dah nanti bu.. moga berhasil dan buat bayi saya sehat *kagum**kagum**kagum*
     
  5. Hasan Joe

    Hasan Joe New Member

    Joined:
    Dec 8, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    biasanya sih senam buat ibu hamil itu slow and down. yang mirip aerobik gt.
     
    Last edited by a moderator: Dec 8, 2016
  6. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Yap! betul sekali, biar bunda dan dede nya sehat, bugar selalu, informasi yang bermanfaat. Tapi sayang, istri saya dulu belom sempat mengikuti senam sudah keburu keluar dede nya,, Bersyukur sehat semua.
     
  7. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    olah raga pagi aja.. jalan pagi aja agak 15 menit sudah cukup.. bareng suami biar semangat ;)
     
Loading...

Share This Page