[Shared] Seberapa Penting Backup Untuk Anda ?

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by pluto01, May 28, 2015.

  1. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Hi, selamat sore semua teman-teman bersosial...Semoha semuanya dalam keadaan sehat dan sukses selalu
    Pada sore ini saya akan mencoba berbagi informasi sepenting apa backup itu.

    "Seberapa Pentingkah Backup untuk anda ?"

    Jika pertanyaan ini diajukan terhadap saya maka saya akan menjawab bahwasanya yang namanya backup itu sangat penting dan sama pentingnya dengan yang utama. Dan ini sesuai dengan apa yang telah saya alami sendiri.

    Baik, mari kita coba bahas dan perhatikan dari beberapa type Company/Perusahaan terkait :

    1. Internet Service Provider (ISP).
    Sebagaimana kita ketahuai ISP adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa internet bagi para pelanggannya. Dan struktur/topology jaringan mereka sangat banyak dan config-config setiap router mereka juga sangat banyak dan juga config perangkat di setiap end user juga berbeda. Dan sangat tidak menyenangkan jika mereka harus menghafal semua config yang ada dan walaupun mereka ingat, itu membutuhkan waktu lagi untuk re-configure. Nah coba anda bayangkan jika salah satu atau lebih router mereka rusak, seberapa banyak komplaenan masuk selama waktu yang mereka butuhkan untuk reconfigure router? Atau jika mereka tidak ada backup hardwarenya seberapa lama mereka membutuhkan waktu untuk pengadaan unit backup ? wow sudah tak terbanyangkan pasti sangat membutuhkan waktu yang lumayan lama dan komplaenan juga bakal bertubi-tubi masuk. Atau coba anda bayangkan jika link ke BTS mereka ada yang down tanpa ada link backup? pasti membutuhkan waktu yang agak lama untuk memperbaikinya bukan? Dan atau coba anda bayangkan jika ISP tersebut tidak menggunakan link backbone backup dan suatu saat tiba link backbone mereka down, wow sangat tak terbayangkan pasti semua jaringan mereka bakal down total dan lumpuh semua aktifitas termasuk di sisi client mereka. Dan jika hal ini sering terjadi maka ini akan jadi bumerang bagi mereka yang mana kepercayaan pelanggan terhadap mereka akan berkurang dan secara berangsur-angsur bakal terminasi dengan kondisi jaringan tanpa ada backup ketika link utama down. Dan disaat seperti inilah akan terasanya betapa pentingnya suatu backup tersebut baik backup dalam hal hardware ataupun config/software.

    Jadi, backup apa yang wajib ada untuk level ISP agar linknya tetap stabil dan memberikan pelayanan yang handal dan terpercaya terhadapa para clientnya ?

    Backup yang wajib ada yaitu :

    1. Backup Hardware (hardware dalam hal ini yaitu hardware yang mereka butuhkan untuk menjalankan linknya mereka dengan baik AP/Router/Switch/HUB/dll),
    2. Melakukan backup config secara berkala untuk jaga-jaga suatu saat ada yang rusak atau bermasalah tinggal restore backup kemudian jalan normal kembali
    3. Backup link, baik backup link backbone maupun backup link di setiap main BTS yang ada
    2. Web Hosting Provider
    Nah untuk sebuah Web Hosting Provider apakah membutuhkan backup juga ? wow sangat dibutuhkan bro. Coba anda bayangkan mereka punya 1 dedicated server atau VPS server dan mempunyai client 100 sampai 200 user di dalam server tersebut dan suatu hari tiba2 HDD server mereka jebol dan tidak bisa dipakai lagi dapatkah dibayangkan bagaimana nasib client mereka dengan kehilangan semua data2 web mereka, mungkin duit bisa dicari namun yg namanya data tidak akan bisa digantikan oleh apapun. Atau coba anda bayangkan jika server mereka diserang oleh teman-teman yang tidak bertanggung jawab dan data2 di dalamnya mereka hapus semua dan dapatkah kita bayangkan bagaimana perasaan kita ketika mengetahui jika data yang kita miliki hilang begitu saja tanpa adanya backup? wow pasti tak terbayangkan bro, saya yakin jika hal itu kita yang alami pasti seakan hilang separuh nyawa kita sebegitu berat lah rasanya bro.

    Namun jika kita punya data backup ? HDD rusak jebol dan tidak bisa pakai lagi. Gampang tenang saja tinggal beli HDD lalu install OS dan aplikasi yang dibutuhkan kemudian restore data backup sudah selesai tidak ada masalah, atau bagi pengguna VPS tinggal reinstall OS agar fresh smua lalu restore backup sudah jalan normal kembali. Betapa mudah dan indahnya hidup ini bukan jika kita ada punya backup ?

    Dan apakah untuk level Web Hosting Provider hanya membutuhkan backup data saja? Tidak, Web Hosting Provider juga mebutuhkan hardware backup dan lebih baik lagi jika ada backup link backbone.


    3. Apakah hanya perusahaan ISP dan Web Hosting Provider yang wajib mempunyai backup ?

    Tidak bro, semua perusahaan sangat membutuhkan backup dengan aktifitas kerjaan mereka sehari-hari baik itu backup data/archive kerjaan mereka baik level personal maupun perusahaan.

    4. Saya sebagai user dari sebuah perusahaan Web Hosting, apakah saya perlu membackup data saya ?
    Sangat perlu bro dan sangat disarankan. Walaupun provider hosting anda melakukan backup data rutin dan menjanjikannya namun dari sisi anda sebagai end user juga harus melakukan backup rutin data webnya untuk jaga-jaga kedepan jika seandainya :

    • Jika seandainya anda membutuhkan backup sementara Backup yang dari Provider Hosting korup atau bermasalah atau susah didapatkan karena terlalu banyak embel-embel, nah di saat seperti inilah peran sebuah backup anda tersebut sangat dibutuhkan,
    • Dan atau jika suatu saat web anda kena kerjain oleh rekan-rekan yang tidak bertanggung jawab, sementara nunggu backup dari provider lama sementara web anda diharuskan cepat online dengan normal, jika anda punya backup tidak ada masalah tinggal restore saja,
    • Dan atau jika suatu saat Web Hosting provider anda HDD server utama mereka rusak dan juga HDD mesin backup mereka rusak, tidak ada masalah anda masih bisa pergunakan backup yang adan miliki,
    • Dan atau jika suatu saat Web Hosting Provider anda menghilang tanpa jejak atau kena musibah meninggal (jika seandainya web hosting provider perorangan), anda tidak usah khawatir dan bimbang karena anda mempunya backup jadi anda bisa pasang di mana saja.
    Nah dari beberapa kejadian di atas dapat kita simpulkan bahwasanya yang namanya backup itu sangat penting dan saya sendiri sudah mengalami hal-hal yang saya uraikan di atas karena itu merupakan pengalaman pribadi saya sendiri.

    Jadi, Intinya mohon selalu melakukan/mengadakan backup karena pasti semua orang tidak mau ada masalah dengan systemnya, namun yang namanya masalah atau musibah itu pasti ada dan kita tidak tahu itu kapan akan terjadi oleh sebab itu selalu kita persiapkan diri untuk menyambutnya. Kita ga tahu kapan system kita akan bermasalah, kita ga tahu kapan hardware kita akan rusak, kita ga tahu kapan system kita akan diacak2 oleh rekan-rekan yang tidak bertanggung jawab, kita ga tahu kapan config-config kita hilang tiba2/crash, kita ga tahu kapan kita akan ditinggal pergi oleh provider kita. Nah Oleh sebab itu persiapkan lah diri anda dengan selalu melakukan backup agar ketika hal itu terjadi kita tidak kalam kabut namun masih dapat menyambutnya dengan tenang.

    Akhir kata, beta indahnya hidup ini dengan adanya backup.

    yang penting jangan ada istri/suami/pacar backup yach wkakakakakakaka :D

    Monggo yang punya pengalaman dengan backup silahkan dishared juga yach


    Sumber : HFT
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau Blogger.. wajib backup template sebelum mengedit template dan juga rutin backup semua post.
     
    Last edited: May 28, 2015
  3. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Benar banget Mas, sehingga jika ada error atau salah hapus atau ga sesuai dengan yg diinginkan bisa dgn mudah dikembalikan.
     
  4. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Untuk shared hosting dan apapun itu entah vps, dedicated, dll masih perlu backup karena kita juga tidak akan tahu jika tiba-tibah terjadi masalah, kalau menurut saya enak juga menggunakan layanan dropbox yang di sync dengan wordpress jadi file kita otomatis terbackup tanpa mengeluarkan biaya tambahan :D
     
  5. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Sepakat Mas,
    Di beberapa forum sering menemukan teman2 resah dan gelisah ketika mereka ada masalah dgn data webnya, ada yg end user dan ada juga terkadang hoster. Dan ada juga sebagian yg kalam kabut ketika melalukan update atau edit pada webnya dan ternyata ada kegagalan sehingga membuatnya kalam kabut bagaimana cara mengembalikannya, dan tdk tertutup kemungkinan mengeluarkan dana untuk fixnya, nah harusnya jika ada melakukan backup harusnya simple saja tinggal restore. Dengan seperti ini kita selalu menghimbau dan menyarankan akan pentingnya sebuah backup.

    Nah mungkin jika berkenan Mas juga bisa shared dengan teman2 di sini cara2nya hahahahaha
    Agar kita2 ini jg bs melakukannya Mas :D
     
  6. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    wah penting banget den buat saya.
    backup backbone juga, semua backup harus ada dan harus selalu rajin dilakukan, bagaimanapun juga harus selalu "sedia payung sebelum hujan" - "sedia back up sebelum dikacaukan" :D
     
  7. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    nah ini dropbox juga bagus untuk tambahan back up, tapi harus lapis juga jangan cuma dropbox, nanti takutnya ada masalah di dropbox dan kita tidak bisa download datanya lagi..
    sejauh ini dropbox saya suka banget sih, mudah dan space nya cukup besar (untuk personal ya) , untuk company / skala web yang besar mungkin tidak semua bisa di backup dropbox
     
  8. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    sepakat mas,
    Mungki untuk skala company/web hoster ada bagusnya nyiapin mesin storage khusus untuk nampung backup juga, jd prosesnya external backup tdk satu mesin dgn webhostingnya/mesin produksinya
     
  9. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    pluto01 likes this.
  10. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Benar sekali mas, harus punya cadangan lain misal di sync sama akun ftp lain yang beda hosting :D
     
  11. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
  12. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mungkin sebenarnya ini kalau di translate ke indonesia semakin bagus, hanya saja saya sendiri sedang keterbatasan waktu. mungkin mas kalau udah coba bisa bikin tutorialnya :D
     
  13. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Wah makin mantapz,
    Siap mas kita tunggu kehadiran versi Indonya di pram-software.com/tag/tutorial/ jika sdh ada waktu luangnya :D
     
  14. gunawanhye

    gunawanhye Member

    Joined:
    Apr 9, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    menurut gue sangat penting, terutama pada data penting, seperti skripsi dll
     
  15. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Wah benar banget tuch Mas,
    Apalagi jika sdh kita susun sedemikian bagus dengan perjuangan yg sangat menantang namun hilang dgn begitu saja pasti hancur hati ini
    btw, punya pengalaman data skripsinya hilang mas?
     
  16. Putra Ragil

    Putra Ragil Member

    Joined:
    Feb 24, 2015
    Messages:
    137
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Sangat Penting, untuk berjaga ketika ada hal yang tidak di inginkan.
     
  17. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mantap mas @pram , kira-kira banyak memakan bandwidth tidak jika dibackup tiap hari? :D
     
  18. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sebenarnya tergantung ukuran filesnya mas, tapi menurut saya tidak terlalu memakan bandwith. itu semua sebenarnya tergantung dari files wp yang kita miliki misal kita sesuaikan dengan banyaknya gambar, dll yang ada di wp-content, wp-include, dll.

    Dan untuk backup di sesuaikan dengan kebiasaan update kita, kalau kita misal posting atau melakukan perubahan 3 kali sehari akan lebih baik kita mengaturnya setiap 3 hari, agar proporsional :)

    Karena Dropbox juga free spacenya 2 GB.
     
  19. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Kebetulan belum pernah coba cara backup seperti itu Mas,
    Jika boleh tahu systemnya gmn yach, apakah hasil backupnya hanya satu [backup lama timpa backup baru] atau masing2, jadi di sana nanti ada backup tgl sekian dan tanggal sekian, sesuai yg telah dijadwalin
     
  20. riki 21

    riki 21 Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    254
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    backup hosting penting gan, untuk jaga - jaga apabila terjdi yg tidak diinginkan seperti kena hack, atau server hosting down
     
Loading...
Similar Threads - [Shared] Seberapa Penting
  1. pluto01
    Replies:
    19
    Views:
    4,308

Share This Page