Rumah Hobbit Ala Bandung

Discussion in 'Tourism' started by Ilmu Bagoes, Feb 5, 2016.

  1. Ilmu Bagoes

    Ilmu Bagoes Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    64
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    [​IMG]

    “The Hobbit”??
    Yaa…, Film bergenre adventure inimerupakan hasil karya J. R. R. Tolkien yang diangkat dari novel fantasi dengan alur cerita dongeng. Dalam cerita tersebut, perkampungan kaum Hobbit yang indah dan asri merupakan hasil reka imajinasi si penulis. Salah satu tipe rumah Hobbit yang bisa dilihat dari luar dan dalamnya pada film ini adalah rumahnya Frodo dan Bilbo Baggins. Di film itu, rumah ciri khas kaum Hobbits yang berupa lubang-lubang di tanah ini terlihat sangat nyaman dan hangat selayaknya rumah manusia pada umumnya.

    Tak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru jika hanya ingin berfoto di rumah Hobbit. Rumah kecil yang khas dengan warna oranye dan berpintu bundar ini kini dapat ditemui di Farm House Lembang. Farm House merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang menyuguhkan pesona bak Negara-negara eropa. Letaknya yang berada di dataran tinggi dan konsep bangunan yang bergaya eropa membuat pengunjung enggan untuk beranjak dari tempat ini. Jika mengunjungi Farm House pada hari libur, maka cekrek..cekrek .Ya.. suara kamera akan terdengar dimana-mana. Farm House memang membuat para pengunjung serasa dimanjakan akan keindahan suasana sekeliling yang sangat mendukung untuk ber-selfie ria karena banyak spot menarik untuk dijadikan background foto. Tidak mengherankan jika hampir disetiap sudut banyak pengunjung yang saling antri untuk mendapatkan spot foto terbaik.

    Beberapa spot di dalam Farm House memberikan suasa yang berbeda-beda. Pemandangan pertama yang langsung menyapa begitu kita masuk adalah tempat penyimpanan susu sapi berukuran besar. Selanjutnya pengunjung akan menemui banyak hal yang cantik dan artistik dari tempat ini seperti air terjun buatan dan jalan asri yang di kiri-kanannya dibatasi dinding yang tampaknya terbuat dari bagian akar pepohonan yang dilengkapi dengan beberapa tempat duduk dari kayu berpelitur yang nyaman. Selain itu, pengunjung dapat membeli berbagai souvenir di dalam rumah imut yang juga digunakan sebagai pintu masuk ke halaman dengan pohon-pohon pinus kecil. Spot berikutnya adalah air mancur buatan dengan background rumah bergaya eropa. Di dalam rumah tersebut juga tersedia berbagai souvenir yang dapat dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Bergeser sedikit ke sisi kanan, pengunjung bisa melihat rumah Hobbit dari taman di atas yang lagi-lagi terdapat bangun bertingkat ala eropa. Jika ingin ke Rumah Hobbit, maka harus turun terlebih dahulu, sambil menuju kesana, pengunjung bisa menukarkan tiket masuk dengan susu segar khas Farm House atau dengan sosis bakar. Untuk harga tiket masuk cukup terjangkau, 20.000 rupiah saja. Cukup murah bukan untuk berwisata ke Eropa-nya Bandung ;). Disana terdapat aneka hewan kecil yang dapat dipegang seperti iguana, anak landak, hingga sugar glyder. Atau, berfoto menggunakan kostum tradisional Eropa. Sebagai tempat wisata yang menamai dirinya sebagai Farm House, tempat ini memang ditata ala perdesaan Eropa yang lengkap dengan ternaknya seperti kelinci, burung, biri-biri, sapi, dan kuda. Pengunjung pun dipersilakan untuk memberi makan dan memegang binatang-binatang itu. Rumah Hobbit sendiri terletak di area Petting Zoo, Farm House Lembang. Warnanya oranye dengan pintu bulat hijau. Ukurannya kecil, atapnya hampir setinggi orang dewasa.

    Setelah lelah berkeliling, pengunjung ngerasa lapar dan haus? Tenang, disini tersedia cafe yang menyediakan makanan dan minuman. Lapar dan haus pun teratasi ;). Area Petting Zoo sendiri memang tidak terlalu luas, jadi terkadang untuk masuk ke area ini agak sedikit berdesakan. Jika mengunjungi tempat ini di saat weekend, maka harus sabar ya.., Sabar cari tempat parkir, sabar antri buat nukarin tiket, dan sabar buat selfie, haha.. Semoga setelah pulang dari Farm House pengunjung jadi orang yang penyabar ya, hehe..:D

    Akses ke Farm House

    Jika pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma’, begitu juga dengan akses menuju ke Farm House. Terdapat beberapa rute yang dapat digunakan untuk sampai ke tempat ini.

    1. Rute terdekat dari Dago:
    • Pengunjung yang sudah tau daerah dago bisa langsung menuju ke jalan Setiabudhi melalui jalan cihampelas.
    • Ikuti jalan Setiabudhi yang menuju arah Lembang. Jaraknya kurang lebih 10 km dari jalan Setiabudhi untuk sampai ke Farm House. Di sepanjang jalan itu banyak penjual kelinci, ini salah satu tPengunjung pengunjung sudah dekat dengan destinasi. Kemudian, jika telah lewat RM Saung Pengkolan (biasdobndha ada bus Persib parkir), nah, dari situ lokasinya sudah dekat. Cirinya di pinggir jalan ada plang "Farmhouse Susu Lembang" dimana ada banyak akar-akar pohon besar sebagai pajangan.
    • Kemudian, pengunjung dapat masuk ke dalam dengan membeli tiket terlebih dahulu. Dan …….Welcome to Farm House… ;)

    2. Rute lain (melalui Tol Pasteur)


    Pengunjung yang berasal dari Jakarta dan membawa mobil pribadi, bisa melalui Tol Cipularang dan keluar dari gerbang Tol Pasteur, lalu belok menuju Jalan. Sukajadi terus ke Jalan. Dr. Setiabudhi, terus ke atas melewati kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke tujuan yang kurang lebih 10 km lagi. Dan Farm House ada di sebelah kanan jalan.​



    3. Alternatif Transportasi

    • Sementara bila pengunjung menggunakan jasa angkutan kereta api dari Jakarta, Pengunjung bisa turun di Stasiun Bandung, dan naik angkutan umum Stasiun - Lembang atau Ciroyom - Lembang.
    • Jika dari Teminal Leuwipanjang, naik saja bus kota ke Terminal Ledeng. Dari seberang Terminal Ledeng naik angkot ke arah Lembang yang hanya beberapa menit perjalanan.
    • Jika dari Terminal Cicaheum, naik angkot jurusan Cicaheum - Ledeng. Dari seberang Terminal Ledeng naik angkot jurusan ke Lembang.


    Alamat Farmhouse Lembang :

    Jln. Raya Lembang Nomor 108, Cihideung

    Kabupaten Bandung Barat

    Telepon: 022-82782400

    Jam Operasional: pukul 09.00 - 21.00 WIB


    Agar saat berlibur semuanya lancar tanpa ada kendala, pastikan pengunjung telah memepersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat dan selalu berdoa ;)

    ‘Happy Holiday Everyone”



    http://ilmubagoes.com/article/rumah-hobbit-ala-bandung
     
    Last edited by a moderator: Feb 9, 2016
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    kreatif banget ya , ga kehilangan arah buat bikin nya .. good job
     
  3. Ilmu Bagoes

    Ilmu Bagoes Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    64
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Terimakasih den, jadi maluu *malu1*
     
  4. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Di Bandung ada kampung kreatif di daerah dago pojok ... Hampir setiap rumah warga di isi oleh ragam mural dan banyak pertunjukan tradisional yang tak kalah menariknya seperti wayang golek , jajaran sawah terasa seperti lingkungan pedesaan , tari jaipong dan lainnya ...padahal secara topografi kampung kreatif berada di tengah kota Bandung ...
     
  5. Ilmu Bagoes

    Ilmu Bagoes Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    64
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    waaah.. terimakasih info nya den.. *senang*
     
  6. Bang Roy Han

    Bang Roy Han Member

    Joined:
    Jan 28, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Bayar berapa den buat masuk kesitu?
     
  7. Ilmu Bagoes

    Ilmu Bagoes Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    64
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    5 Ribu untuk parkir dan 20 Ribu untuk tiket masuk nya den.. :D
     
  8. Bang Roy Han

    Bang Roy Han Member

    Joined:
    Jan 28, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Wah sayangnya jauh dari tempat saya den, kapan2 deh kalo main ke bandung.
     
  9. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    tempat ini sering bgt nongol di tv, kelihatanya sih bagus juga nih tempatnya
     
Loading...

Share This Page