Ingin Kulit Tetap Sehat Hingga Tua? Begini Caranya

Discussion in 'Health & Medical' started by irpan Maulana, Mar 12, 2016.

  1. irpan Maulana

    irpan Maulana New Member

    Joined:
    Feb 22, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    RIAU ONLINE - Kulit sehat merupakan dambaan setiap orang, terutama bagi wanita. Sebab itu. sangat penting untuk tetap menjaga kulit agar tetap sehat.
    Dibutuhkan perawatan yang tepat untuk mendapatkan kulit sehat. Namun, bagaimana cara menjaga kulit tetap sehat hingga tua? dr. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan berdasarkan penjelasan dari dr. Karin Wiradarma Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com.

    1. Menjaga kulit tetap sehat sejak dini
    Merawat kulit tidak perlu menunggu hingga usia 30 tahun. Para ahli menganjurkan agar para wanita memulai 'ritual' menjaga kulit tetap sehat sejak usia 20 tahun. Dasar perawatan inilah yang akan membentuk bagaimana keadaan kulit Anda saat tua nanti.

    2. Menjaga kulit tetap sehat saat usia 20 tahunan
    Pada usia dini, perawatan kulit yang merepotkan tidak perlu dilakukan. Perawatan dasar yang dibutuhkan kulit pada usia ini hanyalah melindungi dan melembapkan.
    Meskipun kebanyakan wanita pada usia ini memiliki kulit yang cenderung berminyak, bukan berarti Anda harus menggunakan pembersih yang membuat kulit kesat dan kering. Sebaiknya, bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan mengandung pelembap.
    Saat pagi hari, 'ritual' yang wajib dilakukan agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung adalah dengan menggunakan tabir surya. Mengapa hal ini wajib dilakukan? Sebab, paparan matahari yang mengenai kulit secara langsung dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering dan munculnya garis-garis halus.
    Sedangkan pada malam hari, gunakanlah krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sebagai perawatan mingguan, Anda dapat menggunakan scrub untuk mengangkat kulit mati.

    3. Menjaga kulit tetap sehat saat usia 30 tahunan
    Ketika menginjak usia 30 tahunan, perawatan dasar yang dilakukan pada usia 20 tahunan tetap jalankan seperti biasa. Akan tetapi saat usia 3o tahunan, sebagian wanita akan mengalami perubahan jenis kulit. Pada umumnya, terjadi perubahan kulit berminyak menjadi kering. Jika jenis kulit berubah, jenis produk perawatan wajah harus disesuaikan.
    Anda dapat menggunakan tabir surya yang mengandung SPF yang lebih tinggi, seperti tabis surya yang mengandung SPF 30 atau 50.
    Selain itu, Anda juga bisa menggunakan krim pelembab yang mengandung bahan antipenuaan yang sesuai dengan kondisi kulit. Bahan antipenuaan yagn dapat digunakan, seperti retinol, retinoid, alpha hydroxy acid (AHA), asam hialuronat, niasinamid, vitamin C, dan antioksidan.
    Retinol merupakan versi ringan dari retinoid dan turunan dari vitamin A yang paling dikenal sebagai bahan antipenuaan dini. Karena bersifat lebih keras, retinoid hanya digunakan berdasarkan petunjuk dokter. Sebaiknya berhati-hatilah menggunakan retinoid jika kulit Anda kering dan sensitif.
    Anda yang memiliki kulit kering sangat cocok menggunakan krim mengandung asam hialuronat yang berkhasiat melembapkan kulit dan merangsang produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan pada kulit.
    Jika kulit Anda bermasalah dengan bekas jerawat dan bercak hitam, sebaiknya gunakan krim dengan kandungan niasinamid.
    Sedangkan untuk kulit kusam dapat menggunakan krim alpha hydroxy acid (AHA). Bahan ini adalah eksfoliator lembut yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian, krim dan serum yang digunakan dapat terserap kulit dengan lebih baik.
    VitaminC dan antioksidan dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat sinar matahari dan radikal bebas.

    4. Menjaga kulit tetap sehat saat usia 40 tahun ke atas
    Kulit akan semakin kehilangan kelembapan dan elastisitasnya saat usia semakin bertambah pula. Oleh karena itu, perawatan kulit konvensional saja tidak cukup.
    Sangat penting untuk selalu menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung pelembap, mulai dari sabun pembersih, serum, tabir surya, hingga krim malam.
    Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mungkin perawatan AHA yang biasa dilakukan sudah tidak cukup lagi. Namun, Anda dapt melakukan perawatan pengelupasan kimiawi atau chemical peeling yang dilakukan oleh dokter.
    Bercak-bercak hitam saat usia dini juga semakin membandel. Jika demikian, lakukan terapi laser untuk menghilangkannya.

    Kunjungi juga website resmi kami untuk informasi seputar produk kecantikan yaitu masker spirulina
     
    Last edited by a moderator: Mar 12, 2016
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Yang terpenting perbanyak gerak atau olah raga... Biar kulit tetap kencang....!
     
    Arun likes this.
  3. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    setuju, bang... setuju
     
    Muhammad Khoir likes this.
  4. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    :D wahh mantep nih caranya :D bisa diterapkan juga dari sekarang
     
  5. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    576
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    minum air putih yang banyak, sama rajin olahraga.. pasti sehat kulitnya..
     
Loading...

Share This Page