10 Hal Wajib yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Kuliah

Discussion in 'Education' started by bagusetiawan, Jun 20, 2016.

  1. bagusetiawan

    bagusetiawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2016
    Messages:
    126
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Halo para warga Bersosial, apakah kamu termasuk salah satu yang baru lulus SMA atau sedang bingung mencari tempat untuk melajutkan kuliah atau baru saja diterima di universitas? Saya akan memberikan beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan apa saja yang perlu disiapkan pada saat kuliah. Nah mari kita simak artikelnya di bawah ini.

    Kamu mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana kuliah itu sebenarnya. Tentunya akan banyak kejutan saat nanti memulainya. Jika kamu siswa akhir SMA, saatnya mempersiapkan diri untuk suasana sekolah yang luar biasa baru. Berikut ada 10 hal yang perlu kamu ketahui mengenai kuliah dan bagaimana menyesuaikannya.

    1. Pro-aktif untuk mencari informasi kuliah dari situs universitas yang diinginkan. Beberapa universitas membukan pendaftaran sebelum ujian nasional atau tes masuk perguruan tinggi dimulai. Pastikan kamu catat hari pendaftaran untuk program jurusan yang diprioritaskan. Bila kamu masih bingung memilih universitas, kamu bisa mencoba konsultasi pendidikan gratis dari Fakultas Science & Technology Sampoerna University bersama para pakarnya.

    2. Saat memasuki tahun kuliah nanti, bertemanlah dengan siapa saja. Tidak hanya dengan teman-teman satu tingkat, tapi juga dengan kakak kelas yang tentunya sudah memiliki pengalaman mengambil mata kuliah yang akan diambil nantinya. Dari situ kamu bisa bertanya tips dan trik serta banyak belajar tentang cara mengikuti mata kuliah.

    3. Selalu rapi dan berpenampilan sopan saat kuliah. Meskipun universitas tidak membuat aturan berpenampilan seketat waktu sekolah dulu, bukan berarti kamu harus cuek dengan penampilan. Justru kuliah adalah saat dimana para mahasiswanya bisa berekspresi dengan gaya dan tren masa kini.

    4. Rutinitas baru akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, terutama dengan jadwal kelas yang tidak sama setiap harinya. Usahakan untuk mempersiapkan jadwal dengan baik sehingga kamu selalu produktif saat hadir di kelas.

    5. Aktiflah di dalam berbagai kegiatan organisasi kampus. Namun, jangan terlampau aktif hingga melupakan kewajiban utama, ya. Tetap seimbang antara belajar dan mencari pengalaman baru diluar kampus.

    6. Jangan menghabiskan seluruh waktumu untuk sibuk dengan media sosialmu dan teman-teman. Terkadang kamu akan melupakan hal-hal penting saat terlalu serius dengan media sosial, misalnya deadline tugas, konsentrasi belajar, dan ngobrol dengan teman di kantin.

    7. Jangan takut untuk mencari teman baru. Mungkin merasa pemalu dan belum berani untuk mengajak kenalan teman yang duduk disebelah kita, tapi inilah kesempatan untuk meningkatkan percaya diri dan melatih kemampuan berkomunikasi.

    8. Gunakan fasilitas yang disediakan oleh kampus. Banyak fasilitas gratis misalnya konsultasi akademis, ruang belajar, perpustakaan, koneksi internet dan sepeda kampus yang bisa kamu manfaatkan.

    9. Saat dihadapkan dengan kebutuhan buku kuliah, jangan langsung membeli buku baru. Carilah informasi pinjaman atau buku bekas harga murah ke kakak kelas ataus senior. Ini akan membantu kamu berhemat dan tentunya tidak boros.

    10. Selalu simpan data tugas kuliah di data cadangan. Kamu bisa menggunakan data USB atau online back-up sharing seprti Google Drive. Ini akan saat bermanfaat saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di komputer atau laptop kamu.

    Tahun pertama kuliah akan sangat menyita waktu dan energimu. Namun, ini adalah momen untuk menemukan pengalaman dan cita-cita baru. Selama kuliah, kamu akan banyak belajar tentang kepribadian dan pola pikir yang berbeda. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan antara kuliah, berorganisasi dan bersenang-senang dengan teman.

    Nah itu dia 10 tips yang bisa kamu lakukan untuk persiapan mu menuju jenjang perkuliahan. Semoga informasi diatas dapat membantu. Bila kamu punya tips lainnya atau pengalaman saat pertama kuliah, silahkan berikan komentarmu di kolom komentar ya!
     
    Last edited: Jun 20, 2016
  2. Dodo Kancil

    Dodo Kancil Member

    Joined:
    Sep 13, 2015
    Messages:
    196
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Jadi pengen tapi belum ada dana nie mas Gan untuk bisa terus menuntut ilmu...:(
     
  3. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    603
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Alhamdulillah udh lulus SMK jadi mau kuliah. Thanks informasinya gan
     
  4. bagusetiawan

    bagusetiawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2016
    Messages:
    126
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    coba cari cari beasiswa gan, siapa tahu bisa masuk :D

    wah selamat gan, mau lanjut kuliah atau kerja nih? :D
     
  5. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    603
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Kan udh bilang mau kuliah gan *berkeringat*
     
  6. ostnandar

    ostnandar Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Alhamdulillah informasinya membantu gan.. ane september ospek nih. Digebukin senior ahah*bohong*
     
  7. Adeatm

    Adeatm New Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasih infonya gan!
     
  8. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    gue suka sekolah makanya dl kuliah,
     
  9. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    masih kurang den @bagusetiawan yaitu memilih jurusan kuliah yang tepat. soalnya banyak remaja yang masih bingung milih jurusan yang mana.
     
Loading...

Share This Page