Manfaat Buah Labu Siam Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Achmad Try, Jun 28, 2016.

  1. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Labu siam atau yang kerap disebut jipang ini adalah sebuah buah bewarna hijau yang memiliki kadar air tinggi. Selain air, buah ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin serta zat lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ini dia ulasan tentang manfaat labu siam untuk kesehatan Anda.

    Berikut Manfaat Buah Labu Siam Untuk Kesehatan :

    1. Mengontrol Tekanan Darah

    Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, labu siam sangat aman untuk dikonsumsi, bahkan dapat berguna untuk mengatasi penyakit Anda. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi sehingga dapat mengendalikan darah. Cara kerjanya adalah karena efek diuretik yang dimiliki labu siam. Artinya, labu siam dapat menurunkan kadar garam pada darah melalui urin.

    Berkurangnya kadar garam dalam darah yang sifatnya menyerap atau mengikat air ini dapat meringankan pekerjaan jantung dalam memompa darah. Voila, tekanan darah Anda akan menurun.Selain untuk mengendalikan tekanan darah, labu siam juga berfungsi untuk terapi tekanan darah tinggi serta membersihkan darah dari karbondioksida. Tak hanya sampai di situ, manfaat labu siam juga dapat berperan dalam memperlancar pengiriman oksigen melalui darah ke otak serta membantu keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga tubuh Anda akan terasa lebih segar.

    2. Menurunkan Produksi VLDL

    Bagi yang belum tahu, VLDL maksudnya adalah Very Low Density Lipoprotein. VLDL ini merupakan suatu enzim atau protein yang dapat memicu produksi kolesterol jahat atau LDL serta trigliserida. Labu siam memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi, salah satunya adalah vitamin B kompleks atau vitamin B3 yang di dalamnya terdapat kandungan niasin. Niasin inilah yang dapat membantu menurunkan produksi VLDL pada hati, sehingga menurunkan juga produksi LDL serta trigliserida tadi.

    3. Membantu Metabolisme Protein

    Selain menurunkan produksi VLDL tadi, kandungan vitamin B kompleks alias vitamin B6 pada labu siam juga dapat berfungsi sebagai perangsang metabolisme protein dalam tubuh. Salah satu manfaat labu siam ini dapat membantu tubuh Anda dalam mencerna molekul protein menjadi molekul yang lebih kecil. Kandungan vitamin B6 pada labu siam ini ternyata sangat penting keberadaannya untuk proses transaminasi, deaminasi dan dekarboksilasi asam amino pada tubuh.

    4. Mengatasi Bad Mood

    Bad mood atau suasana hati yang buruk bukan merupakan suatu penyakit secara ilmiah, namun penyakit hati yang menjengkelkan. Bad mood dapat membuat Anda uring-uringan seharian dan mengganggu aktivitas Anda. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bad mood Anda adalah mengonsumsi labu siam. Kenapa? Karena labu siam dipenuhi dengan kandungan selenium. Selenium merupakan sebuah zat yang dapat memperbaiki suasana hati Anda. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar selenium paling rendahlah yang memiliki mood atau suasana hati paling buruk.

    5. Mengatasi Asam Urat Dan Diabetes

    Manfaat Labu Siam Untuk Diabetes memang sangat bermanfaat, dan bermanfaat juga untuk penderita adam urat. Mulai sekarang Anda dapat memasukkan labu siam ke dalam menu makan harian Anda. Bagi Anda yang menderita asam urat, manfaat labu siam dapat membantu melawan penyakit Anda karena efek diuretik yang dimiliki buah ini dapat melancarkan pembuangan urin Anda. Hal ini otomatis dapat mengeluarkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh. Sedangkan untuk penderita diabetes, labu siam memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi makanan pokok berkarbohidrat dalam jumlah yang terlalu banyak.
     
  2. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    baru tau kalau labu siam bisa juga mengatasi badmood :D
     
  3. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Makanya kalo lagi badmood makan oseng waluh (labu siam)
     
  4. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    biar cepet good mood gitu ya.. apalagi kalau pake cipe :D
     
  5. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    duh jadi ngiler nih, apalagi pake sambel terasi + aroma bawang merah. Harus tahan sampai magrib nih,..
     
  6. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    mudah2an Allah kuatkan dah mpe maghrib
     
  7. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Buah atau jenis sayur ini kalau di daerah saya namanya rambusah atau manisah atau gondes. Kalau di daerah Anda apa namanya selain labu siem? Kalau saya cocoknya di buat sayur bobor atau sayur butek, mantap sekali rasanya.
     
  8. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    oseng waluh kalau di daerah saya mah *floating*
     
Loading...

Share This Page