10 Fitur Terbaru yang Bikin Kamu Pengen Pindah ke Windows 10

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by ryo knk, Jul 30, 2016.

  1. ryo knk

    ryo knk Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    84
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Dalam beberapa hari lagi, Microsoft akan merayakan ulang tahun Windows 10 yang pertama. Tahun ini telah menjadi tahun yang sibuk untuk mengembangkan Windows 10 dengan berbagai fitur baru dan perbaikan, dan yang terbesar akan hadir pada 2 Agustus nanti. Microsoft free Anniversary Update Windows 10 mencakup beberapa fitur yang sangat dinanti, namun secara keseluruhan terdapat banyak penambahan minor yang membuat OS ini terasa benar-benar dipoles. Bagi anda yang masih ragu untuk berpindah dari Windows 7 ke Windows 10 atau bahkan masih menggunakan XP, cek 10 fitur baru Windows 10 yang akan datang sebentar lagi.

    Windows Ink

    Windows Ink tidak diragukan lagi merupakan yang terbaik dari Anniversary Update. Windows Ink meningkatkan kemampuan menulis di atas layar dengan lebih baik. Pada dasarnya Windows Ink adalah tempat di mana anda bisa mencari aplikasi atau program yang bisa anda pakai menggunakan stylus. Anda bisa membuat catatan atau coret-coretan seperti menulis di atas kertas dan karena cortana bisa membaca tulisan tangan, catatan ini bisa menjadi pengingat yang sebenarnya.

    Sebuah tambahan penggaris virtual membuat anda lebih mudah menggambar garis lurus, dan ini adalah tambahan yang sempurna untuk stylus dan multi sentuh. Fitur screen sketch memungkinkan anda untuk mengambil screenshot kemudian mencoret-coretnya menggunakan stylus. Hal ini memudahkan anda untuk berbagai panduan kepada teman dengan cepat. Bagi anda pengguna surface bakal lebih sering menggunakan stylus daripada mouse.

    Sayangnya, Windows Ink belum bisa digunakan untuk menulis email dengan tulisan tangan. Berharap Microsoft akan terus mengembangakan Windows Ink agar terasa seperti benar-benar bagian dari Windows 10.

    [​IMG]
    (IMG Scr : kliknklik.com)​

    Ekstensi untuk Microsoft Edge

    Jika anda seorang pengguna ekstensi Chrome, maka anda akan senang mendengar bahwa ekstensi-ekstensi ini bakal hadir juga di browser Edge. Anniversary Update membawa dukungan ekstensi untuk Edge, dan para pengembang bakal mengisi Windows Store dengan add-on mereka. Ekstensi ini sama seperti ekstensi yang anda temukan di Chrome seperti AdBlock, 1Password, LastPass dan bahkan ada Evernote.

    Microsoft juga telah menambahkan dukungan notifikasi untuk Edge sehingga notifikasi yang muncul dari web bisa langsung diteruskan ke Windows 10 Action Center. Anda juga bisa mengeklik kanan tombol back untuk melihat history browser, dan mengeklik kanan tab browser untuk menyematkannya. Microsoft juga meningkatkan daya hemat baterai browser Edge, dan mengklaim bahwa Edge 70% lebih hemat daripada kompetitornya. Secara keseluruhan, Edge masih terasa belum sempurna namun Microsoft semakin mengejar ketertinggalannya dengan Chrome.

    [​IMG]

    Peningkatan Cortana

    Asisten digital Cortana, memulai debutnya pada Windows 10 tahun lalu. Dengan Anniversary Update ini Cortana bakal hadir di lock screen sehingga anda bisa meminta Cortana untuk membuat catatan, memainkan musik, mengatur pengingat, dan masih banyak lagi tanpa perlu membuka Windows. Cortana juga mendapatkan sedikit peningkatan kecerdasan seperti kemampuan untuk menjadwalkan pertemuan di Outlook atau mengirimkan dokumen yang anda kerjakan seminggu yang lalu.

    [​IMG]

    Tweaks UI dan Tema Gelap

    Microsoft belum sepenuhnya merampungkan UI Windows 10 tahun lalu, namun skarang sudah mulai kelihatan lebih halus. Rata-rata aplikasi sering mengunakan latar belakang warna putih secara default sebagai bawaan dari pengembangnya. Namun di Windows 10 ini pengguna bisa mengatur aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan background gelap sehingga lebih meringankan kerja mata.

    [​IMG]

    Action center (tempat notifikasi) juga telah ditingkankan, dengan icon di taskbar yang menunjukkan jumlah notifikasi. Anda juga bisa mengatur jalan pintas dengan pilihan yang tersedia sebanyak 14 menu seperti pengaturan Wi-Fi, VPN, Bluetooth, mode tablet dan masih banyak lagi. Microsoft juga telah meningkatkan fitur jam di taskbar dengan menambahkan kalender yang bisa kamu isi dengan acara anda sendiri.

    Selain itu, jika anda adalah pengguna tablet maka sekarang anda bisa memilih untuk menyembunyikan taskbar ketika anda sedang bernavigasi dalam mode tablet. Hal ini membuat aplikasi bisa dijalankan secara full screen seperti yang pernah anda jumpai di Windows 8.

    Setting time zone otomatis

    Jika anda pengguna OS X anda mungkin pernah merasakan mudahnya berpindah zona waktu secara otomatis. Di Windows, fitur ini baru akan hadir nanti di Anniversary Update. Jika anda bepergian melintasi zona waktu, anda tidak perlu lagi mensetting manual jam PC anda. Tampaknya ini hanyalah fitur kecil, namun meskipun kecil penggunaannya sudah sangat dinanti para pengguna Windows sejak dulu jadi tidak ada salahnya dimulai sekarang. Microsoft tidak menyalakan fitur ini secara otomatis jadi anda harus menyalakannya sendiri lewat settings.

    [​IMG]

    Windows Hello untuk apps dan website

    Windows Hello adalah salah satu fitur terbaik yang Microsoft tambahkan ke Windows 10. Fitur ini menggunakan kamera khusus untuk mendeteksi wajah secara tiga dimensi sehingga anda bisa menggunakannya sebagai pengganti password. Microsoft akan menambahkan Windows Hello agar bisa digunakan untuk login ke aplikasi atau ke website.

    Anda tidak akan perlu lagi menggunakan password untuk login ke website yang support dengan Windows Hello. Cukup duduk di depan laptop atau PC anda dan anda bisa langsung masuk.

    Apps Windows 10 di Xbox One

    Xbox One akhirnya akan memiliki aplikasi Windows. Sebagaimana Windows 10 sekarang menjadi mesin yang mentenagai Xbox One, Microsoft bakal meluncurkan pembaruan untuk konsol tersebut demi memberikan dukungan Cortana dan aplikasi universal Windows agar bisa dijalankan di Xbox One.

    Beberapa aplikasi sudah mulai muncul untuk bisa dijalankan di perangkat Windows 10 dan Xbox One, seperti Netflix, MSN Weather dan Groove Music. Aplikasi ini berjalan sangat mirip dengan versi PC nya dan pihak developer juga tidak memerlukan usaha yang ekstra untuk menghadirkan aplikasi lintas platform.

    [​IMG]

    Bash Linux di Windows

    Jangan kaget jika nanti anda bisa mengetikkan cd, ls, mv dan lain sebagainya perintah yang biasa anda ketikkan di Linux kini hadir di Windows 10. Ini merupakan penawaran besar untuk para developer. Microsoft menambahkan command line (baris perintah) Linux ke Windows 10 dan ini merupakan menambahan besar bagi mereka para developer di Linux yang ingin mendapatkan akses yang sama di Windows. Ini adalah fitur tambahan yang bisa anda aktifkan di menu settings. Fitur ini kemungkinan juga bakal membantu para pengembang yang bekerja di platform Windows.

    [​IMG]

    Project to PC

    Microsoft menambahkan sebuah opsi baru yang disebut “project ti PC” ke Windows 10. Opsi ini memungkinkan kamu untuk meremot PC dari PC lain maupun dari ponsel. Fitur ini mirip seperti teamviewer untuk menggendalikan dan melihat layar monitor PC anda menggunakan perangkat lain.

    Aplikasi Skype Baru

    Microsoft saat ini tengah mengembangkan aplikasi Skype yang berada pada wilayah Universal app. Saat ini memang belum lengkap sepenuhnya, namun panggilan video dan audio sudah bisa berjalan dengan lancar.

    [​IMG]

    Sinkronkan notifikasi ponsel ke PC

    Jika anda memiliki ponsel Android dan Windows 10 Laptop atau tablet, anda bisa meminta bantuan Cortana untuk mensinkronkan notifikasi yang anda terima di Android ke PC anda. Anda bahkan bisa membalas pesan, menghapus notifikasi dan dengan cepat mengirim foto dari ponsel ke PC.

    [​IMG]

    Secara keseluruhan Microsoft telah bekerja keras untuk meningkatkan Windows 10 dan beberapa pertanyaan telah dijawab pada Anniversary Update ini. Seperti langkah Microsoft untuk mengejar jumlah aplikasi, kemudian fitur Windows Hello yang akan bersaing dengan Google Trust API serta navigasi Windows dan integrasi dengan ponsel yang lebih baik.

    Bisa dibilang pada Update ini, Windows 10 cukup mendapatkan peningkatan yang signifikan. Dan mungkin bagi anda yang mendengar berita ini sudah mulai memandang Windows 10 untuk diperhitungkan.

    Sumber : http://kliknklik.com/blogs/10-fitur-terbaru-yang-bikin-kamu-pengen-pindah-ke-windows-10/
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    459
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    terbaik,,, tpi lepi ane gak cocok pake win 10 loading berat...
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Berarti siap-siap beli licensi karena free cuma setahun :D
     
  4. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,151
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    48
    update-nya itu yang kagak nahan (yang masih pakai kuota)
     
  5. faisalhendri

    faisalhendri Member

    Joined:
    Jul 22, 2016
    Messages:
    152
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    udah lumayan sih kayaknya daripada pertama keluar banyak bugnya *CMIIW
     
  6. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Gak tau kenapa ya... ane masih tetep ane.. masih tetap cinta pada win 7.. mudah2an suatu saat bisa pindah gan..
     
  7. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,104
    Likes Received:
    1,049
    Trophy Points:
    163
    Google+:
    Ini lawas. Seperti saya pernah baca ini setengah tahun lalu.
     
  8. Dodo Kancil

    Dodo Kancil Member

    Joined:
    Sep 13, 2015
    Messages:
    196
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Dirumah pake win 10 tapi kalo ngerjain tugas dan mau ngeprin di warnet tampilan microsoft wordnya kok pada berntakan karena apa ya mas Gan?
     
  9. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  10. riki 21

    riki 21 Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    254
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    beberapa bulan pakai windows 10 memang sangat bagus,
    hidup dan mati laptop juga jadi cepat
     
  11. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Berarti hari ini ya :D Update-nya lewat Windows Update atau bisa di download di situsnya Microsoft?
     
  12. Farrell

    Farrell New Member

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Masih setia sama Windows 7 :D
     
  13. Rifqi-Arief

    Rifqi-Arief Member

    Joined:
    Aug 2, 2016
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Fitur Command Linuxnya belum ada nih gan... Kemarin ane dapet email yang isinya zip yang berisi Wallpaper untuk PC, HP, Dan Banner (Kalo tidak salah) sebelumnya ane jadi Insider :) ane nunggu update aja deh :)... Oiya gan @ryo knk ane numpang share ya ke web ane... nanti sumbernya pake link bersosial. terima kasih :)
     
  14. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sudah update ya mas? Ini khusus insider atau untuk semua yah? Kalau download selain dari Windows update bisa tidak? :)
     
  15. Rifqi-Arief

    Rifqi-Arief Member

    Joined:
    Aug 2, 2016
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Waduh... Saya kurang tahu kalau seperti itu den... Setahu saya lewat win update saja... Dan sepertinya semua dapet command linux... Wong baru aja ultah win10
     
    Damar likes this.
  16. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya gagal terus install lewat windows update, setelah downloading 100% > installing... > beberapa saat kemudian gagal. Begitu terus selanjutnya. :(

    install threshold 2 aja gagal, bagaimana bisa install yang ini :D
     
  17. Rifqi-Arief

    Rifqi-Arief Member

    Joined:
    Aug 2, 2016
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Ealah... Kok begitu ya... Alhamdulillah anr tidak pernah kena gan @Damar semoga cepet waras deh updatenya ::D
     
  18. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    aihh... ane masih jalan sama windows 7.
     
  19. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Pengen-nya sih kalau ada file iso-nya hehehe :D kalau install ulang kan lebih praktis :D
     
  20. Tukiyo Valak

    Tukiyo Valak Member

    Joined:
    Jul 15, 2016
    Messages:
    74
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page