Pengertian Sains, Definisi Sains, dan Apa itu Sains?

Discussion in 'General Internet' started by Alfian Hidayatulloh, Aug 7, 2016.

?

Bagaimana kualitas tulisan artikel ini menurut Anda?

  1. Sangat baik

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Baik

    100.0%
  3. Cukup

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Buruk

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Sangat buruk

    0 vote(s)
    0.0%
  1. Alfian Hidayatulloh

    Alfian Hidayatulloh New Member

    Joined:
    Aug 7, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Gambar: Kata "science" pada salah satu halaman Merriam-Webster dictionary​

    Blog Alfian Hidayatulloh - Sains adalah observasi, identifikasi, deskripsi, penyelidikan eksperimental, dan penjelasan teoritis dari fenomena. Hal tersebut khususnya digunakan dalam kegiatan yang diterapkan ke objek atau studi penyelidikan.

    Menurut Webster's New Collegiate Dictionary, definisi sains adalah "Pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek," atau "Pengetahuan yang memiliki kebenaran dari pengoperasian ilmu seperti yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah."

    Berikut adalah beberapa pengertian sains secara umum lainnya:

    • Cabang pengetahuan atau studi yang berkaitan dengan fakta atau kebenaran, yang disusun secara sistematis dan menunjukkan operasi dari hukum umum
    • Pengetahuan sistemik dari dunia fisik atau materi yang diperoleh melalui pengamatan dan eksperimen
    • Pengetahuan sistematis pada umumnya
    • Salah satu cabang dari ilmu-ilmu alam atau fisik
    • Sebuah cabang pengetahuan tertentu
    • Pengetahuan sebagai fakta atau prinsip-prinsip; pengetahuan yang didapat oleh studi sistematis
    • Keterampilan yang mencerminkan aplikasi yang tepat dari fakta-fakta atau prinsip; kecakapan
    Sains berasal dari kata Latin "scientia" yang berarti "pengetahuan" dan dalam arti luas adalah setiap pengetahuan-dasar atau praktek preskriptif sistematis yang mampu menghasilkan prediksi. Inilah sebabnya mengapa sains disebut sebagai teknik atau praktek yang sangat terampil.

    Namun, dalam istilah yang lebih kontemporer, sains adalah sistem yang memperoleh pengetahuan berdasarkan proses atau metode ilmiah untuk mengatur pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian .

    Bidang sains

    Bidang sains secara luas dibagi menjadi ilmu alam (mempelajari fenomena alam) dan ilmu-ilmu sosial (untuk mempelajari perilaku manusia dan masyarakat). Namun, di kedua hal tersebut, pengetahuan harus diperoleh melalui pengamatan dan mampu diuji untuk perusahaan validitas oleh peneliti lain yang bekerja di bawah kondisi yang sama. Ada beberapa disiplin ilmu lain seperti ilmu kesehatan dan teknik yang dikelompokkan ke dalam ilmu antardisiplin dan diterapkan.

    Penelitian ilmiah

    Ilmuan tetap melakukan upaya berkelanjutan untuk menemukan dan meningkatkan sains melalui penelitian. Ilmuwan melakukan observasi, merekam data terukur terkait dengan pengamatan mereka, dan menganalisis informasi dalam rangka untuk membangun penjelasan teoritis dari fenomena yang terlibat.

    Metode juga terlibat dalam penelitian ilmiah, termasuk membuat hipotesis dan melakukan percobaan untuk menguji hipotesis dalam kondisi yang terkendali. Dalam proses ini, para ilmuwan mempublikasikan karya-karya mereka sehingga para ilmuwan lain dapat melakukan percobaan serupa di kondisi yang mungkin berbeda untuk lebih memperkuat keandalan hasil observasi.

    Metode ilmiah

    Kebanyakan penyelidikan ilmiah menggunakan beberapa bentuk metode ilmiah. Sebuah metode ilmiah mencoba untuk menjelaskan peristiwa alam dengan cara direproduksi dan memungkinkan menggunakan reproduksi ini untuk membentuk prediksi.

    Para ilmuwan melakukan pengamatan fenomena alam, dan selain melalui eksperimen, mereka mencoba untuk merangsang kondisi alam bawah sadar yang masih dapat dikendalikan. Berdasarkan pengamatan , seorang ilmuwan dapat menghasilkan sebuah model dan kemudian berusaha untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena dalam hal representasi matematis atau logis. Ilmuwan akan mengumpulkan bukti-bukti empiris dan akan menghasilkan hipotesisnya untuk menjelaskan fenomena tersebut.

    Deskripsi ini digunakan untuk membentuk prediksi yang pada gilirannya akan diuji oleh percobaan atau pengamatan menggunakan metode ilmiah. Evaluasi yang dibuat yang dapat membuktikan hipotesis diterima atau membuangnya sama sekali atau merekomendasikan modifikasi.

    Sumber artikel: http://alfianhid.mywapblog.com/pengertian-sains-dan-definisi-apa-itu.xhtml
     
    Last edited: Aug 7, 2016
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Satu-satunya yang dapat menilai karya kita adalah visitor
    Kualiatas, keunikan dan daya guna setiap karya kita di Internet
    Sepertinya di tentukan oleh jumlah visitor ke sana
    Tapi mungkin saya salah
     
  3. Alfian Hidayatulloh

    Alfian Hidayatulloh New Member

    Joined:
    Aug 7, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Karena itu, dalam setiap postingan saya, saya selalu menyertakan voting, tujuannya agar visitor sendirilah yang menilai postingan saya. Terima kasih telah membaca ;)
     
  4. walatraherbal

    walatraherbal Member

    Joined:
    May 17, 2018
    Messages:
    197
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page