Cara Hemat Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Discussion in 'Health & Medical' started by usablesharing, Sep 9, 2016.

  1. usablesharing

    usablesharing New Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    16
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting pada manusia. Benda yang menyerupai kacang merah ini mempunyai ukuran sebesar kepalan tangan manusia dan letaknya berada di bawah tulangrusuk di kedua sisi tulang belakang. Organ ekskresi dalam vertebrata ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu menyeimbangkan kimia yang ada dalam darah dan tetap menjaga sirkulasidarah agar tetap dalam keadaan bersih dengan cara membuang sisa-sisa metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh.

    Organ tubuh yang sehat memang menjadi idaman setiap orang, termasuk alat vital ini (ginjal). Namun sayang, sekarang kebanyakan orang kurang memperhatikannya, seiring dengan aktivitas yang padat dan pola hidup yang tidak sehat akibat dari perkembangan zaman yang menjadikan serba instan. Anda pasti akan menyesal jika organ ini sudah mengalami kerusakan. walau kadar kerusakannya hanya sedikit, hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

    Untuk itulah, kita perlu menjaga kesehatan ginjal sejak dini. Untuk apa menunggu sampai terserang penyakit, kalau ada cara untuk mencegahnya?

    1. Makan-Makanan yang Sehat

    Asupan yang sehat akan mempengaruhi kinerja organ pada tubuh termasuk ginjal, karena dengan mengonsumsi makanan sehat yang minim dengan kandungan kimia, ginjal akan bekerja lebih ringan untuk menyaring racun dari makanan. Untuk itu sangat dianjurkan membiasakan diri mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, karena kedua sumber makanan ini sangat banyak mengandung vitamin, mineral dan zat besi yang mampu menjaga kesehatan ginjal serta organ tubuh lainnya. Pastikan buah dan sayur yang akan Anda konsumsi ini bersal dari tanaman yang ditanam secara organik.

    2. Perbanyak Minum Air Putih

    Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai manfaat lainnya, antara lain untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal. Untuk itulah konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas per harinya.

    3. Berolahraga Secara Rutin

    Salah satu kegiatan ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan ginjal. Hal ini cukup Anda lakukan dengan berjalan kaki atau berlari setiap paginya. Tidak hanya untuk kesehatan ginjal semata, dengan rajin berolahraga semua fungsi organ tubuh Anda akan berjalan dengan baik.

    4. Jaga Tekanan Darah Anda

    Tekanan darah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi ginjal. Tekanan darah pula yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyaki ginjal apabila tekanannya terlampau tinggi. Untuk itulah Anda perlu menjaga dan menghindari tekanan darah yang tinggi dengan cara selalu berpikir jernih dan tenang serta tidak mengedepankan emosi.

    5. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok

    Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika rokok dan alkohol merupakan barang terlarang yang sulit untuk dihindari bagi sebagian kaum laki-laki. Kenyataannya, barang ini memberikan efek buruk terhadap kesehatan, antara lain rusaknya paru-paru dan timbulnya penyakit yang mengerikan, yaitu gangguan ginjal. Penyakit ini disebabkan efek asap rokok yang dihisap, sehingga dapat memperlambat aliran darah ke ginjal, yang akhirnya mengganggu kesehatan. Demi menjalani hidup yang sehat, mari kita hindari Alkohol dan Rokok.

    Tidak dapat dipungkiri lagi, menyadari betapa pentingnya peran ginjal bagi tubuh, kita patut untuk menjaga dan merawat ginjal sejak dini. (Sumber: mtwi.co.id)
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Dua hal ini selalu saya temukan dalam setiap tips kesehatan
    Ini kunci panjang umur
     
  3. Aneba

    Aneba Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    96
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Mantaap Minum air putih itu terapi kesehatan paling murah..
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Tapi saya yakin suatu saat tidak lagi murah, pasti mahal dan mumpung kita masih di beri waktu mari kita manfaatkan dengan sebaik2nya.
     
Loading...

Share This Page