Hagia Shopia, Sebuah Museum Yang Dulunya Gereja Dan Masjid

Discussion in 'Tourism' started by AdeZS, Aug 21, 2016.

  1. AdeZS

    AdeZS Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    165
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Hagia Shopia, dalam bahasa Turki Aya Sofya artinya kebijaksanaan suci merupakan landmark kota Istanbul selain Masjid Biru. Bangunan megah yang patut dikunjungi ketika Anda berlibur ke Turki. Hagia Shopia merupakan bangunan bersejarah penting khususnya bagi umat Kristen dan Silam, juga sebagai warisan dunia yang sudah berusia ribuan tahun. Keunikan Hagia Sophia adalah adanya suatu keindahan dari arsitekturnya yang sangat mengagumkan pandangan dan dapat dibayangkan jika keindahan seni bangunan tersebut dibuat berabab-abad lampau.

    Banyak sekali saudara-saudara kita telah berkunjung kesana, terutama pada saat melaksanakan ibadah umroh sekaligus jalan-jalan ke turki. Biasanya banyak travel umroh menawarkan Paket Umroh Plus Turki, ini bisa jadi moment bagi saudara-saudara untuk berkunjung ke Negara ibu kota Istanbul tersebut.

    Lokasi Hagia Sophia hanya berhadapan dengan Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed dan hanya dibatasis dengan sebuah taman. Jadi ketika Anda sendang di depan Masjid Biru, tampak adanya suatu kemegahan dari Hagia Sophia dan juga sebaliknya Anda akan disuguhi pemandangan Masjid dengan enam menara ketika berada di Hagia Sophia. Tepat di belakang Hagia Sophia tersebut terdapat sebuah bangunan berupa makam dengan tiket masuk yang gratis. Di tempat tersebut merupakan makam untuk para sultan yang disertai dengan keluarganya.

    Sejarah Hagia Sophia sangat unik. Dulunya bangunan ini merupakan sebuah gereja yang dibuat Kaisar Justinian selama 6 tahun dan untuk selesainya jatuh pada tahun 537. Luas bangunan ini tidak ada yang manyaingi luas dan tinggi kubahnya hingga abad ke 16 berdirilah Masjid Biru. Hagia Sophia menjadi gereja selama 916 tahun.

    Kemudian pada tahun 1453, serangan umum yang berhasil dilakukan oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al Fatih dan berhasil menembus tembok Konstantinopel serta jatuhnya pertahanan kota di pagi hari itu, lalu setelah berlangsung turunnya pasukan Yeniseri. Kekaisaran Byzantium berhasil ditaklukkan, penaklukan kota Konstantinopel tersebut berhasil menjadi awal yang baru bagi kota yang telah diagungkan oleh seluruh dunia di masa tersebut, menjadi suatu simbol yang menarik dalam penaklukan Barat oleh Timur.

    Sultan telah memutuskan agar Hagia Sophia menjadi masjid kota yang mengangumkan, dan seketika itu azdan pun mulai dikumandangkan di seantero Hagia Sophia. Sejak itulah kumandang azdan selalu terdengar di langit Konstantinopel yang cerah. Hagia Sophia pun berhasil menjadi sebuah masjid yang telah berlangsung selama kurang lebih 482 tahun, tenunya sudah hampir lima ratus tahun lamanya waktu tersebut. Total untuk bangunan ini yang dijadikan sebagai tempat ibadah sebagai gereja serta masjid hampir selama kurang lebih 1.400 tahun lamanya. Dalam waktu tersebut memang ada beberapa kali perbaikan.

    Pada tahun 1935 ketika Turki pun berhasul menjadi Republik, adapun untuk presiden pertamanya ialah Mustafa Kemal Ataturk. Beliau memerintahkan bawahannya untuk mengubah Hagia Sophia menjadi bentuk sebuah museum yang memuat banyak sejarah. Saat itulah dimulai pembongkaran Hagia Sophia, dengan menampilkan kembali beberapa simbol lukisan-lukisan yang sakral dengan aroma kekristenan, seperti yang bisa kita saksikan saat ini. Simbol tersebut berupa adanya dua buah simbol agama dan Kristen dalam bangunan tersebut.
     
    Last edited: Aug 21, 2016
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    459
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    kerajaan besar yang takluk di tangan sultan al fatih//
     
  3. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Yuk den kita Turki bareng-bareng... Aamiin!! Jadi pengen liat langsung tuh tempat bersejarah disana...
     
  4. AdeZS

    AdeZS Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    165
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    insyaallah amiin... mohon doa in aja ya gan...
     

Share This Page