Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur atau Sesudah Sarapan ?

Discussion in 'Health & Medical' started by Elis kantor, Oct 12, 2016.

  1. Elis kantor

    Elis kantor Member

    Joined:
    Aug 20, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Waktu terbaik untuk menyikat gigi kadang menjadi perdebatan semua orang. Ada yang beranggapan bahwa sikat gigi sesudah bangun tidur (sebelum sarapan pagi), harus dilakukan, karena sangat jorok jika kita sarapan sebelum menggosok gigi. Tapi ada juga yang beranggapan bahwa menyikat gigi setelah sarapan akan lebih baik, karena percuma juga sikat gigi jika sebelum sarapan, toh nanti akan kotor lagi oleh makanan.

    Menyikat gigi setelah sarapan harus dijeda sekitar 30 menit - 1 jam. Ketika Anda makan, bakteri di dalam mulut akan menghasilkan sebuah asam yang dapat menurunkan pH gigi. Hal itu akan membuat enamel gigi Anda menjadi lunak dan lebih rentan terhadap abrasi. Ketika Anda benar-benar menyikat gigi setelah sarapan pagi, maka akan berisiko mengikis lapisan enamel gigi Anda. Selain itu, jika Anda mengonsumsi makanan yang sangat asam, menyikat gigi malah akan membuat abrasi pada gigi Anda.

    Dan menyikat gigi setelah bangun tidur juga salah. Waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah sebelum tidur dan setelah sarapan pagi. Selain itu, menggunakan mouthwash atau berkumur sesering mungkin dan setelah makan juga tidak boleh. Bagaimanapun zat-zat kimia yang terkandung dalam pasta gigi atau obat kumur (mouthwash) dapat mencegah bekerjanya enzim-enzim pembantu tahap awal pencernaan yang dilepaskan di dalam rongga mulut.

    Intinya waktu menyikat gigi adalah setelah sarapan, tapi pakai jeda 30 menit - 1 jam. Juga sebelum tidur, untuk melindungi gigi anda ketika anda tidur (Menurut dokter gigi). Namun setiap hal yang berhubungan dengan tubuh anda, tergantung kebijakan anda sendiri :D .

    Terimakasih sudah membaca ;)
     
    Last edited by a moderator: Oct 12, 2016
  2. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Gosok gigi sebelum tidur itu ntah kenapa berat untuk dilakukan, enaknya gosok gigi setelah mandi :)
     
    Elis kantor likes this.
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Gosok gigi sebaiknya setelah bangun tidur, tetapi sebaiknya dahului dengan minum air putih/mineral satu gelas penuh, setelah gosok gigi baru sarapan yang di akhiri minum air putih lagi.
     
    Elis kantor likes this.
  4. Elis kantor

    Elis kantor Member

    Joined:
    Aug 20, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    entahlah, tapi menurut dokter gigi sikat gigi yang baik dilakukan setelah sarapan. Hanya saja saya gak berani lakuinnya, sarapan sebelum sikat gigi kan jorok. gkgkgkgk :D
     
Loading...

Share This Page