Kenali Lebih Dalam Cara Kerja Sistem AC Mobil & Fungsi Komponennya

Discussion in 'Otomotif' started by DokterMobil2000, Nov 18, 2016.

  1. DokterMobil2000

    DokterMobil2000 Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    89
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC saat ini menjadi kebutuhan sekunder masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Alat pendingin ini biasanya terpasang pada kantor, toko, mall dan masih banyak tempat lainnya. Kini AC Mobil juga dipasang pada semua merek dan tipe kendaraan roda empat atau mobil sebagai salah satu fasilitas penunjang transportasi. Alat ini dirasakan sangat perlu mengingat cuaca yang panas dan kemacetan yang dapat membuat stress sehingga dapat menyejukan keadaan mobil.

    Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC pada tempat lainnya ? Secara umum tidak jauh berbeda untuk cara kerja AC pada kedua tempat tersebut. Lalu bagaimana cara kerja sistem AC Mobil tersebut karena mengetahui setiap cara kerjanya aka menambah pengetahuan kita dan tentunya akan kita dapat gunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.

    Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui komponen yang terdapat dalam sistem beseta dengan fungsinya.

    1. Kompressor AC

    Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator. Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi.

    2. Kondensor

    Kondensor atau condenser pada Ac Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.

    3. Filter atau Dryer

    Berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam sistem AC Mobil

    Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan media pendingin, dan langkah terakhirnya adalah eveporator yang dalam sistem tersebut berguna sebagai penyerap panas udara dari luar yang mengalir dalam ruangan yang didinginkan. Cara kerjanya yaitu kompresor yang digerakan dengan tenaga mesin mobil memompa dan mengalirkan media pendingin atau freon yang berbentuk gas ke dalam sistem ini dengan tekanan tertentu.

    Selanjutnya media pendingin atau freon dialirkan ke bagian kondensor AC dan di dalam kondensor tersebut freon akan didinginkan dengan cara melepaskan panas ke udara melalui sirip-sirip kondensor sehingga diubah dalam bentuk cair. Kemudian media pendingin yang telah berubah menjadi bentuk cair dialirkan ke komponen selanjutnya yaitu filter atau dryer. Di dalam dryer dilakukan penyaringan dan pengeringan uap air yang masih ikut beredar di dalam sistem.

    Setelah itu media pendingin yang telah difilter dialirkan ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Oleh karena tekanannya turun, maka media pendingin menjadi kabut yang memiliki temperatur rendah. Media pendingin yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dialirkan ke eveporator, Evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip eveporator dan diserap panasnya. Terakhir, udara yang temperaturnya telah turun dialirkan ke dalam ruang kendaraan.

    "Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya" | Sumber
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    AC mobil emang barang wajib kalau berkendara :D
     
  3. DokterMobil2000

    DokterMobil2000 Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    89
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    bener mas haha, kalo ga ada ac bisa spa dijalan :D
     
  4. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    jadi inget waktu sekolah dulu gan.,.,., heheh
    keren postingannya,.,,.,
     
  5. Cucu Cahyati

    Cucu Cahyati New Member

    Joined:
    Nov 23, 2016
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selama ini cuma tau pakenya aja
     
  6. DokterMobil2000

    DokterMobil2000 Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    89
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Iya makasih mas :)

    haha iya makanya dibaca sist :) makasih udah berkunjung
     
Loading...

Share This Page