Tips Merawat Kaki

Discussion in 'Health & Medical' started by nadia6, May 19, 2017.

  1. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Kaki adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling penting. Fungsi utamanya untuk menopang tubuh dan memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

    Namun, bisa dibilang banyak yang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan kaki. Padahal kaki yang bersih dan sehat juga dapat menunjang penampilan Anda.

    Anda mungkin berpikir bahwa Anda rajin membersihkan kaki Anda, namun membersihkan kaki saja tidak cukup. Anda juga perlu menjaga kelembaban kaki dan menjaga kebersihan alas kaki Anda.

    Beberapa langkah untuk memastikan kebersihan dan kesehatan Anda.

    - Bersihkan kaki Anda, terutama sela-sela kaki Anda secara teratur. Anda bisa menggunakan sikat kaki yang panjang untuk mempermudah Anda. Setelah itu, lap kaki (sela-sela kaki) Anda hingga benar-benar kering. Anda bisa menghindari kemungkinan timbulnya bau kaki, bakteri dan jamur dengan rajin membersihkan kaki Anda.

    - Bagi Anda yang suka merendam kaki Anda, Anda tidak perlu merendam kaki Anda dengan garam inggris, karena dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Anda dapat merendam kaki Anda dengan campuran air hangat and sedikit sabun cair yang dapat menghaluskan kulit.

    - Jangan lupa untuk melembabkan kulit kaki Anda setelah membersihkannya. Cukup oleskan lotion atau krim pada kaki Anda.

    - Beri jeda satu hari untuk memakai sepatu yang sama. Hal ini untuk menjaga sirkulasi sepatu Anda supaya tidak menjadi pemicu timbulnya bau kaki dan infeksi. Anda juga harus mengganti kaus kaki atau stockings Anda lebih dari sekali dalam sehari. Sedangkan untuk Anda yang memiliki bau kaki, rendamlah kaki Anda dalam campran air dan cuka.

    - Gunakan sepatu yang nyaman. Sepatu yang terlalu ketat dapat memperparah bunion (benjolan pada telapak dekat jempol kaki), merubah bentuk jempol Anda, dan menyebabkan pertumbuhan kaki yang menyakitkan. Bila Anda menggunakan sepatu hak tinggi, pilihlah sepatu dengan hak yang lebar, stabil dan tingginya tidak lebih dari dua inci. Untuk menghindari tendon achilles (tendon yang menghubungkan otot betis ke tumit) memendek, gunakan sepatu hak tinggi dengan ketinggian yang berbeda-beda setiap harinya.

    - Sepatu atau sandal flip-flops dan flat shoes tidak memiliki arch support (penyangga lengkungan kaki), termasuk ketika Anda berjalan tanpa alas kaki. Untuk menjaga agar kaki Anda tetap kuat dan sehat, kurangi penggunaan sepatu yang tidak memiliki arch support tersebut.

    - Bagi Anda wanita yang sedang hamil, gunakanlah sepatu dengan hak yang lebih lebar, memiliki arch support dan memakai kaus kaki yang memiliki daya serap. Ukuran kaki Anda juga mungkin berubah seiring dengan bertambahnya berat badan Anda selama masa kehamilan. Sesuaikan ukuran sepatu Anda dengan ukuran baru kaki Anda tersebut.

    - Perhatikanlah kebersihan alat-alat pedicure sebelum melakukan perawatan kaki. Alat yang tidak bersih berisiko membuat kaki tertular penyakit tertentu.

    Itulah beberapa Cara Merawat Kebersihan dan Kesehatan Kaki agar terhindar dari penyakit kulit yang menyerang kaki, semoga bermanfaat
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    mantap nih tips perawatan kakinya
     
  3. Evans

    Evans Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    524
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalau biasa bersihkan kaki mah cukup di siram air aja :D cebyar cebyur... *pendekar*
     
  4. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    selamat mencobanyaa yaa
     
  5. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    bolehlah cuma biar lebih lengkapnya aja biar lebih bersih gmna gt :D
     
Loading...

Share This Page