Pengertian Teknologi, Definisi Teknologi, dan Apa itu Teknologi?

Discussion in 'General Internet' started by Alfian Hidayatulloh, Aug 14, 2016.

  1. Alfian Hidayatulloh

    Alfian Hidayatulloh New Member

    Joined:
    Aug 7, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Gambar: Kata "technology" pada salah satu halaman Merriam-Webster dictionary.​

    Blog Alfian Hidayatulloh
    - Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dan ekstraksi benda. Istilah "teknologi" telah dikenal secara luas dan setiap orang memiliki cara mereka sendiri memahami pengertian teknologi. Teknologi digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari, secara singkat; kita bisa menggambarkan teknologi sebagai produk, proses, atau organisasi. Selain itu, teknologi digunakan untuk memperluas kemampuan kita, dan yang membuat orang-orang sebagai bagian paling penting dari setiap sistem teknologi.

    Teknologi juga merupakan aplikasi dari sains untuk memecahkan masalah. Tapi apa yang harus kita ketahui adalah bahwa teknologi dan sains adalah subyek yang berbeda yang bekerja dari tangan-ke-tangan untuk menyelesaikan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah tertentu.

    Penerapan teknologi

    Teknologi diterapkan dalam hampir segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup kita, kita menggunakan teknologi di tempat kerja; kita menggunakannya untuk bahan ekstrak; kami menggunakan teknologi untuk komunikasi, transportasi, belajar, manufaktur; menciptakan alat; mengamankan data, skala bisnis, dan banyak lagi. Teknologi adalah pengetahuan manusia yang melibatkan alat-alat, bahan, dan sistem. Penerapan teknologi menghasilkan alat atau produk. Jika teknologi ini diterapkan degan baik, dapat bermanfaat bagi manusia; tetapi jika salah diterapkan, dapat menyebabkan kerusakan pada manusia.

    Penggunaan teknologi

    Banyak bisnis menggunakan teknologi untuk tetap kompetitif, mereka menciptakan produk dan layanan baru menggunakan teknologi, dan mereka juga menggunakan teknologi untuk memberikan produk-produk dan layanan kepada pelanggan mereka secara tepat waktu. Sebuah contoh yang baik adalah perusahaan ponsel seperti Apple dan Samsung , dua perusahaan elektronik ini, menggunakan teknologi kelas atas untuk membuat smartphone baru dan perangkat elektronik lainnya untuk tetap kompetitif. Keunggulan kompetitif ini diperoleh melalui menggunakan teknologi yang canggih.

    Pemajuan teknologi

    Teknologi itu dinamis; teknologi terus dimajukan karena kebutuhan kita dan tuntutan untuk teknologi terus meningkat. Kita telah pindah dari era industri (revolusi industri) ke era informasi. Selama era industri, perusahaan dengan modal besar memiliki potensi menggunakan alat-alat teknologi yang mahal untuk mendapatkan keunggulan kompetitif; usaha kecil kurang memiliki potensi karena mereka tidak mampu dalam manufaktur atau pengolahan alat teknologi mahal. Tapi, kemajuan teknologi telah menciptakan lingkungan ekonomi baru yang tergantung pada informasi dan itulah yang kita sebut sebagai "Information Age", era informasi yang menyediakan lingkungan kerja yang berbeda dan ini telah membantu usaha kecil mendapatkan posisi di pasar yang sangat kompetitif.

    Jenis dan contoh teknologi

    Kita menggunakan teknologi untuk menyelesaikan berbagai tugas, sehingga teknologi muncul dalam berbagai jenis, di bawah ini saya telah mengupulkan beberapa jenis teknologi yang kita gunakan setiap hari.

    • Teknologi komunikasi
    Ini adalah sistem yang menggunakan sarana teknis untuk mengirimkan informasi atau data dari satu tempat ke tempat lain, atau dari satu orang ke orang lain. Komunikasi digunakan untuk berbagai tujuan; digunakan untuk menyampaikan ide, pertukaran informasi, dan mengekspresikan emosi. Manusia menggunakan alat teknologi komunikasi seperti telepon, komputer, email, fax, atau alat pesan teks untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga; kemudian bisnis untuk memfasilitasi aliran informasi di tempat kerja, untuk membantu dalam pengambilan keputusan, untuk melayani kebutuhan pelanggan dan permintaan, untuk mempromosikan produk atau jasa baru kepada konsumen yang ditargetkan, dan banyak lagi.

    • Teknologi konstruksi
    Ini adalah studi tentang metode canggih dan peralatan yang dapat digunakan untuk membangun struktur. Konstruksi membangun dua jenis struktur. Ini termasuk bangunan dan struktur teknik berat. Konstruksi menggunakan berbagai tindakan teknologi untuk mendirikan struktur di tempat manapun. Penggunaan alat-alat teknologi konstruksi seperti traktor berat untuk mempersiapkan tanah, perangkat lunak desain komputer untuk membuat desain struktur pada komputer dalam format 3D; dengan menggunakan berbagai teknologi konstruksi untuk melampirkan struktur dan menginstal utilitas telah membantu dalam memajukan kedua bangunan tempat tinggal dan bangunan komersial masa kini.

    • Teknologi medis
    Ini adalah jenis teknologi yang digunakan untuk memperluas dan meningkatkan kehidupan manusia. Teknologi medis mengurangi rasa sakit dan cedera pasien. Negara-negara maju telah mendapatkan manfaat dari penggunaan teknologi medis dalam sistem perawatan kesehatan mereka, dan ini menjelaskan alasan mengapa orang-orang di negara maju lebih sehat dari orang-orang di negara berkembang. Teknologi medis digunakan untuk mendiagnosa infeksi, mengobati penyakit, dan untuk membuat penelitian tentang penyakit yang mempengaruhi manusia.

    • Teknologi informasi
    Teknologi informasi adalah seperangkat alat perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan informasi. Alat teknologi informasi membantu dalam memberikan orang-orang informasi yang tepat pada waktu yang tepat. Pekerja dalam organisasi menggunakan teknologi informasi untuk menyelesaikan berbagai tugas dan ini dapat mencakup; mentransfer informasi yang memfasilitasi pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi, meningkatkan layanan pelanggan, dan banyak lagi. Dalam era informasi ini, sangat penting untuk mengelola sistem informasi untuk memastikan akurasi dan efisiensi. Sistem informasi manajemen (MIS) melibatkan perencanaan, pengembangan, manajemen, dan penggunaan alat-alat teknologi informasi untuk membantu pekerja dan orang-orang dalam melakukan semua tugas yang berhubungan dengan pengolahan informasi dan manajemen. Lembaga keuangan besar seperti Bank menggunakan teknologi informasi untuk mengoperasikan seluruh usaha mereka serta melayani pelanggan mereka.

    • Teknologi bisnis
    Ini adalah jenis teknologi yang terdiri dari berbagai alat perangkat keras dan aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan bisnis dan meningkatkan berbagai operasi bisnis. Banyak bisnis menggunakan teknologi untuk skala dan tumbuh besar. Usaha kecil telah menggunakan teknologi untuk menciptakan cara-cara baru untuk bersaing dengan perusahaan mapan. Untuk beberapa hal, beberapa teknologi bisnis dapat membuat perusahaan kecil terlihat seperti sebuah perusahaan besar dan ini dapat membantu posisi memperoleh keuntungan usaha kecil di pasar yang kompetitif.

    Sumber artikel >> http://alfianhid.mywapblog.com/pengertian-teknologi-dan-definisi-apa.xhtml
     
  2. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,151
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    48
    yang jelas teknologi sangat membantu manusia dalam hal apapun :D
     
  3. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Apakah teknologi suatu saat akan lenyap?
     
  4. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    teknologi menurut saya tidak akan lenyap , bahkan bisa lebih maju . hehe
     
  5. walatraherbal

    walatraherbal Member

    Joined:
    May 17, 2018
    Messages:
    197
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Mantap gan seiring zaman modern, teknologi terus berkembang*bagus**kacau*
     
  6. akagami90

    akagami90 New Member

    Joined:
    Mar 9, 2019
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Teknologi itu seperti pisau, jika digunakan untuk memasak ya baik tapi kalau digunakan untuk membunuh orang ya beda lagi.
     
Loading...

Share This Page