Tips Mengenalkan Islam pada Anak

Discussion in 'Education' started by Muh. Wira Wijaya, Sep 13, 2017.

  1. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    672
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Orang tua memiliki tanggung jawab besar kepada anak keturunannya. Selain memberikan nafkah, memenuhi kebutuhan hidupnya, menjaga dan mendidik. Salah satu tugas terpenting bagi orang tua adalah memperkenalkan Islam pada anak-anaknya.

    Ini tidak lain sebab, dalam Islam anak keturunan merupakan tanggung jawab atau amanah orang tua di hadapan Allah. Sehingga di Yaumil Akhir orang tua akan ditanya tentang bagaimana ia memperlakukan anak-anaknya. Apakah anaknya termasuk anak yang taat dan berbakti ataupun sebaliknya.

    Oleh sebab itu, perhatian orang tua mengenai cara pengenalan Islam kepada anak sejak dini patut menjadi perhatian bersama antara ayah dan ibu.

    Berikut adalah tips bagaimana cara mengenalkan Islam kepada anak:

    1. Memperkenalkan Allah
    Menyampaikan menjelaskan dan sampai pada tahap memahamkan anak akan adanya pencipta memang terbilang gampang-gampang susah.

    Anak perlu dikenalkan bahwa ada pencipta yang bernama Allah. Dan sebagai wujud ketaatan kepada pencipta, maka tugas anak ataupun manusia secara umum adalah beribadah kepadaNya.

    Contohnya jika anak bertanya tentang apa itu Allah. Maka orang tua bisa menjelaskan seperti ini:

    "Allah itu adalah yang menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Langit, bumi, sungai, laut, jembatan, makanan, minuman, sapi, kuda termasuk kakek atau nenek kita."

    Jika anak bertanya tentang bentuk Allah, maka orang tua harus bijak dalam menjawabnya.

    Penjelasannya bisa seperti ini. "Nak, kamu tahu tidak bentuknya sapi, kerbau, kucing, gunung, buku dan semuanya. Nah, bentuk Allah itu tidak ada yang sama dengan semua itu. Allah itu tidak sama dengan ciptaanNya. Ia berbeda dengan segala sesuatu."

    Tentu masih banyak pertanyaan serupa dengan hal itu. Namun sebagai catatan bahwa orang tua harus pintar dalam menjelaskannya sesuai dengan pemahaman si anak.

    2. Sampaikan bahwa orang yang Baik adalah orang yang patuh pada Allah
    Agar anak mengenal Islam dan apa-apa saja dalam Islam, maka orang tua harus menjelaskan kepada anak bahwa orang yang paling baik, paling hebat, paling bahagia atau paling sukses di dunia adalah orang yang taat dan beribadah kepada Allah.

    Apa pun posisi kita, baiak sebagai anak, orang tua, guru, polisi, tentara dan semuanya harus beribadah kepada Allah. Sebab Allah menilai dan akan memberikan kebahagiaan jika manusia taat kepadanya.

    Sampaikan hal ini pada anak, agar ia mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan dengan adanya pencipta.

    3. Ajarkan Pokok-pokok Islam dengan Cara Mudah & Menyenangkan
    Dunia anak merupakan dunia bermain. Maka orang tua harus berusaha menjelaskan dan mengenalkan Islam dengan cara yang mudah, sederhana dan menyenangkan.

    Ajak anak bermain dengan permainan yang bisa memperkenalkan tentang pokok-pokok ajaran Islam. Sebagai contoh, orang tua boleh memutarkan lagu anak Islami yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik ataupun grup musik nasyid agar mereka kenal secara tidak langsung tentang Islam.

    4. Teladan Orang Tua
    Cara terbaik anak untuk belajar adalah denga meniru dan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

    Jadi anak sebenarnya belajar dari kehidupan terdekatnya. ia mengenal dunia termasuk karena peran penting orang tuanya.

    Oleh karena itu, untuk mengenalkan Islam kepada anak-anak maka salah satu resep paling mujarab adalah dengan teladan orang tua.

    Jika orang tua sudah tidak pernah melewatkan shalat wajib, maka anak akan paham bahwa aktivitas itu merupakan aktivitas wajib harian yang harus dilaksanakan terus menerus.

    Termasuk ibadah-ibadah yang lain, semisal puasa, zakat, berbuat baik dengan akhlak-akhlak yang terpuji semisal jujur, tanggung jawab, adil dan lain sebagainya.

    5. Doa Orang Tua
    Poin 1 sampai 4 bisa dikatakan sebagai usaha real yang dilakukan orang tua dalam mengenalkan Islam kepada anak-anaknya. Maka usaha tanpa doa merupakan bentuk kesombongan.

    Orang tua juga tidak boleh lupa bermunajat dan meminta doa untuk anak - anaknya agar diberikan pemahaman Islam yang benar, mengenal tugas dan kewajibannya sebagai hamba Allah, dan hal yang lain.

    Doa tidak boleh diremehkan, sebab doa orang tua kepada anak-anaknya merupakan salah satu doa yang mustajab diterima oleh Allah.

    Demikianlah tips sederhana dalam mengenalkan Islam kepada anak.
     
    Last edited: Sep 16, 2017
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Kenapa tidak boleh tuan?
     
  3. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    213
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    mungkin salah tulis ommm.,.,.,,.
     
  4. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    672
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Salah ngetik, seharusnya jata "tidak" dihilangkan.
     
  5. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    672
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Iya, saya salah tulis. Masa ortu nggak disarankan untuk "tidak" mendoakan anaknya. :D:D
     
Loading...

Share This Page