[ASK] Baru booking rumah KPR BTN subsidi nih

Discussion in 'General Discussion' started by Foodydoody, Feb 11, 2018.

Tags:
  1. Foodydoody

    Foodydoody New Member

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Siang agan-agan, ane baru booking rumah subsidi di daerah Sepatan, Tangerang nih. Ada beberapa hal yang mau ane tanyain, mungkin agan-agan yang udah pengalaman bisa bantu share jawabannya di sini.

    1. Data pribadi mengenai surat keterangan belum punya rumah harus dari kelurahan sesuai KTP atau domisili tempat tinggal ya? Karena KTP ane di JakPus, tapi ane sekarang tinggal udah lama di JakBar. Alamat keduanya bukan rumah sendiri, maklum belom punya rumah jadi nomaden.

    2. Ane punya tabungan deposito di BCA, kalo nanti BI Checking kira-kira deposito itu kebaca ga ya? Soalnya kalo liat buku tabungan biasa, nominalnya mengenaskan gan soalnya hampir semua tabungan ane dimasukkin deposito, ane cuma sisain dibawah 5jt di tabungan.

    3. Pemasukkan ane 4jt sebulan, pengeluaran ane biasanya +/- 1jt sebulan buat bayar kontrak, ongkos & belanja bulanan. Oh iya ane bayar kontrak itu masih patungan sama orang tua. Sejauh ini ane ga punya tagihan selain BPJS dan itu pun ga pernah telat. Kira-kira bisa lolos BI Checking ga ya?

    4. Tentang pemasukkan nih gan, gaji maksimal KPR subsidi kan 4jt, dan pas ane baru naik gaji di bulan Januari ini ke 4jt, ane baru ambil KPR. Nah, menurut agan-agan mending jujur gajinya segitu atau diturunin lagi? Ane bisa cincai sih sama HRDnya, dan ane rencananya mau turunin dari 4 jadi 3,85. Asumsi perhitungan gajinya belom kepikiran sih yang 150 itu mau dijadiin tunjangan apa.

    Kenapa ane mau turunin? Karena ane takut 6-12 bulan lagi ketika gaji ane naik dan saat itu bank minta rekening koran & dokumen kerjaan terbaru.

    5. Terakhir, ane kerja di startup udah setahunan, startup ini udah mau 5 tahun di April 2018. Dulu sih di ruko, tapi karena pengurangan karyawan jadinya di kediaman si bos di dalem cluster gitu. Beberapa tetangga juga ada yang Home Office kayak gitu. Soal SIUP yang ane minta buat KPR, si bos prefer ngasih surat keberatan mengeluarkan SIUP.

    Nah, kalo misalkan pihak bank survey lokasi kantor ane dan karena kantornya ga keliatan kayak kantor resmi gitu, apa itu bisa menghambat disetujuinya pengajuan KPR ane? Ane sendiri ga tau menau ttg izin atau pajak perusahaan ane, tapi beberapa klien emang minta dokumen kayak gitu dan sepengetahuan ane sih bos ane pernah urus surat-suratnya itu.

    Segitu aja gan yang mau ane tanyain, dan mohon pencerahannya ya gan.. Terima kasih banyak [​IMG]
     
  2. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Abang ane dlu pernah diminta siup tapi gak dikasih ahirnya gak disetujui, hangus dpnya banyak lagi 20Jt. Saya doakan aja gan mudah-mudahan di upprove
     
  3. Foodydoody

    Foodydoody New Member

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pihak marketing sih bilangnya boleh pake surat keterangan keberatan kalo ga dikasih SIUP dari perusahaan, cuma ga tau apa itu cuma bisa-bisanya orang marketing atau emang sebenernya ga masalah. Btw ane mulai cicil uang muka 34jtan dibagi 11 bulan, kalo ditolak uang muka emang ga bisa kembali gan?
     
  4. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Kurang tau pasti, kalau dari pengalaman, mending pakai notaris kalau memang kata orangnya dp bisa balik, jadi ada kekuatan hukumnya. walaupun orangnya bilang nanti dp dikembalikan, pada kenyataannya belum tentu di balikin
     
Loading...

Share This Page