Tips Merawat Motor agar Tetap Kinclong Clong

Discussion in 'Otomotif' started by Galih Pradipta, May 19, 2018.

  1. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    ISTANACARWASH.COM, Jangan hanya bisa membeli dan memakai sepeda motor, tapi juga harus pintar merawat agar kualitas sepeda motor tetap terjaga. Selama ini dalam merawat motor kita mungkin lebih fokus pada bagian mesin saja, karena memang merupakan hal tersebut paling penting dalam sebuah kendaraan. Namun, mulai sekarang tidak ada salahnya kita meningkatkan perawatan dengan cara menjaga kualitas warna cat agar motor bisa selalu terlihat baru dan bersih.

    Menurut para pengelola bengkel motor, ada beberapa faktor penyebab pudarnya warna cat motor, diantaranya terkena langsung sinar matahari dan seringnya menggunakan sabun berdeterjen ketika mencuci motor. Sinar matahari yang langsung mengenai motor akan mempercepat kerusakan warna bodi, hingga terlihat kusam. Sementar deterjen (sabun colek atau sabun cuci) mengandung bahan kimia yang dapat mempercepat kerusakan cat motor.

    Kedua faktor penyebab kerusakan warna cat tersebut perlu dihindari agar penampilan motor kita senantiasa terlihat bersih dan licin. Berikut beberapa tips yang perlu kita perhatikan dalam merawat warna cat motor:

    * Hindari parkir di bawah terik matahari
    Sebaiknya kita memarkir motor di dalam ruangan, atau jika terpaksa harus memarkir di ruang terbuka, kita memilih tempat yang ada atapnya agar sinar matahari tidak langsung mengenai motor. Juga perlu dihindari dari angin, karena debu yang bercampur panas terik matahari dapat mempercepat kerusakan lapisan pelindung cat/airbrush motor, sehingga warna motor dapat menjadi kusam.

    * Jangan mencuci motor dengan sabun.
    Sabun colek mengandung zat kimia yang mempunyai sifat kasar yang dapat menggores cat di permukaan bodi dan merusak cat motor. Gunakan shampo khusus untuk mencuci motor. Shampo khusus motor mudah didapat di istanacarwash.com dengan harga yang relatif terjangkau. Saat mencuci motor gunakan spons lembut atau lap chamois agar terhindar dari goresan.

    * Hindari air hujan
    Air dengan tingkat keasaman tinggi dapat merusak warna cat motor kita. Air hujan mengandung tingkat keasaman yang tergolong tinggi, sehingga akan dapat mempercepat proses memudarnya warna cat. Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin.

    Apabila terlanjut kena air hujan, sebaiknya kita cepat-cepat mencucinya dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

    * Hindari air garam
    Selain air hujan, kita juga perlu menghindari motor dari air laut. Sebab air laut dapat merusak warna cat serta mengakibatkan bagian bodi motor berkarat.

    * Jangan terlalu sering menggunakan zat kimia
    Selama ini kita sering menggunakan cairan zat kimia untuk mempercantik bodi motor. Hal ini memang cara mudah untuk mendapatkan kualitas penampilan yang lebih baik. Namun, ada baiknya kita jangan terlalu sering menggunakannnya karena secara perlahan bisa merusak warna cat. Cairan untuk mengilapkan warna tersebut akan mengikis lapisan cat bodi motor, sehingga warna tersebut akan menjadi kusam dan cat menjadi pudar.

    Namun, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membawa motor ke bengkel peratawan (motorwash). Di sini kotoran-kotoran yang telah lama menempel di bodi motor, seperti bekas aspal dan kotoran yang mengeras bisa dibersihkan serta melakukan polishing yang bertujuan menghidupkan kembali warna cat.

    Sumber : http://istanacarwash.com/artikel/tips-motor-agar-tetap-terlihat-kinclong/
     
    aem.project likes this.
  2. aem.project

    aem.project New Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sunduk gan, sundul gan
     
  3. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    210
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  4. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    oke gan... thanks gan ....
     
    aem.project likes this.
  5. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    itu cuma refrensi aja kaka,,, maklum namanya juga cewe... hehehe
     
    aem.project likes this.
  6. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    sip gan,, akhirnya anda juga mengerti resiko air hujan, *floating*
     
Loading...

Share This Page