Strategi Cara Pemasaran Produk Secara Online

Discussion in 'Internet Marketing' started by agus sulistyo, Jun 10, 2018.

  1. agus sulistyo

    agus sulistyo New Member

    Joined:
    Jun 9, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Belajar Internet Marketing Strategi Cara Pemasaran Produk Secara Online

    Apa Itu Internet Marketing ? Apa yang dimaksud dengan Marketing Online?

    Seiring berkembangnya internet semakin banyak bisnis atau penjualan produk yang pemasaran dan penjualannya melalui internet atau online.

    Bisnis tidak akan lepas dari yang namanya promosi dan pemasaran produk,begitu juga dengan bisnis online yang pastinya memerlukan strategi internet marketing.
    Kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian,contoh,konsep,ciri ciri,bentuk ,dan jenis internet marketing.

    Pengertian Internet Marketing

    Internet marketing adalah promosi atau pemasaran secara online melalui jaringan internet.Pada umumnya orang mengenal internet marketing hanyalan untuk jualan online,tetapi sebenarnya dapat mencangkup hal yang lebih luas termasuk promosi,branding/pengenalan merek,serta menjalin hubungan dengan pelanggan yang dilakukan secara online.

    Tujuan Internet Marketing

    Tujuan utamanya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan.Semua pebisnis online maupun offline pasti ingin meningkatkan nilai penjualan mereka atau agar brand miliknya lebih terkenal.

    Dengan internet pengenalan produk akan lebih luas jangkauannya dan biaya yang lebih hemat jika dibandingkan dengan promosi lewat media iklan di televisi.

    Kita dapat memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk memberikan berbagai informasi kepada para pengguna internet tentang bisnis ditawarkan sekaligus sebagai media untuk melakukan penjualan produk.

    Bentuk Bentuk atau Konsep Internet Marketing


    Ada dua macam bentuk internet marketing yaitu:
    • Internet marketing untuk tujuan promosi online
    • Internet marketing untuk tujuan mendapatkan penghasilan

    Selain bertujuan mendapatkan keuntungan dari penjualan suatu produk ,internet marketing juga dapat menjadikan ladang penghasilan dari proses marketing itu sendiri.Agar lebih memahami akan kita bahas satu persatu berikut ini:

    1. INTERNET MARKETING UNTUK PROMOSI ONLINE

    Tujuan internet marketing adalah untuk promosi secara online baik itu promosi suatu produk,barang,merek,jasa dll.Apapun produk bisnis yang akan dipromosikan,media internet adalah sarana yang sangat efektif untuk memberikan informasi,membangun website,memperkenalkan brand agar semakin dikenal banyak orang.

    Banyak cara untuk mempromosikan bisnis lewat internet yaitu diantaranya:
    • SEO (Search Engine Optimazation)
    • SEM (Search Engine Marketing)
    • PPC Advertising
    • Email marketing
    • Mobile Advertising
    • Sosial Media Marketing
    • Forum Marketing

    1.SEO (Search Engine Optimazation)

    SEO adalah suatu bentuk mempromosikan website/blog/toko online agar dapat tampil dengan baik di halaman pertama google.

    Seperti yang kita ketahui banyak sekali website maupun toko online yang memiliki banyak persaingan.Ketika seseorang mengetikan kata kunci tertentu pada pencarian google,maka pada hasil penelusuran yang ditampilkan pada halaman awal google adalah website yang teroptimasi SEO dengan baik.

    Sebaliknya jika optimasi SEO masih belum bagus akan tampil tidak pada halaman pertama google atau bahkan tidak tampil karena kalah persaingan dengan website dengan kata kunci yang sejenisnya.

    Disinilah peranan SEO agar website/blog/toko online kita dapat muncul pada halaman pertama google,karena kebanyakan pengguna internet akan mengunjungi website yang muncul dihalaman awal google.

    Dan bisa dipastikan semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula peluang penjualan atau promosi suatu produk.

    Optimasi SEO pada blog/website dapat dilakukan secara gratis,namun kadang memerlukan keahlian khusus dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.Namun kadang memerlukan biaya untuk melakukan optimasi seperti membeli jasa backlink.

    Oleh karena itu banyak pemilik website yang bersedia mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa SEO agar situs/website bisnisnya dapat masuk pada halaman pertama pencarian google.


    2. SEM (Search Engine Marketing)

    Cara ini tujuannya sama yaitu agar suatu blog/website dapat masuk pada halaman pertama pencarian search engine (yang paling populer adalah google),hanya saja melalui cara yang berbeda.Search Engine Marketing tidak bisa dilakukan secara gratis karena harus berbayar.

    Search Engine Marketing yaitu jaringan periklanan dari perusahaan search engine agar menampilkan iklan pada halaman hasil pencarian.Karena search engine yang paling banyak digunakan adalah google.

    SEM pada search engine goole adalah melalui jaringan periklanan Adwords,seperti pada gambar diatas akan muncul tulisan iklan yang artinya blog/website tersebut melakukan periklanan melalui adwords (search engine google).

    Ketika seorang pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu yang ditarget oleh advetiser (pemasang iklan ) adwords maka website advertiser akan muncul di halaman pencarian.

    Jika ingin memulai promosi dengan cara SEM ini silahkan mendaftar pada situs Adwords milik google dan siapkan dana untuk biaya tersebut.

    3.PPC Advertising

    Program Pay Per Click ( bayar setiap klik iklan ) ini ditujukan kepada advertiser (pemasang iklan) yang ingin mempromosikan bisnisnya.

    Kita sebagai advertiser harus rela mengeluarkan sejumlah uang kepada pihak perusahaan penyelenggara PPC Ads untuk menampilkan iklan milik advertiser pada situs publisher (penayang iklan) mereka.

    Advertiser dapat mengatur harga iklan dan menyesuaikan dengan jumlah budget yang ada.Berikut ini beberapa perusahaan yang menawarkan program iklan PPC:
    • Google Adwords (Paling populer)
    • Yahoo Advertising
    • MSN Advertising Center
    • AdsenseCamp
    • Adnow
    • dll.
    4.Email Marketing

    Email marketing yaitu proses promosi pemasaran produk maupun jasa bisnis dengan memanfaatkan email sebagai medianya.

    Email ini juga banyak jenisnya :Direct email,retention email dan beriklan pada email orang lain.Pemasaran melalui email termasuk efektif karena promosi atau pesan promosi dapat dikirimkan langsung kepada pemilik akun email tersebut.

    Tentu saja kita membutuhkan alamat email yang banyak untuk menjangkau lebih banyak orang.Biasanya pemilik website akan memasang widget subscriber.

    Perlu diingat jangan melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain,terlebih jika promosi yang kita tawarkan sangat jauh dari minat sang pemilik akun.

    5.Mobile Advertising

    Mobile advertising yaitu model promosi periklanan melalui perangkat handphone.Seperti yang kita ketahui hampir setiap orang memiliki smartphone yang selalu dibawa kemana mana.

    Hal ini dapat menjadikan promosi lewat handphone sangat efektif.Beberapa model periklanan lewat handphone yaitu: Melalui SMS ,dan periklanan pada aplikasi smartphone seperti pada game yang berupa iklan banner (jika ingin melakukan periklanan melalui aplikasi bisa mendaftar pada situs Admob milik google).

    6.Sosial Media Marketing

    Promosi melalui situs sosial media dapat dilakukan secara gratis maupun berbayar.Banyak sekali pengguna situs sosial media sehingga menjadikan promosi ini sangat efektif.

    Sosial media yang paling banyak digunakan diantaranya Facebook,instagram,twitter dll.Banyak para pebisnis online yang melakukan promosi disana ,apalagi yang sudah memiliki banyak pertemanan membuat promosi semakin mudah dan gratis.

    Sosial media juga menawarkan jasa priklanan berbayar yang telah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online.Diantaranya:
    • Facebook Ads
    • Twitter Ads
    • Instagram Ads
    • dll..

    7. Forum Marketing

    Forum marketing adalah promosi dan pemasaran melalui forum forum yang dibuat serta membahas topik topik khusus tertentu.

    Forum yang paling populer di Indonesia diantaranya Kaskus,Ads.id dll

    2. INTERNET MARKETING UNTUK MENDAPATKAN PENGHASILAN

    Selain bertujuan untuk melakukan promosi suatu produk maupun jasa bisnis,ternyata internet marketing itu sendiri dapat dijadikan sebagai ladang untuk menghasilkan pendapatan.

    Jika pada pembahasan diatas kita berperan sebagai pemilik suatu bisnis yang mempromosikan suatu produk.Kali ini kita akan membahas dan berperan sebagai jasa yang membantu mempromosikan bisnis tersebut.

    Ikut berpartisipasi dalam menjalankan internet marketing dapat juga menghasilkan keuntungan melalui kerjasama dengan penyedia periklanan.

    Berikut konsep internet marketing untuk mendapatkan penghasilan:
    • PPC (pay per click)
    • PPS (pay per sale)
    • PPL (pay per lead)
    • Menjual produk sendiri maupun orang lain
    • Bisnis pelelangan online
    Berikut kita bahas satu persatu:

    1.PPC (Pay Per Click)

    PPC disini berbeda dengan yang kita bahas diatas,PPC yang kita maksud disini adalah program periklanan pay per click ( bayar setiap klik ) yang ditujukan kepada penayang iklan atau disebut publisher.

    Secara singkatnya program PPC ini ditujukan kepada pemilik blog/website yang ingin mendapatkan penghasilan dengan cara menampilkan iklan pada situsnya.Yang akan dibayar setiap ada pengunjung yang melakukan klik terhadap iklan tersebut.

    Untuk dapat menampilkan iklan pada website kita harus menjadi mitra perusahaan periklanan diantaranya:
    • Google Adsense (paling populer)
    • Adnow
    • Bidvertiser
    • Chitika
    • Infolink
    • dll..

    2.PPS (Pay Per Sale)

    Pay Per Sale sering juga disebut dengan Affiliate/ Affiliasi.Program ini cara kerjanya adalah kita akan mendapatkan bayaran jika terjadi pembelian suatu produk yang berasal dari link affiliasi milik kita.

    Biasanya untuk dapat mendapatkan penghasilan dari PPS harus memiliki blog/website untuk menempatkan link affiliasi sekaligus sebagai media untuk mendatangkan calon pembeli.

    Ada juga perusahaan yang menawarkan kerjasama affiliasi tanpa harus memiliki blog atau website,tetapi bisa juga menempatkan link affiliasi pada Fanspage sosial media facebook,Instagram maupun Twitter.Jika kamu mempunyai banyak follower tidak ada salahnya untuk mencoba.

    Tugas kita adalah mempromosikan produk tersebut agar melakukan pembelian melalui link affiliasi.Berikut beberapa perusahaan yang menawarkan program Pay Per Sale:
    • Amazon.com
    • Clickbank.com
    • Lazada.co.id (dapat melalui fanspage facebook)
    • Blibli.com
    • dll...

    3.PPL (Pay Per Lead)

    Pay Per Lead adalah program affiliasi yang mana penjual/vendor akan memberikan bayaran setiap kali kita berhasil mengirimkan leads kepada penjual/vendor tersebut.

    Misalnya kita mengarahkan pengguna melalui link affiliasi untuk mendaftar pada email newsletter,free trial atau mengisis formulir dll.

    Salah satu perusahaan yang menawarkan program Pay Per Lead yaitu MaxBounty.com

    4.Menjual Produk (produk sendiri maupun orang lain)

    Kita dapat menjual apapun melalui internet secara online.Melalui internet marketing yang baik kita dapat mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk.Jika tidak atau belum memiliki produk sendiri karena halangan modal,kita dapat menjual produk milik orang lain.

    Menjual produk milik orang lain ini sering disebut dropship atau reseller.Banyak produk yang bisa dijual di internet baik itu produk fisik maupun produk digital.

    5.Pelelangan / Online Auction

    Ini adalah cara mendapatkan penghasilan melalui penjualan produk baik itu milik sendiri maupun milik orang lain dengan cara lelang.

    Penjualan dengan sistem lelang,kita dapat menjual barang/produk kepada orang yang menawar dengan harga paling tinggi.

    Hanya saja perlu kesabaran untuk menjual dengan cara ini.Berikut situs atau perusahaan yang menyediakan layanan pelelangan secara online:
    • Ebay.com
    • Flippa.com
    • dll..

    Itulah pembahasan mengenai belajar internet marketing strategi cara memasarkan/pemasaran produk secara online dan bagaimana mendapatkan penghasilan atau keuntungan melalui internet marketing.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    mau tanya gan , SEM itu kan pakai adword? apa benar bisa membantu untuk pengerjaan SEO juga
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul banget, tapi juga bicara SEO Onpage dan SEO Opage juga sebenarnya
     
  4. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    nice artikel Gan, Ane mau tanya klo misalkan Ane mau jualan baju lebih cocok pake metode mana SEO apa SEM? Klo SEM apa bakalan ke tutup sama marketplace raksasa atau engga setiap kali ngincer kata kunci jualan baju murah?
     
  5. dhadigital

    dhadigital New Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Panjang banget penjelasannya. sep mas lanjutkan sharing infonya.
     
  6. El Fatih

    El Fatih New Member

    Joined:
    Jul 4, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ulasan yang cukup jelas dan padat. Mudah dimengerti walaupun panjang banget, asal dibaca pasti paham. Nice share gan
     
  7. hyden2015

    hyden2015 Member

    Joined:
    Nov 11, 2015
    Messages:
    32
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Artikelnya sangat memnbantu bagi para pebisnis online. Selanjutnya tinggal memilih jenis bisnis online yang akan ditekuni untuk mendapatkan penghasilan.

    Terima Kasih
     
  8. masfrans

    masfrans Member

    Joined:
    May 31, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    perlu dana ekstra kalau ingin iklanya sering tampil
     
  9. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    208
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Apakah yang di maksud sama PPC sih saya kurang paham betul, ada yg bisa bantu?
     
  10. abdi

    abdi New Member

    Joined:
    Feb 1, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    SEO itu cara paling murah buat optimasi ranking suatu website di pencarian google
     
  11. Pradipta

    Pradipta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Semakin hari semakin sulit untuk pengerjaan SEO apalagi sudah ada rencana Google untuk menghapus akun Google Plus pengguna yang tidak termasuk kategori yang diizinkan.

    Satu satunya cara yang paling mudah untuk promosi harus dengan Adwods itupun kalau budget memadai untuk bersaing dengan kompetitor.
     
Loading...

Share This Page