Inilah 7 Makanan Yang Harus Dijauhi Pada Saat Batuk

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Feb 18, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Pada saat musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, kadang cerah, kadang hujan, batuk berdahak menjadi salah satu contoh penyakit saluran yang 'populer' di masyarakat. Walaupun dianggap sebagai penyakit yang ringan, namun diperlukan juga penanganan yang khusus dalam menghadapi gangguan kesehatan ini agar tidak semakin parah.

    Agar dapat meminimalisir tingkat keparahan tersebut, memang banyak faktor yang wajib anda ketahui, misalnya seperti menghindari makanan berminyak dan memastikan istirahat yang cukup. Lantas apa saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Batuk ? Berikut ini akan kita ulas penjelasan informasinya.

    Pantangan Makanan Untuk Penderita Batuk

    Anda disarankan untuk tidak menyepelekan penyebab batuk pada tubuh anda. Tidak hanya membuat tubuh menjadi kurang nyaman, batuk yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh dapat menimbulkan berbagai efek samping yang berbahaya. Untuk itu, coba hindari berbagai pantangan makanan dan juga minuman guna meredakan gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan nya.

    Berikut ini adalah beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Batuk yang harus anda ketahui, diantaranya :

    1. Makanan Olahan

    Anda dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit batuk dengan cara menjauhi makanan olahan, seperti makanan kemasan, fast food, keripik, dan juga lain sebagainya. Sebuah studi yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menyatakan bahwa, nutrisi mempunyai peranan penting untuk mendukung kerja sistem kekebalan tubuh yang akan melawan infeksi.

    Oleh karena itu, asupan nutrisi yang optimal di dalam tubuh akan membantu meredam batuk dengan cara memperkuat sistem kekebalan dan mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. Apabila anda ingin batuk cepat sembuh, sebaiknya hindari pantangan makanan olahan dan ganti dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak gizi agar mengoptimalkan fungsi tubuh.

    2. Makanan Yang Digoreng

    Seringkali anda mungkin mendengar anjuran untuk menghindari makanan yang digoreng pada saat mengalami penyakit batuk. Hal ini bukan hanya mitos belaka, tetapi memang benar adanya ( fakta ). Sebetulnya bukan makanannya yang dapat memperburuk kondisi batuk, tetapi minyak yang digunakan untuk menggoreng.

    Minyak ini dapat memicu rasa gatal yang menyiksa pada tenggorokan, terutama minyak jelantah yang sering digunakan berulang kali yang menghasilkan senyawa akrolein. Apabila anda semakin sering dan banyak jumlah minyak yang digunakan, maka akan semakin buruk kualitas minyak dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, tekstur kasar dari gorengan juga dapat membuat dinding tenggorokan mengalami iritasi.

    3. Makanan Pemicu Alergi

    Menurut fakta, terdapat beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi sehingga dapat memperparah kondisi penyakit batuk anda. Baik itu dari telur, kacang, makanan laut, dan lainnya. Salah satu cara yang tepat untuk meredakan gejala batuk yang mengganggu adalah dengan mengetahui makanan yang bisa memicu alergi di dalam tubuh sekaligus menghindarinya.

    4. Makanan Kering

    Bagi anda yang sedang mengalami penyakit batuk, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut serta mengandung air. Selain itu, hindarilah makanan kering seperti kacang,kacangan, makanan kemasan, serta makanan kering lainnya yang dapat membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman pada saat menelan.

    5. Makanan Pedas

    Jika anda ingin benar-benar cepat sembuh dari penyakit batuk ini, sebaiknya hilangkan pemikiran bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat meredakan penyakit batuk ini. Tentu pendapat ini dapat dibilang fatal karena makanan yang mengandung rempah, seperti lada, cengkeh, pala, cabe, dan lain sebagainya malah memperburuk kondisi tenggorokan, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

    6. Olahan Susu

    Minuman atau pun makanan yang mengandung susu sebaiknya dihindari pada saat batuk. Walaupun mempunyai nutrisi yang baik bagi tubuh dan juga tulang, tetapi susu bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan. Jika anda masih batuk, produk olahan susu, seperti es krim sebaiknya dihindari saja dulu. Apabila anda sudah pulih dan sehat, baru boleh dikonsumsi kembali.

    7. Minuman Yang Mengandung Kafein dan Alkohol

    Tidak hanya mengganggu batuk saja, pada saat sehat pun sebaiknya menghindari minuman keras dengan kadar alkohol tinggi. Jika anda sedang batuk, kandungan alkohol ini dapat menyakiti tenggorokan. Sama halnya dengan meminum minuman berkafein, seperti kopi, teh, soda adalah salah satu penyebab batuk yang harus dihindari jika anda ingin benar-benar sembuh. Disarankan agar menggantinya dengan meminum ramuan teh atau pun jahe hangat.
     
  2. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Wahh nice in thread, kebetulan saya lagi batuk dan ini sangat membantu makasih..
     
  3. im_septian045

    im_septian045 Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    77
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    kalo batuk minum obat, tpi sebelum minum obat sebaiknya makan
     
  4. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    OKe sama" gan :D terimakasih juga atas apresiasinya
     
Loading...

Share This Page