Inilah 6 Ramuan Herbal Nyeri Sendi

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Mar 11, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Masalah nyeri yang terjadi pada sendi merupakan salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh setiap orang pada saat beraktivitas. Terdapat berbagai macam pengobatan yang ampuh dan efektif untuk mengatasi nyeri sendi. Baik itu pengobatan itu dalam bentuk obat suntik, obat oles, hingga obat minum.

    Bagi anda yang sudah lanjut usia, rasa nyeri pada sendi dapat terjadi dikarenakan tubuh kita akan semakin melambat dalam memproduksi sel-sel baru. Pada saat anda bertambah usia, biasanya rasa nyeri tersebut akan semakin umum terjadi. Banyak hal-hal berbeda yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada sendi, termasuk bursitis, asam urat, keseleo, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, atau pun cedera lainnya.

    Bagi penderita nyeri sendi yang sudah lanjut usia, mereka biasanya enggan untuk mengkonsumsi obat-obatan berbentuk pil, dan cenderung lebih memilih pengobatan secara alami. Berikut ini adalah beberapa Ramuan Herbal Nyeri Sendi, diantaranya :

    1. Bubuk Kunyit

    Bubuk kunyit ini sering dijadikan sebagai bumbu kari dalam masakan. Tidak hanya itu, kunyit juga termasuk salah satu bahan alami yang mampu membantu mengatasi permasalahan sendi. Menurut National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa ramuan kunyit mampu bekerja terbaik dalam mengatasi nyeri sendi pada saat diambil secara efektif.

    Studi laboratorium tersebut melakukan penelitian dan mengujinya terhadap tikus. Hasilnya ditemukan bahwa ramuan bubuk kunyi mampu membantu memperlambat perkembangan nyeri pada sendi-sendi tulang.

    2. Kayu Putih

    Sama halnya seperti kunyit, kayu putih ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan pada sendi dan juga tulang. Namun, kayu putih ini sudah banyak diproduksi dan dijadikan sebagai minyak yang dapat digunakan untuk mengobati masalah nyeri pada sendi.

    Kandungan tanin yang ada pada daun tanaman kayu putih ini mungkin dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit yang dihasilkan akibat nyeri sendi.

    3. Teh Hijau

    Salah satu minuman populer di dunia setelah kopi adalah teh hijau. Minuman yang satu ini bahkan sudah banyak digunakan sebagai pengobatan untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh anda.

    Terdapat berbagai kemungkinan bahwa teh hijau ini mampu digunakan untuk mengobati terjadinya peradangan rematik serta nyeri sendi dalam bentuk obat. Khusus untuk nyeri sendi, anda dapat membuatnya menjadi sebuah minuman yang hangat serta baik bagi kesehatan sendi dan juga tulang.

    4. Jahe

    Jahe adalah salah satu tanaman atau rempah yang sering anda temukan di dapur. Namun, selain untuk dijadikan sebagai bahan bumbu masak, jahe juga bisa digunakan sebagai obat nyeri sendi alami. Kandungan senyawa yang ada dalam jahe yang pans dan kuat mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

    5. Air Garam

    Sudah bisa dipastikan anda memiliki garam di dapur anda sebagai penyedap makanan sehari-hari anda. Selain untuk bumbu penyedap, garam juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk nyeri sendi anda. Menggunakan air hangat serta garam dapat meredakan nyeri sendi pada tubuh anda.

    Caranya sangatlah mudah, anda cukup menuangkan air hangat pada baskom yang memiliki ukuran sedang, yang dimuat untuk anda kemudian celupkan bagian tubuh yang terasa nyeri. Setelah itu, taburkan 3 sendok teh garam hingga larut, lalu masukan bagian sendi yang terasa nyeri.

    6. Gel Lidah Buaya

    Lidah buaya merupakan salah satu tanaman atau herbal yang sering dijadikan sebagai pengobatan alternatif. Sudah dikenal karena mempunyai rasanya yang sejuk dan juga populer untuk mengobati lecet kecil yang terjadi pada kulit.

    Kemungkinan anda mempunyai gela lidah buaya di rumah yang tidak bisa anda sadari, atau bahkan tanamannya di pekarangan rumah anda. Cara pengobatannya pun dapat anda lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah didinginkan, kemudian diamkan selama beberapa menit hingga rasa nyeri menjadi mereda.
     
  2. Ozan02

    Ozan02 New Member

    Joined:
    Jan 19, 2019
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Jika dikonsumsi atau digunakan secara beraturan dan tidak berlebihan, pastinya tidaka akan menimbulkan efek samping :D
     
  4. Yulita

    Yulita Member

    Joined:
    May 7, 2015
    Messages:
    61
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
  5. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Oke sama-sama gan :D
     
Loading...

Share This Page