Istilah Istilah Desain Yang Harus Kamu Ketahui

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by Goenawan2211, Mar 26, 2020.

Tags:
  1. Goenawan2211

    Goenawan2211 Member

    Joined:
    Mar 2, 2020
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Oke teman teman dipembahasan kali kita akan membahas tentang istilah istilah desain yang harus kamu ketahui. Didalam Dunia desain tentunya memiliki istilah istilah tertentu didalamnya, untuk itu hal ini harus kalian ketahui agar kalian menjadi lebih baik lagi, serta handal untuk kedepannya. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya.

    1. Vector

    Secara teknis, Vector adalah sebuah graphic yang menggunakan perhitungan matematika untuk membuat sebuah gambar, Kelebihan dari vector adalah gambarnya dapat diperbesar dan diperkecil sesuka hati tanpa harus takut kehilangan kualitas dari gambarnya.

    2. Compotition

    Secara teknis komposisi adalah bahan bahan yang digabungkan sehingga menciptakan sebuah desain yang bagus. Perumpamaanya seperti ketika ibumu memasak buat kamu, tentu didalam masakannya ia menggunakan takaran bahan bahan seperti cabai, bawang, kecap, garam, dll agar masakannya menjadi enak dan lebih lezat tentunya, sama seperti didalam dunia desain, ada bahan bahan yang digunakan agar desainmu dapat terlihat lebih baik.

    3. Balance

    Didalam desain, Keseimbangan akan didapatkan melalui penempatan beberapa elemen visual secara tepat, seperti halnya text, gambar, dan garis.

    Adapun 3 teknik untuk menciptakan keseimbangan adalah dengan Symmetrically, Asymmetrically, and radially.

    4. White Space

    White space adalah ruang kosong yang diberikan kedalam desain agar desain yang dihasilkan menghasilkan gambar yang nyaman untuk dilihat. Bayangkan saja jika suatu desain dipenuhi dengan teks dan gambar yang bertumpuk mungkin desain tersebut akan terlihat kurang nyaman untuk dilihat. Nah untuk itulah diciptakannya White Space agar dapat menciptakan ruang kosong didalamnya.

    5. Hirarki

    Secara unsur, Hirarki adalah komponen utama didalam sebuah desain atau yang paling tepatnya adalah komponen utama yang mengarahkan kekomponen lainnya, Seperti contohnya didalam pembahasan kita ini Hirarkinya adalah “ISTILAH ISTILAH DESAIN YANG HARUS KAMU KETAHUI” yang kemudian mengarahkan kekomponen lainnya yaitu vector, compotition, Balance, white space, dan hirarki ini sendiri. Nah itulah tujuan dari Hirarki, untuk mengarahkan mata pembaca sesuai keinginan kita.

    6. User Interface

    User interface merupakan tampilan dari suatu hal, misalnya saja seperti tampilan layar smartphone, komputer, Ataupun media sosial favoritmu, Apakah tampilannya menarik?Jika iya berarti user interfacenya berhasil. Nah itulah tujuan dari User Interface untuk Memudahkan User dalam menggunakan fiturnya.
     
  2. Rendy Saputra

    Rendy Saputra New Member

    Joined:
    Feb 1, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ternyata banyak sekali istilah-istilah yg perlu diketahui seorang disain ya
     
  3. Goenawan2211

    Goenawan2211 Member

    Joined:
    Mar 2, 2020
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    iya benar , untuk itu kita harus terus belajar
     
Loading...

Share This Page