Istilah yang Sering Digunakan pada Jual Beli Online, Kamu Wajib Tahu!

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Jul 20, 2020.

Tags:
  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    istilah4.jpg
    Di tahun 2020, transaksi jual beli secara online semakin menjadi primadona. Alasannya, transaksi online lebih menghemat waktu dan tenaga. Serta bisa dilakukan di mana pun dan lebih praktis. Kamu cukup duduk di rumah, pilih barang sesuai keinginan di depan ponsel atau komputer, transfer pembayaran, lalu barang pesanan datang.

    Dalam proses jual beli online, ada beberapa istilah atau singkatan yang mungkin sering didengar, tapi tak sepenuhnya kamu mengerti. Nah, di sini kami akan membahas beberapa istilah yang sering digunakan.

    1. COD (Cash on Delivery)
    istilah.jpg


    Buat kamu yang sering menggunakan istilah COD, sudah tau belum maksud dari COD itu sendiri? Jadi istilah COD biasanya dilakukan untuk mengadakan perjanjian bertemu langsung dan bertatap muka di lokasi yang sudah ditentukan antara penjual dan pembeli.

    COD menjadi momen pembeli bisa langsung melihat dan memeriksa barang yang dijual, dan si penjual bisa langsung menjelaskan kondisi barang yang dijual. Jika kondisi barang dan harga sudah oke, pembayaran bisa langsung dilakukan.

    2. PO (Pre Order)

    Istilah PO adalah sistem penjualan yang dilakukan secara pemasaran dan pembayaran di muka sekian persen dari harga jual di awal transaksi. Biasanya, barang yang dipesan akan dikirim setelah jadwal produksi PO yang ditawarkan penjual. Bersamaan dengan para pembeli lain yang mengikuti PO dari penjual tersebut.

    3. WTS (Want to Sell)

    Istilah ini biasanya digunakan untuk kamu yang akan menjual barang atau penjual yang akan memasarkan barang dagangannya. Penjual akan menulis WTS serta spesifikasi dan harga dengan lengkap.

    4. WTB (Want to Buy)

    Sedangkan, istilah ini biasaya digunakan oleh pembeli yang sedang mencari sesuatu barang yang sulit di cari dan membuat thread, untuk menarik penjual yang akan menawarkan barangnya.

    5. PM (Private Message)

    PM adalah istilah untuk penjual dan pembeli yang akan mengirimkan pesan yang bersifat perbincangan pribadi tentang informasi barang transaksi. Pesan pribadi ini biasanya membahas tentang kualitas barang, kelengkapan, kelebihan, termasuk mengenai potongan harga.

    6. OEM (Original Equipment Manufacture)

    OEM adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tentang barang yang akan dijual merupakan barang original dari pabrik, namun dikemas dalam kemasan yang kurang bagus. Barang-barang OEM biasanya berupa sparepart kendaraan atau elektronik yang merupakan copotan dari produk asli yang tidak terpakai.

    7. PnP (Plug and Play)
    istilah3.jpg


    PnP adalah penjelasan tentang barang yang diperjualbelikan bisa langsung dipasang dan digunakan pada saat terjadinya transaksi. Istilah ini biasanya digunakan untuk para penjual teknologi, seperti komputer. Alasan menggunakan istilah PnP ialah untuk meminimalisir terjadinya kecurangan yang dilakukan penjual.

    8. DP (Down Payment)

    Istilah DP bisa diartikan sebagai uang muka. Biasanya dilakukan sebagai penegasan bawah barang yang dijual benar-benar akan dibeli oleh calon pembeli. Biasanya penjual meminta DP sekitar 30-50% dari harga jual barang.

    9. BNIB (Brand New In Box)
    istilah2.jpg


    Istilah BNIB digunakan untuk barang yang baru dibuka dari kemasan, atau barang baru yang belum pernah dibuka sama sekali. BNIB dipakai untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang akan mereka beli itu barang baru.

    10. TS (Thread Starter)

    TS merupakan istilah yang biasanya digunakan oleh orang yang pertama kali membuat promosi penjualan barang yang mereka pasang marketplace ataupun forum jual-beli.

    Nah, itulah semua istilah transaksi online yang mungkin sering kamu dengarkan. Semoga sekarang kamu tidak salah pengartian yah!

    Dan jangan lupa, kamu dapat menggunakan softwear yang membantu dan memudahkan bisnis online kamu. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem https://genie.shop. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih banyak telah memberikan detail istilah dalam dunia jual beli online
    yang paling sering kedengaran mungkin COD
     
  3. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    126
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Saya jarang mendengar kata PO... lebih sering denger pre-order
     
  4. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Sama sama mas, iyaa mungkin kata-kata COD sering kita denger karena berhubungan langsung saat transaksi jual beli ya
     
  5. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    haha tapi sebenarnya PO sama pre order sama aja mas artinya, cuma mungkin biar lebih jelasnya banyak yang menyebut pre order yah
     
  6. avirss

    avirss Member

    Joined:
    May 1, 2014
    Messages:
    220
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Sekarang makanan pun sudah pakai po kayak stok sedikit aja.
     
Loading...

Share This Page