Bagaimana Perusahaan CPG/FMCG Dapat Mengatasi Tantangan Dengan Pesan Percakapan

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Jul 26, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    86
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Sebuah studi PwC memperkirakan bahwa pada tahun 2022, pendapatan dari "Conversational AI" akan berjumlah $6,4 miliar. Menurut penelitian, 90 persen dari ini akan disumbangkan oleh pembuatan barang kemasan konsumen (CPG) dan makanan. Di tahun-tahun berikutnya, jumlah mereka diperkirakan akan melonjak.

    Integrasi conversational AI meningkatkan pengalaman pembeli dan memungkinkan perusahaan memenuhi harapan klien dengan cepat. Anda mungkin mendapatkan keuntungan dari persaingan dengan menyadari tujuan pelanggan Anda. Anda akan dapat memberikan dukungan yang lebih cepat dan lebih bermanfaat, berkontribusi pada pembuatan kamp pelatihan yang lebih baik, dan membuat ide yang lebih baik, yang semuanya akan menghasilkan NPS yang lebih tinggi, lebih banyak pendapatan, pengurangan biaya, dan lebih banyak efisiensi.

    Masalah yang Dihadapi Perusahaan FMCG
    Sektor FMCG sangat kompetitif, seperti sektor lainnya. Semakin sulit bagi perusahaan untuk bertahan karena persaingan harga yang ketat dan preferensi pelanggan yang berubah dengan cepat. Merupakan tantangan bagi perusahaan CPG untuk menjaga bisnis mereka tetap menguntungkan. Lockdown yang disebabkan oleh epidemi mempersulit perusahaan untuk menjaga stabilitas.

    Bisnis menderita dengan masalah termasuk tingkat produktivitas yang buruk, peningkatan biaya operasional dengan margin keuntungan yang lebih sempit, dan banyak lagi. Bisnis harus secara bersamaan berkonsentrasi pada peningkatan layanan dan pengalaman klien.

    Belanja online, pengiriman yang cepat, penghematan yang signifikan, dan penawaran yang memikat menjadi kebutuhan hidup. Terlepas dari kenyataan bahwa semua ini tampak menarik, banyak FMCG masih menghadapi persaingan yang ketat. Karena seberapa baik e-commerce telah berkembang, perusahaan yang belum menerimanya dengan cepat akan gulung tikar.

    Bagaimana Pesan Konversif Dapat Membantu Perusahaan Cpg/Fmcg Mengatasi Hambatan
    1. Administrasi Kueri Real Time
    Belanja online mungkin cukup membingungkan mengingat banyaknya pilihan barang dan jasa yang tersedia bagi pengguna. Gupshup dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggan mereka dengan membantu mereka memilah-milah pilihan berdasarkan kebutuhan dan preferensi mereka. Chatbot ritel percakapan cerdas kami meniru pengalaman berbelanja di toko fisik dengan UX terdepan di industri.
    [​IMG]

    2. Data, Wawasan, Dan Pemberdayaan Penjualan
    Dalam pengaturan penjualan FMCG saat ini, interaksi terbuka antara organisasi ritel dan pembeli jarang terjadi, sehingga kemungkinan terbatas untuk pengambilan keputusan analitis. Gupshup menggambarkan AI percakapan di CPG sebagai penolong digital antara beragam orang dan organisasi, memungkinkan komunitas penjualan untuk membuat penilaian yang lebih bijaksana dan tim pemasaran untuk mengembangkan pengetahuan.

    Dengan menilai pengalaman pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan berbagai teknik untuk menentukan apakah strategi yang Anda lakukan produktif.

    v Skor Promotor Bersih (NPS): Skor ini mengukur seberapa besar kemungkinan pelanggan akan merekomendasikan perusahaan Anda kepada teman atau kenalan. Organisasi di seluruh dunia menggunakan penilaian ini.

    v Skor upaya konsumen (CES) adalah sejenis evaluasi pelanggan umum yang menilai seberapa sederhana layanan pelanggan bisnis Anda digunakan.

    v Skor kepuasan klien (CSAT) adalah istilah yang sering digunakan dalam periklanan untuk menggambarkan seberapa efektif produk dan layanan Anda memenuhi atau melampaui harapan klien.
    [​IMG]

    3. Bantuan Yang Ditingkatkan, Segera (Instan)
    Berurusan dengan klien adalah bagian besar dari penjualan FMCG. Layanan pelanggan sangat penting di dunia di mana pembelian impulsif adalah hal biasa dan loyalitas merek yang kuat jarang terjadi.

    Pelanggan lebih sering menggunakan media sosial untuk layanan pelanggan, dan mereka menginginkan balasan yang bijaksana dan dipersonalisasi. Memberikan bantuan kepada pelanggan kapan pun mereka membutuhkannya selalu menjadi komponen kunci dalam menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa. Layanan pelanggan digital yang sangat baik dapat mengurangi biaya yang terkait dengan platform dukungan pelanggan tradisional sekaligus meningkatkan jangkauan dan keterlibatan online. Layanan pelanggan online yang baik menjadi semakin penting, terutama bagi perusahaan FMCG.
    [​IMG]

    4. Partisipasi Atau Dedikasi Yang Dikuratori
    Di situs web, pengguna dapat dengan bebas berkomunikasi dengan chatbot. Chatbots membantu dalam memandu pengunjung melalui situs web, membuat saran, atau bahkan mendorong pembelian dengan menawarkan hadiah yang memikat. Chatbots juga dapat digunakan untuk melibatkan kembali konsumen yang sebelumnya telah menempatkan barang ke keranjang belanja mereka tetapi belum melakukan pembelian. Pengingat chatbot untuk gerobak yang ditinggalkan sangat membantu dalam meningkatkan konversi.
    [​IMG]

    5. Meningkatkan Komunikasi. Sering Berhubungan
    Bagaimana Anda berinteraksi dengan pelanggan Anda? mirip dengan cara Anda berkomunikasi dengan keluarga dan teman di WhatsApp. Bisnis akan dapat menggunakan AI percakapan (AI) karena menjadi lebih luas dan kuat untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen.

    Pelanggan dapat berkomunikasi dengan merek dan memberikan umpan balik melalui berbagai sistem perpesanan, termasuk SMS, Telegram, WhatsApp, dan lainnya. Selain itu, pelanggan memiliki opsi untuk menerima penawaran dan informasi melalui SMS dan WhatsApp.

    6. Pemasaran Dan Pemasaran Ulang
    Perusahaan perlu memfokuskan inisiatif kesadaran merek mereka pada platform di mana audiens target mereka kemungkinan besar akan hadir dan terlibat dengan mereka.

    Chatbot bertenaga AI dapat digunakan untuk menawarkan notifikasi real-time mengenai item baru pada layanan perpesanan terkenal seperti Facebook Messenger dan WhatsApp. Penjualan meningkat sebagai hasilnya, dan klien tetap tertarik pada merek dan produknya.

    Kesimpulan
    Makanan, perlengkapan mandi, dan bahan habis pakai lainnya sering dibeli oleh pelanggan dari supermarket atau perusahaan ritel lainnya, dan perusahaan FMCG secara historis memperoleh sebagian besar pendapatan mereka secara offline. Namun seiring dengan semakin populernya teknologi digital, harapan pelanggan telah berubah, menciptakan kebutuhan yang lebih besar akan kecepatan, hubungan merek yang lebih baik, dan pengalaman multi-saluran. Elemen paling penting dari pengalaman pelanggan Anda mungkin adalah bagaimana Anda berinteraksi langsung dengan klien.

    Dengan bantuan API chatbot FMCG & CPG dari Gupshup, Anda dapat menjalin koneksi dengan pelanggan Anda. Manfaatkan kode QR pada kemasan untuk mendorong interaksi merek dua arah dengan menggunakan kekuatan pemasaran percakapan. Kemasan cerdas dapat memfasilitasi perjalanan konsumen dari offline ke online, dan conversational commerce dapat meningkatkan penjualan D2C.

    Lebih dari 30 saluran komunikasi yang berbeda tersedia untuk interaksi dan bisnis dengan konsumen Anda. Klik #LetsGupshup untuk info lebih lanjut tentang Gupshup.io.


    Sumber:
    Dilokalisasi dari:

    How CPG & FMCG Brands Can Benefit With Conversational AI

    Sumber Sekunder:

    CPG & FMCG Brands Can Benefit from Conversational Messaging
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Bisnis FMCG memang tidak ada matinya karena meruakan produk barang konsumsi yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat. Pangsa pasar yang besar tentu tingkat persaingan juga besar. Bahkan perusahaan Fast Moving Consumer Goods besar sekelas Unilever saja masih rajin promosi untuk mempertahankan dominasinya. Apalagi sekelas toko ritel, kudu menerapkan berbagai terobosan agar tetap survive
    Salah satunya seperti threat ini: dengan chatbot bertenaga AI yang dapat digunakan untuk menawarkan notifikasi real-time mengenai item baru via Whatsapp. Mirip yang dilakukan oleh Alfamart dan Indomaret pada pelanggan membernya. Walau kadang risih juga sering dapat pesan pemberitahuan gitu
     
    Rinaldy likes this.
  3. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    86
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Benar sekali, mirip kayak mereka berdua. Berikut info tambahan tentang Gupshup:
    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page