Membangun Blog Dengan SEO Jangka Panjang.

Discussion in 'General Internet' started by Yusuf.S, Dec 24, 2014.

  1. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Pernahkah teman lihat artikel yang tanggal postnya sudah beberapa tahun yang lalu tapi masih "Disayang" sama Google ?? saya sendiri merasa iri dengan para pemilik blog yang artikelnya "Disayang" Google sampai bertahun-tahun ini,

    Hal ini membuat saya bertanya-tanya atau mungkin teman-teman bersosial juga, bagiamana cara untuk membangun SEO untuk jangka panjang yang awet sampai bertahun-tahun bukan satu atau dua hari saja,

    Hakikat SEO Jangka Panjang

    Yang paling penting dalam sebuah blog adalah konten, konten adalah hal pokok yang harus ada di dalam sebuah blog atau website baik itu berupa informasi atau jasa, sebuah blog tidak akan ada artinya jika tidak memiliki konten walaupun mempunyai banyak "pernak-pernik" di blognya.

    Sngkatnyaa adalah, Konten adalah hal yang paling penting untuk membangun SEO Jangka Panjang

    SEO Jangka Panjang dan SEO Jangka Pendek

    Efek dari SEO Jangka panjang adalah sebuah keadaan ketika konten yang sudah "berumur" tetapi masih banyak dikunjungi oleh pengunjung. walaupun terkesan lebih "lambat" dalam pertumbuhan, blog yang menerapkan SEO Jangka panjang ini mempunyai "Investasi Pengunjung" sehingga target pengunjung akan tercapai dalam waktu yang ditentukan dan juga kelakuannya lebih terkesan alami

    Sedangkan SEO Jangka pendek lebih terkesan "Gimana caranya artikel gua ada di posisi satu serp biar banyak pengunjung terus dapet uang banyak" sehingga menghasilkan konten "Serampangan" yang diperuntukan untuk robot, walapun berhasil masuk halaman 1 SERP dan menjadi juara 1 di SERP, anda akan memiliki reputasi yang buruk di mata pengunjung karena menyajikan konten yang "Tidak enak dibaca" sehingga pengunjung enggan untuk berkunjung ke blog anda lagi.

    Era Blogging yang Natural

    Kita semua member bersosial tentu sudah tahu dengan 4 alogaritma google yakni Panda, Penguin, Pirate, dan Huming Bird, yang memiliki tugas masing-masing, tapi adakah diantara kalian yang mengetahui apa fungsi asli mereka di mata Google dan kenapa mereka "diuncurkan", Panda bertugas untuk memakan situs-situs dengan konten yang "kurus", Penguin untuk melahap link-link yang tidak berkualitas dan tidak alami, Pirate untuk "menyantap" konten bajakan, dan paling berbeda diantara tiga algoritma sebelumnya, Humming Bird berfokus untuk membantu seearch engine lebih memahami makna yang tercipta dari hubungan kata dalam konten-konten.

    Jika ditarik garis besarnya ke 4 alogaritma tersebut berfokus kepada "Konten yang berisi" dan Kelakuan yang "Natural".

    Sejalan dengan hal diatas, para master SEO mulai menggunakan teknik SEO yang berfokus kepada konten berkualitas dan natural dan hal ini terbukti dengan menghilangnya pernak-pernik SEO seperti guest blogging, link building, traffic & keyword manipulating, dll.

    Cara membangun SEO Jangka Panjang

    Cara paling tepat untuk membangun SEO Jangka Panjang adalah dengan membangun "Reputasi yang Baik" yang bisa kita mulai dengan membuat konten yang memiliki kesan pertama yang baik, dengan tujuan untuk membantu para pembaca yang membutuhkan informasi, Blog yang dicintai para pembaca akan otomatis dicintai juga oleh google atau blog yang "Berniat" untuk memberikan informasi sejelas mungkin kepada pengunjung akan dcintai oleh google kemudian dicintai oleh pengunjung,

    Dengan kata lain kualitas konten yang mengandung kriteria kredibilitas adalah apa yang menjadi perhatian search engine, yang nantinya akan menjadi manifestasi situs yang memiliki reputasi. Oleh karena itu, konten berkualitas yang kredibel harus menjadi start point sehingga nantinya reputasi situs dapat tercapai, yang artinya kita telah membangun blog dengan potensi efek SEO jangka panjang.

    Dari tadi saya terus membicarakan Konten jangka panjang terus, jadi bagaimana dengan blog yang berisi berita atau konten yang tidak tahan lama ?? seperti blog saya NEKONIMEV2 atau blog mas Samehadaku yang artikelnya tentang download anime yang hanya dicari pengunjung hanya satu minggu saja per episode nya, atau situs berita yang artikelnya hanya dicari beberapa saat saja.

    Jika begini kasusnya tidak usah khawatir karena jenis blog seperti ini memiliki "Haluan yang jelas" sehingga lebih mudah untuk membangun reputasi yang baik, kebanyakan pengunjung akan kembali ke blog jenis ini yang sudah memiliki reputasi.

    Jadi teman-teman bersosial ?? jelaskah artikel diatas ini ? jika tidak temen-temen bisa berkomentar di bawah.
     
    Last edited by a moderator: Oct 13, 2015
    yakub and ncang like this.
  2. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sepakat, SEO bukan sekadar mendorong sejenak ke permukaan search result mesin pencari, tapi SEO adalah sebuah investasi dalam webmaster. White hat saja, lah. Sepakat, SEO jangka panjang. Kalo kurang panjang, pake obat memperpanjang :confused:
     
  3. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kadang lihat beberapa blog yang di optimasi dengan cara cepat, build backlink pun asal-asalan, hasilnya memang langsung terlihat. Tapi untuk jangka panjang menurut saya tidak akan lama, walaupun belum pernah melihat sendiri.

    Kadang tergoda untuk build backlink secara brutal.
     
  4. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    bruakakakaka*ketawa4*
     
  5. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    :D masa sih!
    Kalau buat Mas @eiven bukan sindiran, tapi mengingatkan :)
     
  6. Bachul

    Bachul Member

    Joined:
    Dec 12, 2014
    Messages:
    72
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Mantab Gan o_O walaupun saya gak paham sama sekali ini sangat beguna :D
     
  7. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sebaiknya jika tidak mengerti apa yang sedang dibahas, tidak usah terlalu dipaksakan untuk ikut berkomentar. silahkan dibaca kembali peraturan yg berlaku di forum ini : https://www.bersosial.com/pages/rules

    Jika ingin menggunakan emoticon silahkan gunakan "smilies" yang sudah kami sediakan pada forum ini. jika masih diteruskan untuk selanjutnya akan kami reduce pointnya. thanks b4, salam kenal dan selamat datang di bersosial *ketawa3*
     
  8. Baitussalam

    Baitussalam Member

    Joined:
    Jul 9, 2014
    Messages:
    87
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Strategi dan teknik mmg hrs sejalan. Sbnrnya kita ga tahu ya apakah konten kita akan terus diminati orang untuk jangka panjang krn waktu yg akan berbicara. Jadi untuk konten, strategi kita adalah mencari dan meriset apa sih yang dibutuhkan orang untuk dibeli, diketahui dan dipelajari, atau sekedar untuk hiburan aja. Lalu dibuatkan konten yang sesuai dengan ilmu, keahlian, dan pengalaman kita. Ini lah yg nanti akan menarik para calon visitor berebutan datang ke situs kita spt semut berdatangan menuju gula-gula.

    Sifat konten hrs gratis dan dalam, shg orang akan mengambil manfaat banyak dan word of mouth marketing spt di semut jg akan terjadi.

    Tapi yang harus diingat jg bahwa konten kita ada di situs web kita, yg mana akan diindeks oleh mesin pencari spt google. maka harus diktahui juga metode penulisan konten/artikel/copywriting yg seo friendly supaya konten kita optimal di hasil pencarian.

    Dan akhirnya, semua itu harus diawali dengan promosi website yang bagus (internet/online business promotion) supaya sesegera mungkin situs kita dan isinya bisa diraih/dicapai oleh mereka2 yg sangat membutuhkannya. Jadi kita bisa segera memberi manfaat kepada orang lain.

    Dari konten gratis yg sangat baik tsb, akan terjadi multiplikasi visitor yg akan berkunjung. dan semakin banyak konten yang bagus, maka anda akan dinobatkan sbg subject matter expert sesuai isi konten yg anda (atau dgn writer) yang menulis konten tsb.

    Kalau ada butuh uang cepat dan ingin segera menghasilkan dr online, bisa pertimbangkan pay per click spt google Adwords dan AdSense. iklan gratis atau berbayar, dan lain-lain yang sejenisnya. namun tetap web dan isi artikel kita harus memenuhi standar tertentu supaya bisa meyakinkan pengunjung untuk berbisnis dengan kita kalau tidak habislah biaya iklan yg sudah kita submit.

    Maaf kebetannya cuma sampai di atas aja, selebihnya saya lupa naruh kertasnya dmn hehee..
     
    Yusuf.S likes this.
  9. Fatahillah

    Fatahillah Member

    Joined:
    Jun 27, 2014
    Messages:
    460
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Betul gan, pengalaman saya yang newbie, artikel yang berkualitas itu penting sekali :)
     
  10. cerita-silat

    cerita-silat Member

    Joined:
    Dec 7, 2014
    Messages:
    292
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Thread ini sejalan dg apa yang saya terapkan... bila sebuah blog berisi konten jangka panjang... apalagi udah ribuan konten... dg seo yg benar... pasti bertahan lama sekali di serp google hal pertama... visitorpun akan bertambah...
     
  11. asli3rut

    asli3rut Member

    Joined:
    Sep 6, 2014
    Messages:
    641
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    Seo jangka panjang bisa dimulai dengan membuat artikel sangat berkualitas(cari tau aj artikel berkualitas itu seperti apa), seo jangka pendek hanya artikel-artikel yang simple yang dibangun dengan backlink spam, artikel seperti itu tidak akan bertahan lama dan tidak akan mampu bersaing dengan artikel berkualitas untuk jangka panjang, google ranking faktor: artikel singkat lambat laun akan berdampak buruk dimata mesin pencari.
     
  12. dzeko

    dzeko New Member

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    60
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    SEO saya kira cocoknya untuk jangka pendek, jangan berpikiran jangka panjang karena algoritma google setiap waktu berubah-ubah. SEO yang terbaik adalah SEO yang dapat menyesuaikan setiap perubahan algoritma tersebut. Kalau google berubah algoritma mau tidak mau kita juga harus ikut merubah teknik optimasi kita.
     
    Last edited by a moderator: Jan 26, 2015
  13. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    957
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    sementara ini ane masih gunain SEO untuk jangka pendek, untuk jangka panjang belum tau caranya..:confused:
     
  14. riki 21

    riki 21 Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    254
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    keren tulisannya
    bermanfaat sekali bagi nubie seperti saya dalam ngeblog
     
  15. Virly

    Virly Member

    Joined:
    Jun 2, 2014
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    saya juga belum mendapatkan dan mengembangkan seo jangka panjang seperti yang diungkapkan mastah disini semoga bisa membuat seo jangka panjaangg
     
  16. Didit Aditia

    Didit Aditia Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    149
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    yah saya sangat setuju gan dengan proyek seo jangka panjang , tapi walau bagaimanapun tetap di dunia SEO yang namanya Linkbulding tidak akan pernah mati ,..
     
  17. saimi

    saimi Member

    Joined:
    Jan 10, 2014
    Messages:
    449
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Blog yang mempunyai teknik SEO yang baik tidak akan terkesan oleh algoritma google yang senantiasa berubah.
     
  18. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,182
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Yang jualan obat udah nyoba belum, panjang bener ya gan?
     
  19. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    399
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Siap bang :D ini ada kata kata untuk pemain seo yang keren dari mastah seo Diar Seonubi yang pernha menuliskan di facebooknya, "orang ngetik di google itu untuk mencari infomasi". Jadi, kalau orang lain cari informasi tentu yang lengkap dan memuaskan hatinya. Jadi, kita sebagai blogger mari tingkatkan etiket baik untuk men-share info info yang memuaskan hati pencari :D
     
  20. soezzieharumi

    soezzieharumi Member

    Joined:
    Dec 24, 2014
    Messages:
    203
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page