Inilah Jenis2 Melon

Discussion in 'General Lifestyle' started by cholict, Feb 11, 2015.

  1. cholict

    cholict Member

    Joined:
    Aug 13, 2014
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

    Melon merupakan sumber yang sangat baik akan vitamin A dan vitamin C, dan juga sumber potasium. Selain bisa dikonsumsi ketika masih segar, melon varietas lain ada juga yang dimasak, atau ditanam untuk benih mereka, yang diproses untuk menghasilkan minyak melon.

    Melon merupakan sumber vitamin C dan serat makanan, sementara juga rendah kalori dan sodium, dan mengandung lemak atau kolesterol baik.
    Berikut beberapa jenis melon

    1. Bailan Melon
    [​IMG]
    The Bailan Melon adalah melon jenis lokal yang terkenal ditanam dekat Lanzhou, ibukota provinsi Gansu di Republik Rakyat Cina. Menurut sumber di Cina, melon diperkenalkan ke China oleh Mr Wallace, Wakil Presiden Amerika Serikat, yang menyumbangkan bibit melon dengan penduduk setempat saat mengunjungi di tahun 1940-an.

    2. Hami Melon
    [​IMG]
    Hami Melon adalah jenis muskmelon, berasal dari Hami, Xinjiang. Hal ini juga disebut sebagai melon Cina Hami. Sebuah istilah umum yang dapat diterapkan adalah "salju melon". Warna luar umumnya putih merah muda atau kuning melalui melalui hijau. Bagian dalam daging manis dan renyah.

    3. Cucumis
    [​IMG]
    Cucumis adalah genus dari tanaman melilit, tanaman sulur-bantalan dalam keluarga Cucurbitaceae yang meliputi mentimun (Cucumis sativus), melon bertanduk (Cucumis metuliferus), dan ketimun India Barat (Cucumis anguria). 30 spesies terjadi di Afrika, dan 25 terjadi di India, Asia Tenggara, dan Australia.

    4. Blewah
    [​IMG]
    Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.
    Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

    Blewah kaya kandungan mineral kalium, provitamin A, serat makanan, dan vitamin C. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah, dan untuk menyembuhkan sariawan.

    5. Santa Claus Melon
    [​IMG]
    Dikenal sebagai melon Natal atau piel de sapo, adalah salah satu jenis melon (Cucurbitaceae keluarga, Cucumis melo, kelompok Inodorus) yang tumbuh sampai sekitar satu kaki panjang dan oval. Ini memiliki tebal, kulit luar hijau bergaris, hijau pucat daging batin putih dengan rasa melon ringan, dan manis dekat dengan melon melon, jika tidak lebih.

    semoga bermanfaat.
     
  2. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    445
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Ternyata melon juga banyak jenis nya
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Ada lagi Timun Mas, entah apa nama lainnya
    Katanya sih hasil persilangan antar blewah dan melon.

    Bentuknya mirip timun suri, dengan daging seperti blewah tapi aroma dan rasa seperti melon.
    Ini yang aku suka,
     
  4. cholict

    cholict Member

    Joined:
    Aug 13, 2014
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Iyah,, aq juga baru tahu.. hehe
     
  5. cholict

    cholict Member

    Joined:
    Aug 13, 2014
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    iya.. kalau aq lebih suka blewah nya.. heheh*bagus*
     
Loading...

Share This Page