Energi Alternatif Untuk Menunjang Masa Depan

Discussion in 'General Discussion' started by faisalraf, Jul 24, 2014.

  1. faisalraf

    faisalraf New Member

    Joined:
    Jul 11, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pertumbuhan penduduk yang kian pesat memang membawa dampak positif dan juga negatif. Positifnya, sebuah negara memiliki banyak SDM potensional untuk bantu mengembangkan negeri lewat karya-karyanya kelak. Lalu apa dampak negatifnya pertumbuhan penduduk yang semakin tidak terkontrol? Energi atau SDA yang akan kian menipis. Semakin banyak jumlah pertumbuhan penduduk akan berbanding lurus dengan energi yang dibutuhkan. Pertanyaanya sekarang adalah, apakah energi tersebut dapat diperbarui terus menerus? Kita lihat saja fenomena minyak tanah yang dulu sangat berlimpah sehingga orang-orang menggunakan kompor minyak. Namun kini penggunaan minyak tanah hampir langka karena sumber minyak tanah kian menipis mendekati langka. Energi alternatif menjadi solusi yang paling menolong agar anak cucu kita di masa depan masih bisa menikmati dunia yang kaya dengan energi.

    [​IMG]

    Energi apa saja yang bisa digunakan manusia untuk menjaga kelangsungan hidup di masa depan? Yang pertama adalah energi surya atau matahari. Matahari adalah energi yang paling kuat dan paling besar di dunia. Sinar matahari yang setiap hari menyinari bumi bisa dimanfaatkan untuk pencahayaan, pembangkit listrik bahkan membantu proses di industri. Energi selanjutnya adalah energi angin atau udara yang bergerak. Disetiap belahan dunia tentu terdapat angin bahkan dari zaman dahulu energi angin sudah dimanfaatkan untuk menjalankan kapal layar. Dan sekarang ini energi angin dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dengan turbin angin.

    Lalu energi alternatif apalagi selain angin dan cahaya matahari yang bisa ditemui setiap saat? Berikutnya adalah energi panas bumi. Panas bumi menghasilkan uap dan gas yang bisa digunakan untuk membangkitkan listrik. Yang dimanfaatkan untuk pemanasan rumah dan pembangit listrik industri. Bagaimana cara mendapatkan energi panas bumi? Energi panas bumi bisa di dapatkan dengan menarik dari waduk bawah tanah yang sebelumnya dilakukan pengeboran terlebih dahulu. Bila dilihat dari prosesnya, mengambil jenis energi satu ini tentu saja membutuhkan teknologi yang canggih dan mahal. Dengan menggunakan energi yang terbilang alternatif diatas, diharapkan pasokan listrik tidak akan pernah kurang hingga masa depan.
     
  2. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    di prediksi yang akan berkembang pesat nantinya adalah pembangkit energy matahari dan angin sepertinya, aman dan hemat biaya,
     
  3. rafa04

    rafa04 New Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    hemat sih hemat gan tapi apakah bisa semua masyarakat menikmati energi ini? kalau bisa syukur kalau gak ya mesti diperhatikan ini.
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    charger handphone saja sudah ada yang menggunakan wireless, *calmdown*
     
  5. rumahoscar

    rumahoscar Member

    Joined:
    Feb 25, 2015
    Messages:
    107
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    setuju banget*bagus*
     
Loading...

Share This Page