Kartun Negeri Sebrang Yang Berbobot

Discussion in 'General Lifestyle' started by Yusuf.S, Mar 29, 2015.

  1. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ini adalah salah satu tulisan dari seorang member kompaisana bernama : Muhamad Ilham Musyafa
    [​IMG]

    Di sore yang suntuk itu aku berinisiatif ingin menyalakan TV, seperti biasa tak ada acara yang menurutku bisa menambah wawasan atau mungkin bisa sedikit lebih mendidik di sore itu tapi aku memberhentikan untuk menekan remote di sebuah channel yang menayangkan berita sore tetapi ya beritanya pun juga begitu adanya begal, pembunuhan, perampokan dan lain sebagainya yang hanya memberi sedikit sugesti negatif kepadaku

    Di sela-sela menonton aku teringat akan deadline tugas untuk beberapa hari ini jadi aku langsung mengambil laptopku dan mulai fokus, TV yang ku tonton tadi berbalik menontonku karena mungkin aku yang menduakan dia terhadap laptopku, aku hanya menyimak sebagian dari apa yang aku tonton dan menjadi lebih pasif.

    Aku masih fokus dengan laptop dan membiarkan TV masih menyala mengingat remote yang tadi aku pegang hilang entah kemana jadi menambah faktor kemalasanku untuk mematikan TV. Sekian lama berselang entah kapan berita itu selesai, acara di channel tersebutpun berubah menjadi sedikit lebih ‘unyu’ terlihat dari opening yang membuat fokusku teralih dari tugas dan tidak lain acara itu adalah acara kartun yang intinya menceritakan seorang bocah yang memiliki kekuatan super yang akan membasmi kejahatan-kejahatan mungkin disini juga termasuk begal yang tadi.

    Yup, benar pasti diantara temen-temen, mbak-mbak, mas-mas sebagian besar sudah tahu kalau itu adalah kartun BoBoiBoy. Kartun yang cukup fenomenal yang sebenarnya menurutku biasa saja terlebih itu merupakan buatan negeri seberang, tentu aku kurang ada minat untuk menonton acara tersebut. Tapi mau dikata apa, malas sudah terlanjur melanda lagipula aku tidak begitu fokus dengan TV yasudahlah biarkan saja kartun itu tetap menemani soreku yang suntuk.

    Aku pun masih terus fokus dengan tugas yang aku kerjakan, aku hampir sama sekali tidak memperhatikan kartun itu kecuali ketika Mama Zilla yang merupakan moster jahat muncul, ya memang seperti yang aku katakan kartun ini ya ‘gitu-gitu aja’ sama seperti kartun pembela kebenaran lain. Sampai pada akhirnya ada adengan dimana sang pahlawan kesulitan untuk melawan musuhnya, dan bertanya kepada benda yang mirip seperti jam tangan dan disini lagi-lagi fokusku teralihkan ketika seorang perempuan di jam tangan hologram itu berkata bahwa Mama Zilla itu OCD. Hah? jadi program diet nya mas Deddy terkenal sampe Malaysia? tapi seingatku istilah OCD tidak hanya itu, dalam istilah Psikologi pun juga ada OCD tapi apa benar?

    Ternyata dugaanku benar, Mama Zilla di kartun itu terkena OCD alias (Obsessive Compulsive Disorder) atau gangguan obsesif kompulsif yang merupakan kelainan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif. Kelainan ini ditandai dengan pikiran dan ketakutan tidak masuk akal (obsesi) yang dapat menyebabkan perilaku repetitif (kompulsi). Misalnya, orang yang merasa harus memeriksa pintu dan jendela lebih dari tiga kali sebelum meninggalkan rumahnya.

    Sedikit bercerita, Mama Zilla adalah seorang ehh seekor monster yang benar-benar tidak tahan dengan sesuatu yang ia lihat seperti yang sudah disebutkan diatas, tetapi pada kasus ini Mama Zilla tidak suka melihat ssesuatu yang tidak sama atau tidak simetris, contoh ketika dia berjalan menuju parkiran dia melihat 2 baris mobil yang memiliki warna biru dan merah secara acak, dia dengan ‘gregetan’-nya mengubah baris pertama menjadi khusus mobil merah begitu pun sebaliknya, ada pula rumah yang tidak sama tinggi, dan lain sebagainya.

    Wow, sangat amat jarang sekali aku melihat ada kartun yang memberikan hiburan sebegitu ‘bergizi’ ini sayangnya belum banyak yang tahu kalau itu merupakan sebuah perilaku abnormal dalam psikologi, jika mungkin sebagian besar dari kita sering melihat ada seseorang yang sedikit-sedikit cuci tangan atau memegang sesuatu selalu dengan tisu dan sebagainya bisa jadi orang-orang tersebut mempunyai kelainan yang sama dengan Mama Zilla ini tapi perlu diingat bukan berati semua orang yang cuci tangan itu OCD, bisa dilihat dari sebarapa sering dia melakukan atau ketika dihadapkan dengan sesuatu yang kotor, jadi bersih-bersih itu penting tapi bukan berati yang sering bersih-bersih juga berkelainan atau jangan sampai ada yang takut bersih-bersih setelah baca ini haha.

    Lanjut ke cerita, Mama Zilla ini monster yang sangat kuat bahkan semua serangan baik itu halilintar, kilat, petir dan sebagainya tidak bisa membuat Mama zilla bahkan gatal sedikitpun, sampai akhirnya mereka menggunakan (kalau dalam psikologi) satiation atau penjenuhan, Mama zilla dibuat kerepotan dengan cara sang pahlawan membuat berantakan seluruh kota, sampai pada akhirnya monster betina itu pun lelah barulah bisa dikalahkan.

    Cukup menarik memang jika dilihat-lihat kartun ini terlebih yang episode nya menggunakan alur yang demikian. Akan biasa memang kalau bukan diriku ini yang menonton, maksudnya kalau adik sepupuku atau anak-anak SD lainnya pastilah yang mereka cari hanyalah hiburan tapi sebenarnya banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari sana atau mungkin karena memang aku ini yang Jurusannya psikologi ya jadi bisa dibilang agak sedikit lebih peka dengan masalah itu. Yang jelas episode BoBoiBoy kali ini bisa dibilang cocok untuk direkomendasikan menjadi referensi untuk psychomovie yang biasa ditayangkan di perkuliahan untuk dijadikan contoh atau referensi.

    Menarik! Lanjut deh nugas yang tadinya fokus akhirnya gagal fokus juga gara-gara ini kartun haha.

    Dengan sumber : http://hiburan.kompasiana.com/telev...rgizi-dari-kartun-negeri-seberang-733729.html
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    serumpun dengan upin-ipin, betul, betul betul.... :D
     
  3. profhariz

    profhariz Member

    Joined:
    Jun 25, 2013
    Messages:
    86
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
  4. profhariz

    profhariz Member

    Joined:
    Jun 25, 2013
    Messages:
    86
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Upin ipin masih belum ada tandingannya :)
     
  5. Gesper

    Gesper Member

    Joined:
    Mar 1, 2015
    Messages:
    242
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kartun yang sangat mendidik dan menarik di tonton di antara kartun-kartun yang lain cuma upin ipin*bagus*
     
  6. sepedapancal

    sepedapancal Member

    Joined:
    Jan 13, 2015
    Messages:
    280
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    emang bener sih bagus animasinya..tpi aku masih lebih suka animasi indo asli kyk keluarga si dudung :D
     
Loading...

Share This Page