Tips Ujian Nasional (UAN) Tanpa Stres

Discussion in 'General Lifestyle' started by Jumadil, Mar 19, 2015.

  1. Jumadil

    Jumadil Member

    Joined:
    Mar 15, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    [​IMG]
    Mumpung lagi Panas-panasnya Ujian Nasional atau lagi mempersiapkan Ujian Nasional. Trhead kali ini akan membahas tentang Tips Ujian Nasional (UAN) Tanpa Stres.
    Sumber di dapat dari www.jumadil-awal.com
    Berikut Penjelasan Tipsnya:
    [​IMG]

    Mau Sukses ujian Nasional? apalagi Tanpa Stress dan Sukses menjalaninya. sebuah ungkapan yang sangat manis melihat perkembangan ujian nasional dari pemerintah semakin ketat. sehingga banyak berita-perita peristiwa sekarang ini semakin panas dengan adanya siswa yang bunuh diri karena masalah ujian nasional bahkan pernah di tahun yang lalu ada berita bahwa salah seorang siswa SMA bunuh diri karena stress dengan Ujian Nasional padahal Ujian Nasional belum sampai alias masih ada beberapa hari.

    Artikel ini dikhususkan bukan untuk siswa saja melainkan semuanya yang mencakup para guru sebagai pendidik untuk mendidik siswanya tentang ujian nasional yang menyenagkan bukan Sebagai Monster yang akan melahap siswanya, juga kepada orang tua agar membekali anaknya untuk menghadapi ujian nasional bukan memarahinya setiap hari karena mereka malas belajar tapi seharusnya dibekali dengan ilmu kesiapan mental, kesopanan, dan terpenting adalah keberanian.

    Sebenarnya artikel ini sudah pernah di posting oleh studentmagz saya juga mendapatkannya dari buku Roni indra, tapi alangkah baiknya kita review kembali agar lebih menjadi pelajaran bagi kita semua untuk mempersiapkan mental untuk siswa-siswa yang akan mengikuti ujian Nasional kedepan yang tinggal beberapa minggu lagi.

    Sebelum kita lanjut untuk mengetahui bagaimana teknik anda melalui ujian nasional tanpa stress dan menyenangkan alangkah baiknya kita simak dulu tips-tips dari sukses ujian Nasional itu sendiri.

    TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


    1. Pelajari Latihan Contoh-contoh Soal

    Berhubung UN didominasi soal-soal pilihan ganda maka latihan contoh-contoh soal baik berupa ulangan biasa ataupun soal-soal UN tahun sebelumnya. gunakanlah buku-buku soal di toko buku, berlatihlah selalu, hal ini agar terbiasa saat mengerjakan UN.

    2. Belajar latihan Soal dari Bimbingan Belajar

    untuk memperkuat pengetahuan siswa lebih lanjut ikutlah Bimbel (bimbingan belajar). selain banyak teman bermain dan berbagi disana pada umumnya Bimbel adalah tempat menyenangkan untuk belajar. Selain sekolah yang mempunyai Kisi-kisi Bimbel juga lebih telaten untuk mencari kisi-kisi yang tepat dan selalu mengutamakan kepentingan Siswa yang ikut di bimbingan mereka. karena mereka ingin setiap yang ikut bimbel di tempatnya Sukses UN sehingga reputasi mereka semakin meningkat. Siswa bisa memanfaatkan itu.

    3. Buat Catatan Kecil

    catatan kecil ini bukan untuk contekan. namun catatan yang dapat dibaca setiap saat dimana waktu kita luang untuk belajar. Siswa bisa memakai note kecil atau bisa jg lebih simple dengan secarik kertas tapi tentunya saya lebih memilih note book kecil. yang intinya bisa dibawa kemana-mana.

    4. Jangan Tegang

    hadapi ujian dengan santai tapi serius, dikala sambil belajar juga tidak terlalu memaksakan diri. anda bisa belajar sambil mendengarkan musik tapi tetap serius belajar. kadang ada siswa yang tidak suka kebisingan maka tipe ini tepat sekali belajar di tempat yang keheningannya rendah (menyepi).

    5. Persiapkan Senjata Anda dan Hadapi

    siapkan semua keperluan anda saat ujian datang, pensil, kartu ujian, dan pastikan tidak ada yang ketinggalan. ketika anda keluar dari rumah hilangkan beban pikiran jangan lagi beban ada dipikiran anda karena itu bisa mengganggu pikiran ketika menghadapi soal.

    SUKSES UJIAN NASIONAL TANPA STRESS

    ujian nasional merupakan momok tersendiri bagi pelajar, mereka menganggap sebagai beban yang berat untuk bisa dilalui. krisis tidak percaya diri menjangkiti para pelajar ini. terkadang hasil try out yang kurang memuaskan dan cenderung tidak lulus semakin membuat mereka stress. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi untuk anda para pelajar atau wali dan guru dari para pelajar dimana mungkin Tips ini dapat diserap dengan baik dan bisa jadi acuan untuk menghadapi UAN.

    Pada prinsipnya jika pelajar mengalami ketegangan di saat UAN maka ia tidak bisa mengakses pikiran bawah sadarnya karena pintu sekat antara pikiran sadar dan bawah sadar menjadi tertutup rapat. pikiran bawah sadar menyimpan apa saja yang telah mereka pelajari. Jika gudang penyimpanan informasi ini terkunci maka ia tidak bisa masuk dan mengambil seuatu yang dibutuhkan.

    Begitulah gambaran singkat mengenai pikiran, untuk mengakses apa yang telah tersimpan di memory maka cara yang paling efektif untuk pelajar adalah bagaimana mereka bisa mengkoordinasikan dirinya dalam keadaan tenang dan relaks santai saat menjalani ujian. Banyak cara bisa dilakukan termasuk dengan Hypnoteraphy. dalam kesempatan ini saya berikan tips saat anda atau putra-putri anda akan menjalani ujian. Berikut Tipsnya:

    1. Gunakan waktu sebaik mungkin

    Mumpung masih ada waktu, lakukan visualisasi, imajinasi atau gambaran mengenai kelulusan sesering mungkin, bayangkan betapa senangnya jika anda lulus. jika anda membayangkannya maka semangati diri anda untuk memanfaatkan waktu berusaha menggapai kelulusan itu.

    2. Buat Istirahat yang Cukup

    Saat besok menjalani ujian maka usahakan tidur dan istirahat yang cukup agar tubuh anda rileks besoknya dan anda siap bertempur.

    3. buat diri anda rileks sebelum ujian

    sebelum memasuki ujian minum air putih yang cukup karena "Otak membutuhkan cairan dan oksigen" tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan untuk membuat pikiran menjadi rileks.

    4. buat diri anda rileks pada saat ujian

    Bukan cuman sebelum ujian anda harus merilekskan diri maka pada saat ujian juga anda harus tetap rileks. di saat mengalami kebuntuan dalam menjawab soal maka buat pikiran rileks dengan tarik nafas panjang dan hembuskan perlahan. serta gerakkan otot pergelangan tangan dan kaki untuk membuat tubuh anda santai.

    5. Always Smile

    buat Senyum dibibir walaupun dipaksa, kegiatan ini akan membantu pikiran menjadi rileks. penelitian membuktikan disaat orang tersenyum maka tubuh akan mengeluarkan endorfin yaitu zat penenang alami.

    Cukup sekian tips Ujian Nasional Tanpa Stress dan Sukses yang bisa saya share untuk anda semua semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membaca tips-tips lainnya yang berkaitan dengan kesuksesan baik untuk pelajar ataupun pengusaha.

    Source: http://jumadil-awal.com/teknik-mempersiapkan-kedatangan-ujian-nasional-tanpa-stress-dan-sukses.html
     
  2. sepedapancal

    sepedapancal Member

    Joined:
    Jan 13, 2015
    Messages:
    280
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    selain melakukan tips diatas..
    diimbangi dengan beribadah dan berdoa..agar lancar saat ujian nasional :D
     
  3. profhariz

    profhariz Member

    Joined:
    Jun 25, 2013
    Messages:
    86
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Selalu berdoa semoga Allah permudahkan. itu sudah semestinya lebih baik
     
  4. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    100
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Thanks atas sharingnya... sepertinya persiapan matang sebelum hari H ujian Nasional akan sangat membantu siswa dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional.
     
Loading...

Share This Page