Mengapa bumi kita semakin panas, mungkin ini alasannya

Discussion in 'Science' started by kampusbio, May 3, 2015.

  1. kampusbio

    kampusbio Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    108
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    (global warming) adalah peningkatan suhu rata – rata di seluruh permukaan bumi pada bagian atmosfir, bagian laut maupun di daratan bumi. Dari hasil penelitian ternyata bumi telah mengalami meningkatan suhu hingga 0,18 derajat celcius dalam 100 tahun terakhir. Peningkatan suhu bumi mulai terjadi sejak awal abad ke 20 yang disebabkan karena meningkatnya zat gas rumah kaca sebagai akibt dari aktivitas manusia. peningkatan suhu permukaan bumi dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut, perubahan cuaca yang ekstrim, terjadi perubahan jumlah dan pola presipitasi. Dampak panasnya suhu bumi yang sangat nampak adalah hasil pertanian yang kurang bagus, gletser di kutub menghilang serta beberapa jenis hewan mengalami kepunahan. Sunhu yang tinggi ini sudah mulai menjadi masalah serius dunia sehingga negara – negara di dunia mulai mengatur penggunaan emisi gas – gas rumah kaca. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya protokol kyoto untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

    Penyebab bumi menjadi semakin panas

    1. Penggunaan listrik berlebihan

    Penggunaan listrik yang terlalu banyak dirumah bahkan untuk hal – hal yang tidak terlalu perlu sering dilakukan di rumah. semakin banyak alat elektronik di rumah maka penggunaan listrik akan semakin banyak. Akibatnya energi yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik juga semakin banyak. Walaupun kita sanggup membayar listrik tersebut tetapi penggunaan energinya yang semakin banyak dapat meningkatkan suhu bumi. Oleh karena itu pihak PLN sering menghimbau untuk menghemat energi listrik.

    2. Kurangnya pepohonan

    Pepohonan memberikan banyak peran bagi lingkungan, selain dapat membuat lingkungan menjadi sejuk, ternyata pohon juga dapat menjadi alat untuk mengatasi suhu panas dan menghirup Co2 yang menjadi salah satu penyebab peningkatan suhu bumi. Menanam pohon dirumah memang lebih sulit dilakukan saat ini karena mahalnya tanah sehingga pekarangan menjadi kecil dan sempit. Sulit sekali kita melihat warga perkotaan yang menanam pohon di depan rumahnya karena sempitnya lahan.

    3. Banyaknya bangunan menggunakan konsep rumah kaca.

    Rumah kaca memang terlihat lebih indah, belakangan ini terlihat banyak sekali gedung tinggi yang menggunakan konsep rumah kaca pada dindingnya. Dampak yang ditimbulkannya adalah ia tidak dapat menyerap matahari melainkan memantulkanya ke udara. Semakin banyak gedung dengan konsep rumah kaca maka akan semakin panas lingkungan ini.


    Penyebab peningkatan suhu bumi dari lingkungan masyarakat

    1. Jumlah kendaraan yang meningkat

    Jumlah kendaraan yang ada di dunia selalu bertambah sehingga penggunaan bahan bakar juga akan meningkat. Hasil pembakaran kendaraan bermotor selain dapat mengganggu kesehatan juga dapat menyebabkan peningkatan suhu bumi. Selain itu pasokan energi dunia akan cepat habis. Efek dari peningkatan kendaraan juga menimbulkan kemacetan yang merupakan masalah di kota – kota besar.

    2. Asap pabrik

    Adanya pabrik di seluruh dunia memberikan dampak kesejahteraan karena melahirkan lapangan pekerjaan baru, tetapi asap yang dikeluarkan setiap harinya


    3. Pembakaran hutan

    Pembakaran hutan biasanya dilakukan untuk membuka lahan baru untuk pertanian, tetapi sering pula ditemukan pembakaran hutan secara ilegal sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari hutan yaitu untuk mengambil gas CO2, masalah lain yang muncul adalah serignya terjadi banjir.

    Penyebab peningkatan suhu bumi dari alam.

    1. kondisi laposan ozon yang semakin tipis.

    Lapisan ozon bermanfaat untuk melindungi penduduk bumi dengan cara memfilter sinar matahari agar gelombang yang berbahaya tidak sampai ke bumi. tetapi karena banyaknya gas yang berada di udara menyebabkan kebocoran pada lapisan ozon. Kebocoran ozon terjadi setiap saat sementara proses pengembaliannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Mungkin suatu saat lapisan ozon akan benar – benar hilang.

    2. Kondisi bumi yang tua

    Usia bumi diperkirakan dsudah mencapai 4,6 milyar. dan bumi ini telah di hidupi oleh beberapa generasi mulai dari nabi adam hingga abad 21 sudah tidak terhitung jumlahnya.

    Penyebab peningkatan suhu bumi dari pemerintah.



    1. Kurangnya ruang terbuka hijau di perkotaan

    Ruang terbuka hijau sebanarnya adalah kebutuna utama bagi masyarakat terutama perkotaan. ruang terbuka hijau dapat menjadi tempat rekreasi keluarga di akhir pekan. selain itu dapat berperan pengendalikan banjir dan mengurangi zat penyebabnya. Pada kenyataannya hingga saat ini sulit kita temukan ruang terbuka hijau terutama di kota – kota besar.

    2. Peningatan jumlah kendaraan bermotor

    Peningkatan jumlah kendaraan bermotor tidak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor. selain itu, minimnya sarana transportasi massal membuat masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Peningkatan kendaraan pribadi dapat meningkatkan gas co2 ke udara.

    Akibat dari peningkatan suhu bumi

    1. Dampak pada daerah kutub

    Es yang terdapat di daerah kutub utara akan memanas lebih cepat dibandingkan daerah lainnya di bumi sehingga gunung – gunung es yang terdapat di sana akan mencair dalam waktu yang cepat, daratan akan menyempit karena tertutup air, daerah atau negara yang biasanya mengalami hujan salju tidak akan mengalami salju lagi, pegunungan yang biasanya tertutup salju akan mencair saljunya. Banyak pantai dan pulau yang akan tenggelam.


    2. Dampak pada lautan

    Pada daerah lautan akan mengalami peningkatan tinggi air laut karena mencairnya es. Kenaikan air laut yang mencapai bagian sungai dapat menyebabkan banjir air pasang, sehingga akan mempengaruhi ekosistem pantai. banyak pulau dan pantai yang akan tenggelam.

    3. Dampak pada pertanian.

    Pada wilayah pertanian. beberapa negara akan diuntungkan daripeningkatan suhu bumi karena akan mengalami curah hujan yang lebih tinggi dan masa tanam lebih lama, tetapi bagi masyarakat daerah gurun yang menggunakan air irigasi dari daerah gurun akan merugi karena salju akan lebih cepat mencair sebelum masa tanam sehingga tanaman tidak akan bisa tumbuh.

    4. Dampak pada hewan dan tumuhan

    Hewan dan tumbuhan adalah maklhuk yang tidak berdaya menghadapipeningkatan suhu bumi, mereka akan sulit untuk berpindah terutama tanaman. Tanaman akan tetap berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan tetapi pada akhirnya juga tidak akan mampu menghadapi cuaca ekstrim. demikian pula dengan hewan akan kehabisan makanan dan melakukan migrasi ke tempat lain untuk mencari sumber makanan. Pada akhirnya hewan dan tumbuhan akan mengalami kepunahan karena sulit bertahan hidup.

    5. Dampak terhadap kesehatan manusia

    Banyak manusia akan mudah terkena penyakit menular dan berbahaya seperti demam berdarah dan malaria. banyak manusia meninggal karena mengalami dehidrasi tinggi. Terlalu banyak polutan sehingga penyakit alergi mudah dialami manusia. Penyakit pada kondisi tropis juga akan sering dialami manunia seperti demam kuning. Munculnya kanker kulit karena sinar UV, terjadi katarak, dan pelemahan sistem kekebalan tubuh.

    peningkatan suhu bumi diawali dari cahaya matahari yang menyinari bumi, panas yang dihasilkan cahaya matahari akan diserap oleh bumi tetapi hanya sebagian saja sedangkan yang tidak di serap akan di kembalikan lagi ke luang angkasa (atmosfir). namun karena di atmosfir banyak gas penyebab efek rumah kaca seperti gas sulfur dioksida SO2, gas karbon dioksida (CO2), dan metana, uap air dan masih banyak lagi menyebabkan panas matahari tidak dapat keluar dari permukaan bumi dan terperangkap sehingga panas matahari akan memantul ke bumi lagi. Hal itu terjadi secara terus – menerus setiap hari. Semakin banyak panas matahari yang masuk ke bumi maka semakin banyak gas yang tidak dapat dikembalikan k atmosfir menyebabkan bumi semakin panas


    Cara mengatasinya

    1. mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu

    penggunaan listrik berlebihan dapat memicu peningkatan karbondioksida, maka sebaiknya anda mematikan lampu disaat tidur malam hari. gunakakan peralatan listrik yang hemat energi seperti lampu LED.

    2. Hindari membuang sampah organik sembarangan karena sampah – sampah

    3. Tingkatkan jumlah pohon di rumah

    Sebaiknya setiap rumah menama pohon yang dapat hidup bertahun – tahun untuk membantu mengunakan karbondioksida dalam proses fotosintesis.

    4. Rutin melakukan perawatan kendaraan. Kendaraan yang terawat dengan baik maka pembuangan gasnya akan baik pula sehingga tidak menghasilkan gas yang berbahaya, bila terdapat kerusakan pada saringan pembuangan segera perbaiki.

    5. Ubah kebiasaan berkendara.

    Bila anda tidak terburu – buru maka sebaiknya anda berjalan kaki ke tempat lain, atau anda dapat membeli sepeda untuk bepergian jarak dekat, selain hemat energi juga dapat menghemat biaya.

    Sumber asli : Pemanasan global
     
  2. kaira08

    kaira08 New Member

    Joined:
    Apr 7, 2015
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Apakah ini pertanda bahwa bumi akan segera mengalami kerusakan parah dan terjadi kepunahan masal?
     
  3. lesakong

    lesakong New Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kemungkinan besar "iya". Karena jika dilihat dari sisi perkembangan dan perubahan yang terjadi, saat ini hampir 70% kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan uang, merusak ekosistem dan memperparah keadaan di bumi, jadi suatu saat jangan kaget kalau bumi akan gersang atau bahkan bumi akan menjadi tempat yang beracun karena dipenuhi segelintir orang yang hanya mau memperkaya diri tanpa menghiraukan lingkungan.
     
  4. Yudi18

    Yudi18 New Member

    Joined:
    Jun 17, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    populasi makin mbuladak,, tanah banyak yang jadi perumahan. pohonnnya banyak yang di babat
     
  5. sosialisasi

    sosialisasi New Member

    Joined:
    Jun 16, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selain bumi yang sudah tua tapi karna efek ketamakan manusia juga gan :)
     
  6. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    848
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    yupps benre bangt gan ..
    keserakahan nomer satu
     
Loading...

Share This Page