Tips menjaga kesehatan jantung

Discussion in 'Health & Medical' started by tikars, Jan 20, 2014.

  1. tikars

    tikars Member

    Joined:
    Oct 7, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Tips menjaga Kesehatan Jantung – Jantung adalah bagian paling utama di dalam tubuh kita, semenit saja jantung berhenti berdetak maka matilah kita. Banyak orang yang terkena penyakit jantung berujung pada kematian, berbagai proses pengobatan tidak dapat menyembuhkan penyakit jantung. Untuk mencegah terkena penyakit jantung sebaiknya dilakukan sejak dini dan dimulai dari sekarang.
    [​IMG]
    1. Melakukan olahraga secara teratur

    Olahraga yang teratur dapat membantu membuat kondisi jantung tetap sehat dan prima. Hal ini disebabkan jantung menjadi terbiasa untuk bekerja mengalirkan darah ke seluruh tubuh, selain itu olahraga juga membuat tubuh memiliki berat badan yang tetap seimbang sehingga tidak membuat beban jantung bertambah.



    2. Banyak mengonsumsi makanan sehat

    Sangat banyak sekali makanan yang enak rasanya, tetapi tidak semua makanan tersebut menyehatkan bagi tubuh terutama bagi jantung anda. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung tinggi protein, dan vitamin serta zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari banyak mengonsumsi daging karena dapat menumpuk membentuk lemak di dalam tubuh dan memberatkan kerja jantung anda.



    3. Hindari rokok

    Rokok adalah salah satu penyebab utama masalah pada jantung anda. Bila anda seorang perokok berat maka berusahalah untuk mengurangi jumlahnya sampai benar – benar tidak lagi. Rokok dapat mempengaruhi pembuluh darah dan jantung anda.



    4. Rajin memeriksa kesehatan jantung

    Sebaiknya anda mendeteksi sejak dini masalah yang bisa ditimbulkan dari jantung. Anda dapat mengunjungi dokter untuk konsultasi kesehatan jantung anda dan mendapatkan saran – saran untuk kesehatan jantung anda kedepannya.



    5. Hindari alkohol

    Alkohol adalah minuman yang tidak dapat dicerna oleh tubuh anda. Bila meminumnya dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada jantung anda.



    6. Perbanyak konsumsi sayuran

    Walaupun rasa sayuran tidak seenak daging dan ikan tetapi makan banyak sayuran ternyata dapat mengurangi keinginan anda untuk makan daging sehingga kolesterol anda dapat dikurangi.



    7. Hindari jajan diluar

    Sebaiknya anda membuat makanan khusus anda sendiri, sebab makanan sendiri dapat anda kontrol kandungan gizi untuk kebutuhan anda. Makanan yang dijual di luar rumah tidak memperhitungkan aspek tersebut.



    8. Tidur yang cukup

    Kurang tidur saat malam hari ternyata mempengaruhi kinerja jantung anda. Kurang tidur saat malam hari membuat anda beresiko terkena serangan jantung hingga 2 kali lipat.

    sumber
     
  2. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    bermanfaat banget nih, thanks

    bermanfaat banget nih, thanks infonya
     
  3. Leti Latifah

    Leti Latifah New Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
Loading...

Share This Page