Alasan Kenapa Google Analytics itu Penting

Discussion in 'General Internet' started by JaringanHosting, Jun 3, 2015.

?

Sudahkan Aden Mengoptimalkan Google Analytics /

  1. Sudah

    6 vote(s)
    50.0%
  2. Belum

    6 vote(s)
    50.0%
  1. Retno Loragon

    Retno Loragon Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Saya belum sepenuhnya memanfaatkan Analytic Om, artikel ini jadi reminder buat saya *berkeringat*
     
  2. sebeningembun

    sebeningembun Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    74
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    pernah nyoba make google analitycs tapi ngebingungin xixixi..
    mungkin karena dah terbiasa make histats yang simpel.. akhirnya balik ke histats ajalah gak mau pusing2 :)
     
  3. Abdul Munib

    Abdul Munib Member

    Joined:
    Dec 12, 2014
    Messages:
    133
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Saya kadang malah malas buka Analytic. hehe.
     
  4. wilian adi nata

    wilian adi nata Member

    Joined:
    Jun 6, 2015
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  5. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    betul kang , saya tidak begitu paham apa itu google analitycs , apa itu verifikasi webmaster , yang saya perhatikan adalah kata-kata google " berikanlah yang terbaik untuk user" sebab search engine kini berusaha untuk menjadi seperti user , so yang saya kejar adalah good quality website dan Alhamdulillah semua keywords yang ane target pada betah di pejwan semua.
     
  6. Vitus

    Vitus Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    215
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Yang saya pahami laporan google analytics sangat powerfull digunakan untuk mengevaluasi dan mengoptimasi blog.
    Saya pengguna wordpress, untuk itu saya perlu menginstall plugin Google Analytics by Yoast agar laporan google analytics bisa sincron dengan data laporan webmaster.

    Bagi saya pribadi, analisis paling penting dalam mengoptiomasi blog adalah dengan menggunakan laporan google analytics dan laporan google webmaster kemudian akan digabungkan dengan whatsmyserp.com serta google keyword planner.

    Yang pertama, ketika kita memiliki blog, tentu kita daftarkan ke google analytics untuk mendapatkan ID, kemudian kita submit ke Webmaster untuk mendapatkan sitemap.

    Laporan perhari dalam satu bulan berjalan, diberikan oleh google analytics, dan laporan inilah yang biasanya saya gunakan untuk mengevaluasi dan mengoptimasi blog saya:
    1. Audience: dibagi dua, pengunjung baru dan pengunjung berulang. Sasaran kita adalah pengunjung berulang akan lebih banyak dari pengunjung baru, karena pengunjung berulang inilah yang sesungguhnya menjadi pelanggan yang akan menghasilkan transaksi bisnis buat kita. Karena seseorang butuh 7-12 kali kunjungan agar yakin untuk bertransaksi. Dari laporan google analytics akan kita peroleh berapa kunjungan tertinggi dan berapa kunjungan terendah, sehingga kita tahu rata-rata kunjungan kita selama sebulan, hal ini bisa kita gunakan untuk merencanakan perbaikan dan promosi, atau kapan kita akan efektif untuk menggunakan autoresponder di blog kita.
    2. Rata-rata durasi perkunjungan, hal ini menunjukkan seberapa lama seorang pengunjung bertahan di blog kita, tentu semakin lama akan smeakin baik, karena berarti pengunjung betah membaca artikel yang ada. Jika rata-rata masih di bawah dua menit, maka masih ada hal yang perlu kita perbaiki di blog kita.
    3. Bounce Rate, yakni laporan persentasi jumlah pengunjung yang tidak jadi berinteraksi dengan blog kita pada klik pertama kali. Bounce rate yang ditoleransi antara 30-70%. Maka jika bounce rate semakin tinggi maka semakin banyak hal yang perlu kita evaluasi. Mungkin karena loading blog yang lambat, banyak penyebabnya, bisa karena respon server yang lambat, bisa karena ukuran gambar yang besar, atau karena terlalu banyak plugin dan widget
    4. Sumber kunjungan; dilihat di data Source/medium semakin banyak semakin baik, namun inti laporan yang mau digunakan adalah memperbanyak kunjungan dari google, karena inilah yang diakui sebagai kunjungan organik. Maka selanjutnya kita lihat di menu Channel, sudah berapa persen sumber kunjungan organik.
    5. Keyword Organik; semakin banyak semakin baik, artinya artikel kita semakin banyak dikunjungi dari google search, artinya pengunjung menemukan blog kita karena menuliskan keyword di google search
    6. Keyword organik inilah yang akan kita optimasi dengan menggunakan whatmyserp, sudah diposisi berapa keyword tersebut di google search, sasarannya adalah menempati urutan 10 besar. Selanjutnya jika belum berada diurutan 10 besar, akan kita evaluasi dengan menggunakan google keyword planner, apakah keyword tersebut banyak pencarinya atau tidak, jika memang banyak, maka kita cari keyword turunan yang banyak dicari untuk membuat artikel yang baru, sebagai dukungan terhadap keywaord utama yang sudah menghasilkan kunjungan sesuai laporan google analytics.
    Oh ya, laporan Organic Keyword di GoogleAnalytics adalah yang sudah riel menghasilkan klik atau kunjungan, sedangkan laporan Search Queries di menu Search analytics Google Webmaster belum tentu menghasilkan klik, maka laporan google analyticslah yang paling akurat untuk dijadikan evaluasi untuk optimasi blog kita.

    Maka laporan Google Analytics, dipadukan dengan Laporan Google Webmaster, Dibandingkan dengan Laporan Whatsmyserp, dan diperbandingkan dengan Laporan Google Keyword Planner, akan sangat powerfull dalam mengevaluasi dan mengoptimasi blog yang kita miliki. Inilah standar dasar evalusi kinerja blog yang saya lakukan selama ini.

    Salam ecommerce.
     
  7. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    iya via mobile juga enak kok, bisa dilakukan di mana saja :)

    wah sudah ditambahi ilmu lagi sama den @Vitus :D
     
  8. etnikcantik

    etnikcantik Member

    Joined:
    Dec 10, 2014
    Messages:
    88
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  9. sayos

    sayos Member

    Joined:
    Sep 3, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    sejak ngeblog 2007 belum pernah pakai google analytic.. cuman pakai statcounter
     
  10. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,151
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    48
    pakek tapi jarang dibuka wkw
     
  11. cekgurizal

    cekgurizal New Member

    Joined:
    May 7, 2014
    Messages:
    11
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Ane malah gak tau bijimane gunainnya.. heheh..
     
Loading...

Share This Page