Tips Memilih Genset Untuk Rumah Tangga

Discussion in 'General Business' started by diinxcom1, May 11, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. diinxcom1

    diinxcom1 New Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tips cara memilih genset yang bagus untuk rumah. Genset atau generator listrik merupakan peralatan listrik yang cukup dibutuhkan terutama saat listrik mati. Sekarang ini cukup banyak pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN baik yang dadakan taupun yang sudah direncanakan seperti pemadaman bergilir ataupun perbaikan fasilitas listrik yang lain. Hal ini cukup mengganggu bagi kehidupan sehari hari karena banyak sekali aktivitas kita yang sangat tergantung dengan peralatan yang hanya bisa dinyalakan dengan listrik. Membeli genset merupakan salah satu alternatif agar kegiatan sehari hari bisa berjalan norrmal meskipun listrik mati.

    Banyak orang yang membutuhkan genset dan ingin sekali membeli genset, tapi terkendala dengan pengetahuan yang minim tentang produk genset, karena sekarang cukup banyak jenis dan harga genset yang ditawarkan di toko toko, jika tidak cermat memilih maka kita bisa saja membeli genset yang memiliki kualitas rendah dan akhirnya mengecewakan karane cepat rusak, suara yang berisik, asap yang tebal dan lain lain. Berikut beberapa tips cara memilih genset yang bagus untuk rumah tangga:

    Tentukan Kebutuhan Listrik Rumah Anda dan Tujuan Membeli Genset: Tentukan peralatan apa saja yang akan anda gunakan saat listrik mati atau saat anda menggunakan genset. Jika anda hanya ingin beberapa peralatan penting saja yang akan dinyalakan, seperti, lampu , tv, kulkas, pompa air saja, maka anda bisa membeli genset dengan kapasitas watt yang lebih rendah dari kapasitas listrik rumah anda. Tapi jika anda ingin agar semua peralatan listrik di rumah anda bisa bekerja maksimal seperti anda memakai listrik PLN, Belilah genset dengan kapasitas watt lebih tinggi dari kva listrik rumah anda.

    Pilih jenis genset sesaui kebutuhan anda: Pada dasarnya ada 2 jenis genset yang digunakan untuk perumahan yaitu; Standby genset/genset permanen dan Portabel genset.

    Standby genset adalah genset yang dipasang secara permanen di rumah anda, genset jenis ini biasanya berfungsi otomatis , saat listrik mati otomatis genset akan bekerja dan pada saat listrik menyala otomatis genset tidak bekerja. genset jenis ii biasanya berbahan bakar gas, jika di rumah anda sudah memiliki saluran gas sendiri, mungkin genset jenis ini cocok untuk dipasang di rumah anda. Memang jenis genset ini belum banyak tersedia di indonesia karena harganya yang cukup mahal yaitu diatas 10 juta rupiah.

    Standby genset /genset permanen ini memiliki beberapa kelebihan, seperti mudah dioperasikan karena sudah menggunakan peralatan yang otomatis, lebih aman, karena ditempatkan di tempat khusus secara permanen, dan memiliki suara yang tidak berisik, sehingga lebih nyaman buat anda dan lingkungan sekitar. Kekurangannya adalah harganya yang mahal dan tidak bisa dibawa kemana mana.

    Genset portabel cukup populer di indonesia karena harganya yang cukup murah dan mudah didapat. Kelebihan genset portable adalah bisa ditempatkan dimana saj dan bisa dibawa jika anda ingin melakukan aktifitas di luar yang mebutuhkan listrik. genset jenis ini biasanya menggunakan bahan bakar bensin ataupun solar. Sedangkan kekurangan genset jenis ini adalah biasanya suaranya yang agak berisik dan pengoperasian yang agak sulit karena masih menggunakan engkol. Ada juga jenis genset portabel yang memiliki suara yang tidak berisik / silent genset dan juga menggunakan starter elektrik tapi harganya cukup mahal. Jika anda ingin mebeli genset portabel, pilihlah genset yang menghasilkan suara rendah atau silent genset.

    Pilih merk atau type genset yang banyak direkomendasikan orang. Carilah informasi di internet atau media lain mengenai merk atau type genset tertentu, carilah informasi sebanyak banyaknya, bandingkan dengan yang lain, baca review atau complain mengenai genset tersebut. Periksa juga garansi yang diberikan dan ketersediaan distribotur atau service senter genset tersebut.

    Sebelum anda mengoperasikan genset sebaiknya perhatikan faktor keamananya, Jangan sekali kali memasang genset di dalam rumah, karena hasil pembakaran genset berupa gas CO atau karbon monoksida beracun dan bisa membahayakan nyawa manusia. Letakkan genset di luar rumah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Lindingilah genset anda dari terkena sinar matahari langsung dan hujan.

    Berikut tips tambahan dalam memilih genset yang perlu anda simak sebelum berburu genset: Hitung kebutuhan daya listrik saat darurat di rumah anda. Jangan mengambil patokan dari daya listrik yang saati ini terpasang di rumah anda. Saat darurat gunakan listrik hanya untuk hal-hal yang penting seperti lampu utama, kulkas, atau pompa air. Sebagian orang mungkin akan memasukkan komputer, televisi, peralatan ikan hias, atau AC sebagai hal yang dimasukkan dalam kalkulasi mereka.

    Pilih genset dengan daya sedikit lebih tinggi dari kebutuhan daya listrik saat darurat. Di pasaran tersedia genset dengan daya bervariasi 500 watt, 1000 watt, 1200 watt, dll. Pilih yang paling tepat sesuai dengan kalkulasi kebutuhan daya listrik anda saat darurat.

    Kenali cara penyalaan genset. Ada 2 cara penyalaan genset yang umum dijumpai yaitu starter seperti menyalakan motor atau recoil yang perlu ditarik/diengkol menggunakan tuas. Biasanya genset dengan starter hanya tersedia untuk daya di atas 4000 watt.

    Cermati bahan bakar yang diperlukan untuk pengoperasian genset.Bensin dan solar adalah bahan bakar utama untuk menjalankan genset. Umumnya solar digunakan pada genset dengan kapasitas daya listrik yang besar. Sediakan waktu yang cukup untuk mencari informasi mengenai merek, kualitas, dan harga genset yang ada di pasaran. Saat ini internet dapat sangat membantu kita mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Tak jarang kita bisa membeli barang secara online tanpa perlu susah payah meluangkan waktu ke toko peralatan rumah tangga. Bandingkan beberapa produk sebelum anda memutuskan memilih yang paling tepat untuk rumah anda. Memilih genset hanya karena murah tanpa mempertimbangkan kualitas sudah tentu bukan hal yang bijaksana. Sebagian orang mungkin belum memandang perlu membeli genset dengan berbagai alasan. Misalnya tak punya ruang terbuka untuk meletakkan genset, masih bisa bertoleransi saat listrik mati, ataupun merasa kesulitan untuk mengoperasikan dan merawat genset. Bagi anda yang berencana membeli genset, anda perlu juga memperhatikan tips merawat dan menyalakan genset agar alat ini dapat selalu berfungsi saat anda butuhkan. Pastikan anda mengikuti tips memilih genset di atas agar tak salah pilih. Berikut ini adalah tautan ke situs jual genset murah dan situs jual genset berkualitas.
     
  2. amel00

    amel00 New Member

    Joined:
    May 19, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setelah membaca artikel yang anda buat, saya jadi tertarik untuk memiliki genset untuk rumah tangga seperti yang anda sampaikan. Berapa harga genset yang cocok untuk dimiliki oleh rumah tangga ?
     
  3. rafa04

    rafa04 New Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalau ane sih pilih genset silent gan. Biar gak ganggu tetangga di kiri dan kanan heheh terus kalau bisa pilih kapasitas gensetnya yang besar, jaga2 kalau lama mati lampunya.
     
  4. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    250
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Pake genset emang salah jalan keluar agar kegiatan sehari hari tetep normal walau tanpa PLN
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page