Memahami Permainan Master Catur

Discussion in 'General Sports' started by bayu santoso widodo, Jun 10, 2015.

  1. bayu santoso widodo

    bayu santoso widodo New Member

    Joined:
    May 17, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    - Taukah anda seberapa sedikit orang yang bermain catur mendapat gelar master. Yup, jawabannya adalah sangat sedikit. Bahkan faktanya adalah, hanya dua persen dari semua orang yang belajar secara serius menjadi master. Mengapa?


    Katakanlah sobat belajar permainan catur secara serius. Sobat sudah latihan setiap hari dengan teratur, sobat sudah membaca buku catur bahkan mengulang-ngulanginya. Sobat sudah mencari informasi di internet, membokmark halaman situs catur dan lain-lain. Tapi semua itu tidak membantu sobat untuk menjadi master.

    Jawabannya tidaklah misterius. Alasan utamanya adalah skill yang sobat ketahui bisa meningkatkan kemampuan catur sobat seperti taktikal skill, pemahaman mengenai permainan akhir, prinsip-prinsip utama catur, dan lain-lain hampir tidak ada pengaruhnya bagi sobat untuk dapat mendekati level master. Wow, sobat berpikir mungkin saya bercanda, tapi itulah faktanya.

    Tentu saja kemampuan-kemampuan di atas diperlukan untuk bisa mendapatkan level dimana sobat sekarang berada. Namun memiliki kemampuan taktik yang bagus atau sangat bagus tidak menjamin peningkatan level bermain sobat. Lantas apa yang bisa membuat orang menjadi master catur. Skill kalkulasi? Pengalaman, atau bahkan bakat alami seperti memiliki memori yang bagus. Hal-hal seperti itu bukanlah hal yang membuat orang dapat menjadi master catur. Itu hanyalah dasar permainan catur.

    Yang perlu sobat pahami master catur merupakan pemain catur elit. Cara bermainnya sulit di mengerti oleh pecatur amatir. Lantas jika level mereka setinggi itu dapatkah kita mencapai nya. Itu tergantung materi latihan sobat. Andrew Soltis (2012) dalam bukunya "What it takes to become a chess master" merangkum sembilan hal yang wajib dipenuhi untuk dapat mencapai level master. Level master yang dimaksud meliputi Grandmaster ( GM ), FIDE Master ( FM ), International Master ( IM ), dan National Master ( NM). Sembilah hal tersebut meliputi
    1. What Matters Most
    2. Habits
    3. Little Tactics
    4. More
    5. Sense
    6. Winnability
    7. Easier
    8. Comp
    9. Knowing
    Melihat sembilan hal di atas pasti membuat sobat sedikit bingung. OK, mari kita kupas satu persatu.
    1. What Matters Most
    Hal paling membedakan antara sobat dengan para master bukanlah kedalaman pemahaman pembukaan. Bukan juga mengenai skill permainan akhir. Skill untuk dapat mengkalkulasi lebih baik. Hal yang paling membedakan antara sobat dan master catur adalah mereka tau apa yang ia mau.

    Ya, saya yakin sobat juga tau yang sobat mau. Sobat mau membuat skak mat. Semua orang mau itu. Tapi skak hanya ada di langkah 20, 40 ataupun 60. Seorang master ketika melihat papan catur mereka tau posisi yang ia mau mainkan di beberapa langkah berikutnya.

    Pemain non master akan sulit untuk dapat melakukan ini. Karena mereka punya banyak hal yang perlu di pertimbangkan, seperti keselamatan raja, jumlah materi, petak lemah, out post untuk kuda dan lain-lain. Pemain master bisa memilih posisi apa yang mau ia mainkan karena ia dapat mengisolasi satu atau dua faktor yang penting pada posisi itu. Mereka tau Faktor yang Paling Utama. What Matters Most.
    2. Habits
    Permainan catur yang bagus datang dari kebiasaan yang bagus. Saya rasa sobat juga sudah memiliki beberapa kebiasaan yang baik dalam bermain catur. Contohnya yaitu ketika mau melangkah terlebih dahulu mengecek apakah ada blunder dalam langkah yang sobat pilih dan lain-lain. Yang membedakan dengan master catur mungkin sobat tidak terlalu menganggap serius tentang hal ini karena terdengar terlalu simpel.

    Para master menganggap kebiasaan merupakan sesuatu yang serius. Mereka mempelajari hal-hal yang baik dalam bermain catur, mengulang ngulanginya sehingga diharapkan menjadi suatu kebiasaan. Sebagai contoh:
    "Seorang master selalu mencari titik target"Hal yang paling mudah untuk mendapatkan langkah yang baik dalam suatu posisi tertentu adalah mencari target yang akan diserang. Sobat mungkin tidak bisa menyerang sekarang namun dengan adanya target sobat bisa memfokuskan serangan yang mungkin terlaksana di tiga atau lima langkah selanjutnya. Target menjadi penting karena target setara dengan inisiatif. Sobat tau sendiri akibatnya jika kalah inisiatif saat bermain permainan catur.
    "Seorang master akan selalu membuat buahnya berguna"Pernyataan ini terdengar simpel. Tapi justru itulah pembedanya. Seorang master tidak akan melangkahkan buahnya ke posisi yang membuatnya menjadi tidak berguna di permainan. Silahkan terjemahkan sendiri apa maksudnya. Mereka sangat konsisten dengan hal ini.

    Satu lagi kebiasaan yang perlu sobat miliki yaitu
    "Seorang master tidak akan mengkalkulasi lebih dari yang ia perlu kalkulasi"Pemain catur yang bagus akan dapat mengkalkulasi sangat baik dan dalam. Namun para master lebih praktikal. Mereka tau cara mengkalkulasi yang efisien dan tau sejauh apa ia perlu mengkalkulasi.
    3. Little Tactics
    Saya rasa sobat sudah tau apa itu taktik. Siapa yang tidak suka jika saat bermain sobat bisa melakukan pin, skewer atau bisa melakukan fork. Tetapi para master menggunakan taktik dengan cara yang berbeda. Mereka menggunakan langakah paksaan dan langkah yang bersifat posisional untuk mendapatkan yang ia inginkan. Mungkin efeknya tidak begitu terlihat. Tapi perlahan-lahan ia meningkatkan posisinya sehingga memudahkan ia bermain.

    Taktik kecil terlihat simpel dan pengaruhnya sulit dideteksi. Namun ini merupakan hal yang konsisten dilakukan para master saat bermain permainan catur. Contoh dari hal ini seperti meningkatkan posisi dari kuda atau gajah, melemahkan posisi dari bidak lawan dan memaksa menukar buah lawan yang berposisi bagus dengan buah kita yang berposisi jelek.
    4. More
    Ini merupakan satu kata yang memiliki arti yang sangat dalam. Para master selalu menginginkan hal yang lebih. Mereka dapat membedakan langkah yang baik, bagus dan terbaik. Saat mereka mendapatkan langkah yang akan dijalankan mereka tidah mudah menyerah dengan langkah itu. Mereka menginginkan lebih.

    Hal inilah mengapa terkadang para master setuju dengan hasil draw walaupun ia lebih unggul dari lawannya. Hanya karena ia tidak menemukan cara bagaimana memenangkan posisi itu.

    Baca 4 Poin berikutnya di artikel cara menjadi master catur
     
  2. chonan

    chonan New Member

    Joined:
    Jun 10, 2015
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    permainan catur nih kesukaan gue nih gan, dan informasi ini sangat lengkap dan mudah di pahami,besok ane realisasiin sama temen gw gan *belajar*
     
  3. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    725
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    udah lama gak main catur, kadang pas tiba2 main kepala serasa mau pecah kebanyakan mikir keras :D
     
  4. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Ane main catur sama komputer dikibulin mulu
     
  5. gunawanhye

    gunawanhye Member

    Joined:
    Apr 9, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ane jarang main catur, tapi ane bisa hehhehe
     
  6. hoshi

    hoshi Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    315
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Ga jago main catur gan :( liat-liat nama kode dari catur jadi tambah ga paham >_<
     
  7. bayu santoso widodo

    bayu santoso widodo New Member

    Joined:
    May 17, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    *senang* *senang**senang* Selamat berusaha gan..
     
  8. cepagaric

    cepagaric Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    67
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kadang suka aneh juga liat orang serius banget. giliran main butuh bermenit menit buat mikir. ane mah kalo maen ama temen cepat bertindak langsung ganti giliran
     
  9. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    aku gk jago maen catur.. kalah mulu..soal.e selalu terburu2 saat menjalankan bidak caturnya :(
     
  10. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    hmmm jadi ini tohh pahami ah biar menang catur... :D :D
     
Loading...

Share This Page