Pengertian Router

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by Yovi, Jun 25, 2015.

  1. Yovi

    Yovi Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    79
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian router. Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring. Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting yang telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router.

    Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN

    Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP.

    Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
     
    Iklan likes this.
  2. hoshi

    hoshi Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    315
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  3. tipsehat

    tipsehat Member

    Joined:
    Aug 20, 2014
    Messages:
    29
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Lumayan dapet ilmu baru..
    klo dikasih tahu sejarah, model2nya, cara settingnya juga mungkin akan lebih lengkap masgan "meskipun disini dlm konteks pengertian router"
     
  4. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    848
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    keinget jaman SMK jadinya ,,ixiix
     
  5. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    mikrotik ? kurang lebih seperti pasta gigi sama pepsodent apa bedanya coba ?
     
  6. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    belum kejawab ya den hoshi, tapi saya coba jawab router seperti yang dijelaskan oleh aden @Yovi, secara mudah adalah interface yang menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda IP (secara gampangnya ada satu jaringan mempunyai IP 192.168.1/24, sedang yang lainnya IP 172.168.1/24, nah untuk menghubungkan itu dua jaringan itu memakai router)
    sedangkan Mikrotik sebenarnya adalah nama perusahaan dan merek dagang, yang memproduksi alat jaringan seperti Router, Switch-Hub, dan lain sebagainya. Mikrotik, Cisco, Ubiquity ini beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan.

    Kira-kira begitu den penjelasannya
     
Loading...

Share This Page