10 Peluang Usaha Online Yang Dapat Anda Mulai Dari Rumah

Discussion in 'Online Business' started by kursitamu, Jul 15, 2015.

  1. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Berikut ini 10 ide peluang usaha online yang dapat Anda mulai dari rumah:

    1. Menjual aneka produk di situs jejaring sosial
    Membuka toko retail yang fokus pada ceruk pasar tertentu menjadi tren yang cukup populer semenjak munculnya jejaring sosial seperti Multiply dan Facebook. Anda dapat menjual produk-produk kecantikan, mainan, beraneka busana, item koleksi dan lain sebagainya. Pada dasarnya apa yang dapat dijualbelikan hanya tergantung dari imajinasi saja.

    2. Membangun situs otoritas
    Banyak orang yang memakai mesin pencari seperti Google berpuluh kali setiap harinya. Namun, satu hal yang membuat kebanyakan orang kecewa adalah sulitnya menemukan informasi berbobot. Bagi seorang entrepreneur, tentu saja ini kondisi ini menyalakan bohlam di benak mereka. Ide cemerlang pun bermunculan.

    Salah satunya adalah membangun situs otoritas. Situs portal yang mencoba menyediakan segala informasi membutuhkan biaya dan sumber daya yang sangat besar untuk memelihara standar kualitas. Tapi setiap orang dapat menargetkan satu ceruk pasar di mana kesempatan masih terbuka lebar, menjadi otoritas dan mendominasi pasar tersebut.

    3. Mengembangkan komunitas
    Contoh yang paling sederhana adalah forum, namun dengan hadirnya situs jejaring sosial tentu cakupannya menjadi lebih luas lagi. Forum umum akan segera menurun popularitasnya dengan munculnya banyak komunitas-komunitas kecil dengan anggota yang tertarget.

    Jika harus memilih bergabung dengan keramaian, di mana lawan bicara Anda belum tentu tertarik dengan topik yang ingin Anda utarakan, atau menjadi bagian dari kelompok yang saling mendukung satu sama lain dan berbagi minat… tentu semua orang akan memilih yang kedua. Komunitas kecil dan medium di mana satu anggota mendapat kesempatan untuk mengenal lebih jauh anggota lainnya akan menjadi faktor yang sangat berharga.

    4. Aktif di situs lelang
    Situs lelang seperti eBay dan situs-situs lelang lokal membuka kesempatan bagi siapa saja untuk memulai usaha sampingan dari rumah. Dengan peluang dropshipping yang ditawarkan oleh berbagai produsen dan distributor, model ini cukup populer karena biaya operasi dan modal yang relatif rendah.

    Bagi yang masih awam tentang istilah dropshipping, cara kerjanya sederhana sekali. Anda mencari pelanggan yang ingin membeli produk apa saja dan kemudian produsen atau distributor Anda akan mengirim produk atas nama Anda sebagai pengecer. Pelanggan tidak akan tahu bila Anda itu seorang pengecer. Tidak ada inventaris yang perlu dikuatirkan dan modal yang dibutuhkan praktis nol, atau sangat kecil.

    5. Menyediakan berbagai jasa
    Tidak terbatas pada produk, Internet memperbolehkan Anda menjual jasa. Dengan munculnya berbagai jenis projek yang tidak memiliki wujud fisik, maka semua dapat dikerjakan online. Bebebarapa contoh dari peluang ini adalah bisnis desain web dan grafis, menulis konten web, copywriting, menata dan memelihara situs e-commerce, software house, jasa pemasaran online, dan masih banyak lagi.

    Bahkan, untuk beberapa jasa yang memerlukan tatap muka dan melibatkan barang fisik, tetap saja operasinya dapat dilakukan melalui dunia maya. Dengan hadirnya teknologi video conference dan telepon gratis seperti Skype, tatap muka langsung dapat diminimalkan menjadi sebulan sekali misalnya. Dan bila ada dokumen yang harus dikirim, bisa menggunakan mesin pemindai agar dapat diemail, atau menggunakan jasa kurir.

    6. Blogging
    Sulit dibayangkan bagi sebagian orang, Anda dapat menulis dan berbagi cerita mengenai topik yang Anda sukai, lalu dari sana muncul berbagai kesempatan untuk menghasilkan uang. Tapi itulah kenyataannya. Blogger dapat menulis topik apa saja dari kuliner, wisata ke lokasi-lokasi unik, tips mengasuh anak, resep masakan… pada dasarnya topik apa saja.

    Kesempatan yang datang dapat berupa penawaran menulis buku, menulis dan menjual e-book online, menjadi pembicara untuk seminar dan workshop atau berbagi hasil dari iklan yang ditayangkan di situs Anda.

    7. Publikasi newsletter berkala
    Jika Anda sudah menggunakan Internet selama beberapa waktu, pasti segera menyadari sulitnya menemukan informasi bermutu saat memerlukannya. Dengan hadirnya banyak situs sampah di mesin pencari, banyaknya informasi yang tersedia tidak berarti apa-apa. Butuh sangat banyak waktu dan usaha untuk menyaring segala jenis informasi yang masuk. Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

    Itulah sebabnya bisnis publikasi kembali marak. Bedanya jenis publikasi ini semakin terpecah. Jika dulu suatu publikasi harus mencakup semua topik (seperti media massa tradisional), maka sekarang saatnya peluang terbuka untuk topik yang tertarget.

    Ini membuka kesempatan bagi pemain kecil untuk memasuki pasar. Dengan Internet, Anda dapat menjangkau pemirsa yang luas. Dilengkap dengan topik yang hangat dan berbobot, sangat mungkin mendapat sambutan yang baik dari komunitas, bahkan dibanding publikasi profesional. Kabar baiknya, Anda tidak butuh ratusan ribu pembaca agar dapat menjalankan usaha ini.

    8. Jasa konsultasi
    Jasa konsultasi dalam bentuk apa pun dapat menggunakan Internet untuk mencari prospek. Tambahan lagi, dengan munculnya berbagai bidang baru yang kebanyakan masih asing bagi perusahaan yang membutuhkannya, maka muncullah peluang jasa konsultasi baru.

    Sebagai catatan selama kurang dari dua dekade saja telah bermunculan berbagai profesi yang sama sekali tidak pernah ada sepanjang sejarah. Hal ini menyebabkan dibutuhkannya pelatihan dan konsultasi terutama bagi perusahaan yang ingin menjamah ranah baru ini. Beberapa contohnya adalah pelatihan media sosial untuk korporasi, konsultasi periklanan dan lead generation yang efektif dari Internet, optimasi situs web dan lain sebagainya.

    9. Perangkat lunak berbasis web
    Perkembangan teknologi sekarang ini sedang bergerak menuju apa yang kita namakan cloud computing, yakni komputasi berbasis awan. Sebagian besar aplikasi akan tersedia melalui Internet dan bukan dari komputer pemakai. Keuntungannya adalah dari mana pun Anda mengakses, data Anda akan selalu tersedia.

    Untuk software developer dan programmer, ini adalah peluang besar untuk memulai bisnis baru dan mendapatkan pelanggan secara nasional, atau bahkan internasional. Perangkat lunak tentu saja tidak dibatasi oleh aplikasi yang ada saat ini. Bisa jadi dikombinasikan dengan e-commerce, misalnya saja situs kumpuplan kupon belanja atau ulasan lokasi restoran dan sebagainya.

    Tentunya model bisnis untuk setiap jenis perangkat lunak yang ada berbeda-beda. Dengan kata lain satu peluang ini saja sebenarnya mencakup peluang bisnis yang sangat besar dan menguntungkan.

    10. Bisnis informasi
    Saya telah menyisakan yang terbaik sebagai penutup. Ini adalah salah satu model bisnis favorit saya karena rendahnya biaya, fleksibilitas dan potensi keuntungan yang besar. Pada dasarnya Anda hanya menuangkan apa yang telah Anda ketahui dalam paket informasi yang dapat dikonsumsi oleh publik.

    Beberapa format contoh produk informasi adalah e-book, audio digital (MP3), CD audio, DVD, pelatihan online (e-learning), sampai seminar dan workshop. Dengan teknologi yang ada saat ini, membuat produk informasi sangat mudah dan terjangkau tapi harga banderolnya disesuaikan dengan kualitas informasi yang dikandungnya, bukan materi fisiknya.

    Dengan sedikit riset, tentu Anda dengan mudah menemukan banyak marketer yang menjual e-book dan pelatihan dalam segala bidang… termasuk kebugaran, kesehatan, diet, pemasaran, bisnis, sampai kencan, pengembangan diri, masak memasak, pendidikan dan berkebun sekalipun. Jika Anda mengetahui sesuatu yang dibutuhkan orang lain, ini adalah kesempatan untuk menjangkau pemirsa Anda melalui Internet dan menarik untung yang besar.
     
    indrayasa likes this.
  2. sebeningembun

    sebeningembun Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    74
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    banyak juga yah ternyata peluang2 yang bisa dikembangkan dari online.
     
  3. Papa Kidung

    Papa Kidung Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    93
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Masih belajar.. mohon pencerahan..
     
  4. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,955
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Kebanyakan yang Nomer 6 gan kayaknya... hehehe ane jugak yang itu... yang terpenting kita kudu pinter-pinter cari peluang, dan berhati-hati juga di internet banyak kasus yg terjadi apa pun itu... *bagus*
     
  5. Dimas Anggara

    Dimas Anggara New Member

    Joined:
    Jul 15, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ijin nyimak gak..
    *bagus*
     
  6. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Cum kuncinya setia aja gan :D setia mantengin laptop sama setia berdoa hehehehehe
     
  7. mercy17

    mercy17 New Member

    Joined:
    Jan 15, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Untuk situs lelang lokal apa aja ya? ada yg bisa kasih info?
     
  8. ruslan58

    ruslan58 New Member

    Joined:
    Jul 15, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Karena itu saat ini Indonesia masih kekurangan entreprenenur muda dan berjiwa semangat yang tinggi, maunya serba instant dan cepat. Padahal tidak semudah itu, apabila dilakukan dengan konsisten, sabar, ulet dan pantang menyerah baru nanti hasilnya akan kelihatan
     
  9. Ahmad Sum

    Ahmad Sum New Member

    Joined:
    Jul 31, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Masih bingung gan berbisnis online yg mana yg bisa dipercaya
     
  10. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    957
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    Kalo menurut ane yang paling mudah blogging:D
     
  11. Papa Kidung

    Papa Kidung Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    93
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Publikasi newslatter gimana ya? Trims
     
  12. Gralivo

    Gralivo New Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yang paling mudah memang nomor 6, abis itu bisa main adsense. Atau paling mudah membuat jasa penulis konten artikel, itu sedang ramai, hehe..
     
  13. Bleu

    Bleu New Member

    Joined:
    Aug 9, 2015
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Paling enak memang ngeblog sih, waktu itu pernah coba desain logo dari hasil bloggin dan hasilnya lumayan
     
  14. kerdus

    kerdus New Member

    Joined:
    Jun 5, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
  15. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    hmmm. ngeblogging ane gak hasil hasil mas :( sdih lihatnya
     
  16. Xorvia

    Xorvia New Member

    Joined:
    Aug 16, 2015
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ngeblog itu ibarat cerita sehari hari dalam hidup, bisa jadi banyak yang suka kisah dalam hidup kamu
     
  17. jjf furniture

    jjf furniture New Member

    Joined:
    Aug 9, 2014
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  18. iskandar abadi

    iskandar abadi Member

    Joined:
    Jul 10, 2014
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Semua tergantung keahlian masing masing..
     
  19. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,354
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    48
    Kalau yang tidak berhubungan dengan dunia IT ada gak,,, soalnya gak semua orang bisa IT,,,
     
  20. ihsan mufthi

    ihsan mufthi Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    343
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    lengkap banget emang hal yang paling mudah bisa dimulai dari posting status jualan di jejaring sosial ,, dan yang paling penting jangan malu malu hehehe
     
Loading...

Share This Page