Jenis-Jenis Molekul Organik Besar (Makromolekul)

Discussion in 'Science' started by Kanggarda, Jul 30, 2015.

  1. Kanggarda

    Kanggarda Member

    Joined:
    Aug 20, 2013
    Messages:
    57
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Jenis-Jenis Molekul Organik Besar (Makromolekul) - Keempat jenis molekul organik besar sering dinamakan makromolekul
    yang terdiri atas protein, karbohidrat, lipid, dan asam nukleat. Di dalam ilmu biologi sendiri akan kita bahas tentang makromolekul ini di kelas X SMA, sehingga penting agar kita paham tentang makromolekul tersebut.

    Jenis-Jenis Molekul Organik Besar (Makromolekul)
    [​IMG]Ilustrasi Makromolekul

    1. Protein
    Tubuh kita sangat memerlukan zat protein. Apa fungsi protein bagi tubuh? Protein bertindak sebagai material pembangun, yaitu pada otot, kulit, dan rambut serta bisa berfungsi sebagai pengangkut molekul kecil, misalnya hemoglobin yang mengangkut O2 (Oksigen) Fungsi paling penting dari protein adalah sebagai katalis seluruh reaksi dalam sel (enzim-enzim).

    2. Karbohidrat
    Karbohidrat sangat diperlukan dalam tubuh kita. Ibarat “bahan bakar” dalam sebuah kendaraan, itulah kegunaan dari karbohidrat, yaitu akan menghasilkan energi bagi tubuh kita. Contoh karbohidrat adalah glukosa, selulosa, amilum, dan glikogen.

    3. Lipid
    Lipid merupakan senyawa yang dapat diekstraksi dari makhluk hidup dengan pelarut organik. Lipid ini mencakup berbagai ragam senyawa, termasuk lemak. Apa fungsi lemak? Salah satu jenis lipid adalah fosfolipid yang merupakan membran sel. Ada juga jenis lipid yang merupakan hormon seperti steroid, ada pula jenis lipid yang berfungsi sebagai pigmen seperti karotenoid.

    4. Asam Nukleat
    Asam nukleat merupakan senyawa polimer untuk sintesis protein yang spesifik, yaitu menyimpan informasi genetika yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Asam ini terdiri atas RNA dan DNA.

    Keempat jenis makromolekul sudah dipelajari, tetapi sel organisme masih mengandung sekitar 100 jenis molekul organik yang kecil. Beberapa contohnya, antara lain ATP (adenosin trifosfat) yang berfungsi sebagai satuan penyimpan energi kimia, misalnya pembakaran glukosa yang disimpan dalam bentuk molekul ATP. Contoh lain adalah vitamin-vitamin.

    sumber
     
  2. syahaulia

    syahaulia New Member

    Joined:
    Feb 12, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    saya makan banyak protein dari tahu dan ayam tapi otot saya ga besar-besar. :(
     
Loading...

Share This Page