Cara mengatasi insomnia secara alami

Discussion in 'Health & Medical' started by si cantik alami, Aug 5, 2015.

  1. si cantik alami

    si cantik alami New Member

    Joined:
    Aug 5, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kamu pasti pernah mengalami yang namanya insomnia alias nggak bisa tidur. Bagaimana rasanya? Tentunya jadi nggak nyaman banget ya. Tubuh terasa lelah dan tidak bertenaga karena tubuh kita tidak beristirahat dengan maksimal.

    Sebenarnya apa sih insomnia itu ? Menurut wikipedia, insomnia adalah adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur—walaupun ada kesempatan untuk itu dan biasanya insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan perilaku yang tidak sehat (seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang dan penggunaan kafein).

    Ada dua jenis insomnia :
    • Pertama adalah primary insomnia yaitu insomnia yang disebabkan oleh sesuatu yang tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang.
    • Kedua, secondary insomnia, yang penyebabnya adalah berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti depresi, kanker, asma, perih, pengaruh obat-obatan yang dimakan dan lainnya.
    Akibat dari insomnia ini bisa mempengaruhi kualitas hidup, produktifitas kerja dan bahkan yang paling berat bisa mengakibatkan depresi. Dan untuk para wanita nih, ternyata insomnia itu juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan berat badan jadi naik, nah lho! Kenapa coba, berat badan ikutan naik ? Ya iyalah, karena kita nggak bisa tidur maka bawaannya lapar terus dan akhirnya ngemil lah pelariannya :) . O iya, menurut penelitian, insomnia itu lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria dengan perbandingan 3 : 2. Heemmm....


    Terus siapa saja yang bisa terkena insomnia ? Insomnia itu tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin, semua orang bisa terkena baik anak usia muda maupun orang tua, dan terjadinya seringkali bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang-kadang seseorang juga bisa mengalami kesulitan tidur walaupun tubuh dan otak tidak lelah.

    Kalau kamu merasa susah tidur, selalu terbangun di tengah malam dan/atau selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan maka kamu perlu waspada karena ketiga tanda ini adalah gelaja kamu terkena insomnia.

    Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia?
    • Tidurlah di kamar tidur yang nyaman. Matikan lampu dan hal-hal lain yang menimbulkan suara seperti radio atau hanphone. Kalau di kamar tidur kamu berpendingin AC, atur suhunya sesuai dengan kenyamanan kalian dan kalau perlu, jangan menaruh jam di kamar tidur karena jam itu bisa membuat kamu menjadi cemas karena belum dapat terlelap sementara waktu terus berjalan.
    • Gunakan tempat tidurmu hanya untuk tidur. Jangan melakukan aktifitas lain selain berbaring karena dengan berbaring akan membuat tubuh menyesuaikan diri dengan tempat tidur dan menimbulkan rangsangan untuk tidur.
    • Jangan terlalu banyak makan dan minum menjelang tidur. Makan yang terlalu banyak akna membuat perutmu jadi tidak nyaman dam kalau kebanyakan minum, kamu akan selalu bolak balik ke belakang untuk buang air kecil.
    • Kurangi minum-minuman yangbersifat stimulan seperti teh kopi, alkohol dan juga rokok karena akan menyebabkan kamu selalu terjaga dan sulit tidur.
    • Kalau kamu merasa lapar sebelum tidur, makan makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat,bisa juga kamu tambahkan dengan segelas susu low fat yang hangat.
    • 30 menit atau maksimal 1 jam sebelum tidur, mandilah dengan air hangat. Mandi air hangat ini berguna untuk mengurangi ketegangan tubuh dan menimbukan efek sedasi atau merangsang tidur.
    • Stop menonton televisi atau membaca buku setidaknya satu jam sebelum tidur.
    • Jernihkan pikiran kamu. Buang jauh-jauh segala kekhawatiran yang ada di pikiran kamu. Salah satu caranya untuk memlampiaskan segala yang ada dipikiran adalah dengan menulis.
    • Berolahragalah dengan teratur. Olah raga yang teratur bisa membantu kamu yang mengalami masalah insomnia karena dengan berolahraga kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress dengan lebih baik. Lakukanlah olahraga di pagi hari.
    • Melakukan relaksasi secara rutin seperti mendengarkan musik, melatih pernafasan, yoga dan lain-lain. Kegiatan relaksasi akan membantu tubuh menjadi lebih santai sehingga mempermudah kamu untuk tidur.
    • Yang terpenting, tidur dan bangunlah dengan waktu yang teratur setiap hari. Wakti tidur yang tidak teratur akan mengacaukan waktu tidur kamu di hari-hari selanjutnya.
    Mungkin metode diatas bukanlah yang terbaik namun minimal hal tersebut sebagai salah satu cara mengatasi insomnia yang kamu alami.

    Semoga bermanfaat :)
     
    Last edited by a moderator: Aug 6, 2015
  2. vinzajah

    vinzajah Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    63
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Kalau saya mengatasi insomnia, "Matikan semua layar yang berada didalam kamar, bingung deh ngapain." hehehe..
     
    si cantik alami likes this.
Loading...

Share This Page