Tips Sukses Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Discussion in 'Education' started by Guru Les, Aug 7, 2015.

  1. Guru Les

    Guru Les Member

    Joined:
    Jul 16, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Salah satu tahapan yang sudah pasti akan membuat academia merasa ketar-ketir adalah mengerjakan ujian masuk perguruan tinggi. Seringkali ketika kita merasa seluruh masa depan kita digantungkan dalam satu kali masa ujian, kita cenderung menjadi panik dan gugup sehingga hilanglah sudah semua materi dan pelajaran yang sudah dihapalkan mati-matian.

    Padahal ada beberapa trik yang bisa academia terapkan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Hal-hal sederhana ini bisa membuat perbedaan besar antara kegagalan dan berhasil dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

    1. MENCARI TAHU SOAL-SOAL UJIAN MASUK TAHUN LALU

    Soal ujian sudah pasti berbeda dari tahun ke tahun, tetapi dengan mencari tahu soal ujian masuk tahun lalu, academia bisa mendapatkan gambaran bagaimana bentuk dan tipe ujian masuk perguruan tinggi tersebut. Apakah perguruan tinggi tersebut lebih banyak mengandalkan soal-soal berbentuk pilihan ganda atau berbentuk essay dan tulisan? Academia juga bisa melihat komposisi masing-masing bentuk ujian. Tentu saja setiap tempat bimbingan belajar yang sudah berpengalaman dan terpercaya akan memiliki set soal-soal tahun lalu dari berbagai perguruan tinggi favorit. Jangan segan untuk juga bertanya pada tentor dan guru bimbingan belajar tentang pengalaman mereka ketika menghadapi ujian di universitasnya masing-masing.

    2. CARI TAHU DI MANA TEMPAT UJIAN ITU DILAKSANAKAN DAN DATANGLAH SEHARI SEBELUMNYA.

    Jika kebetulan academia adalah peserta dari luar kota, carilah tahu lebih dulu di mana tempat ujian dilaksanakan. Terkadang meski alamatnya terkesan sederhana, bisa jadi tempatnya tersembunyi sehingga membutuhkan waktu untuk mencapai tempat tersebut. Datanglah ke lokasi ujian sehari sebelumnya sehingga academia bisa mengukur berapa waktu real yang dibutuhkan untuk mencapai lokasinya. Jangan ragu untuk bertanya pada tentordi tempat bimbingan belajar tentang kondisi dan lokasi ujian tersebut.

    3. DATANGLAH LEBIH AWAL MINIMAL 30 MENIT SEBELUM UJIAN DILAKSANAKAN

    Datang lebih awal akan memberikan kesempatan bagi academia untuk melihat ruang tempat ujian tersebut dilakukan. Selain itu academia juga bisa membiasakan diri dengan suasana ujian masuk tersebut.

    4. BACA BERKAS UJIAN SECARA MENYELURUH SEBELUM MULAI MENGERJAKAN SOAL

    Tidak perlu tergesa-gesa mengerjakan soal-soal. Periksalah dulu kelengkapan berkas ujian, barangkali ada halaman yang kurang atau tulisannya tidak jelas. Kemudian luangkan waktu sejenak untuk membaca sekilas semua soal-soal yang ada. Pemindaian ini membantu academia untuk melihat apa saja topik yang dijadikan materi ujian.

    5. KERJAKAN SOAL YANG TERMUDAH LEBIH DAHULU

    Selalu kerjakan soal yang sudah pasti academia tahu jawabannya atau yang membutuhkan waktu singkat untuk mengerjakannya. Bila menemukan soal yang sulit atau academia merasa ragu dengan jawabannya, lewati lebih dahulu. Untuk memudahkan pencatatat, beri tanda kecil di depan nomor soal yang sulit.

    6. KERJAKAN SOAL DENGAN STRATEGIS

    Tujuan dari ujian masuk adalah mengumpulkan nilai setinggi-tingginya. Jadi kerjakan soal yang mampu memberikan nilai yang tinggi. Ini berarti:

    - Soal yang sudah diketahui jawabannya

    - Soal yang tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya.

    Soal-soal yang dikerjakan terakhir biasanya yang:

    - Paling sulit

    - Membutuhkan waktu paling lama untuk menuliskan jawabannya.

    7. KETIKA MENGHADAPI SOAL BERBENTUK ESAI TULISLAH LEBIH DAHULU POKOK PIKIRAN ACADEMIA

    Tulislah pokok jawaban terlebih dahulu, baru penjelasannya. Ini mengurangi kemungkinan academia melantur sehingga dapat mengurangi nilai. Setelah itu tuliskan penjelasan yang mendukung pokok jawaban academia. Jangan lupa untuk menyertakan argumen-argumen pendukung seperti kutipan atau grafik.

    8. PERIKSA KEMBALI SEBELUM MENYERAHKAN BERKAS KE PENGAWAS

    Luangkan waktu untuk mengecek terakhir kali berkas-berkas academia. Apakah sudah menuliskan data diri dengan benar? Apakah ada soal yang belum dikerjakan? Karena menyesal di belakang tidak ada gunannya.
     
  2. Kasron

    Kasron New Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    walah makk , dari dulu pengen masok perguruan tinggi gak jadi2 , karna gak punya dana . sekarang pnya dana malah males . hdehh:(
     
  3. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
  4. desaingrafis

    desaingrafis Member

    Joined:
    Jul 23, 2014
    Messages:
    83
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    mantap..istirahat yang cukup, jangan kurang tidur, membuat kita fresh dan bisa lebih konsentrasi....
     
  5. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page