Apa Itu Bounce Rate? Pengertian Bounce Rate

Discussion in 'Blogger' started by John Anugerah, Aug 7, 2015.

  1. John Anugerah

    John Anugerah Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Bagi para blogger atau para master di dunia blogging pasti tidak aneh dan heran bila mendengar atau membaca tentang Bounce Rate. Banyak para master dan blogger bekerja extra keras untuk menurunkan atau mengecilkan nilai bounce rate pada web atau blog mereka. Semakin kecil nilai bounce rate, berarti semakin baik kualitas sebuah blog atau web tersebut. Begitupun sebaliknya, semakin tinggi nilai bounce rate semakin buruk kualitas blog tersebut (kata orang sih, tapi menurut saya ini adalah hal yang sah-sah saja) yang pentingkan kuantitas.

    Apa Itu Bounce Rate?
    Bounce rate
    adalah persentasi dari pengunjung atau visitor ke blog yang hanya mengunjungi hanya satu halaman dan tidak membuka halaman yang lainnya. persentasi ini sangat diperlukan oleh webmater dan seo. seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa semakin tinggi bounce rate yang diterima maka akan semakin buruk website tersebut dimata serch engine. jadi kesimpulannya pengunjung hanya melihat pada satu halaman saja tanpa mau melihat halaman yang lainnya.

    Bounce Rate juga menjadi patokan bagi para advetiser yang ingin memasang iklan pada blog atau web kamu. Semakin besar kualitas sebuah blog (semakin kecil bounce rate) semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan klien dalam hal ini adalah advertiser yang akan memasang iklan.

    Faktor Penyebab Tinggi/Besarnya Bounce Rate
    Tinggi atau rendahnya bounce rate, ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah :
    1. Pengunjung langsung menutup browser
    2. Pengunjung melakukan klik iklan dan salah satu link eksternal
    3. Pengunjung melakukan atau mengetik url langsung pada address bar browser.
    4. Loading blog yang lambat
    5. Kualitas konten artikel blog yang kurang bagus.
    6. Desai blog yang membingungkan pengunjung.

    Cara Mengatasi Bounce Rate Yang Tinggi

    Ada beberapa cara untuk memperbaiki bounce rate yang tinggi di dalam sebuah blog atau web. Diantaranta adalah :
    1. Perbaiki Kecepatan Loading Blog
    Kecepatan loading blog mempengaruhi besar kecilnya bounce rate. Blog atau web yang lambat sudah pasti akan membuat pengunjung tidak merasa nyaman. Kamu praktekan saja, ketika kamu berkunjung ke sebuah blog atau web yang lambat loading. Apa yang akan kamu lakukan, kesal dan pasti langsung akan menutup tab browser kamu.

    2. Perbaiki Kualitas Konten
    Konten adalah raja, buatlah artikel yang menarik dan jangan asal buat artikel apalagi sampai copy paste. Buatlah artikel yang banyak dicari dan bermanfaat.

    3. Template dan Tata Letak
    Cari lah template yang SEO Friendly yang memiliki tata letak yang bagus. Template dengan tata letak yang kacau atau semrawut akan sulit bagi pengunjung untuk menjelajahi konten atau artikel kamu.

    4. Internal linking.
    Semakin banyak internal linking pada blog maka bisa dipastikan bounce rate pada blog tersebut akan semakin kecil. Hal ini disebabkan pembaca diberikan kemudahan untuk mengunjungi halaman lain dalam blog tersebut sehingga setiap halaman dalam sebuah blog dapat terhubung dengan baik. Misalnya pembaca sedang membaca konten blog Anda yang berjudul cara merawat kucing. Nah, pada halaman tersebut Anda sisipkan link yang mengarah pada halaman ciri kucing yang sehat. Jika pembaca tertarik dengan topik pada halaman ciri kucing yang sehat dan kemudian mengunjunginya maka bounce rate dari blog Anda tersebut akan semakin kecil. Anda dapat menggunakan link pada postingan, related post, recent post, dan popular post untuk membangun internal linking.

    5. Eksternal linking.
    Semakin banyak eksternal linking atau link keluar yang mengarah pada blog lain terpasang di halaman blog Anda maka kemungkinan jumlah pembaca yang meninggalkan blog untuk pergi ke halaman blog lain menurut link yang terpasang tersebut akan semakin besar, sehingga bounce ratenya menjadi tinggi. Eksternal linking banyak ditemukan pada blogroll, gambar, dan iklan yang tampil pada halaman blog.

    Jika ada Agan yang ingin menambahkan, Silahkan..
     
    Last edited: Aug 7, 2015
  2. BangDen

    BangDen Member

    Joined:
    Dec 14, 2014
    Messages:
    223
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    mnarik infonya den, tpi sayang copas full. *peace* Ojo nesu lho. mngkin akan lebih mudah dipahami klo pake` bahasa den bagus sendiri. *halo*
     
  3. Vitus

    Vitus Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    215
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Yang saya pahami Bounce Rate itu adalah calon pengunjung yang belum sempat berinteraksi dengan halaman blog kita. Dia berusaha berkunjung, namun sebelum sempat menemukan halaman blog kita, dia sudah keburu menutupnya.
    Jadi ibarat janjian ketemu, sudah berjalan ke lokasi pertemuan, namun tidak ketemu !
     
  4. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    761
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    bounce rate oh bounce rate...
    setau ane bounce rate itu saat ada yang masuk web kita, namun karena lama akhirnya di close atau di back..bisa juga karena kontennya gk bagus langsung di tutup..jadi meski masuk cuma di satu halaman saja tapi betah sampe sejam keknya gk masalah den..
     
  5. Kasron

    Kasron New Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wedeh paham bener den . *kagum*
     
Loading...

Share This Page