Apa itu kanker serviks????

Discussion in 'Health & Medical' started by Ana Nurkhasanah, Aug 28, 2015.

  1. Ana Nurkhasanah

    Ana Nurkhasanah Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang dapat terjadi pada wanita. Kanker serviks terjadi pada organ mulut rahim atau serviks seorang wanita. Mulut rahim atau serviks merupakan sebuah organ yang terdapat didalam sistem reproduksi wanita. Serviks disebut juga leher rahim yang letaknya diantara liang senggama atau vagina dengan rahim atau uterus dalam bahasa medisnya.



    Kanker serviks hanya ditemukan pada wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual dan belum ada yang ditemukan kanker serviks terjadi pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual.


    Pada tahap awal atau masa invasif, kanker serviks tidak menimbulkan gejala biasanya hingga stadium lanjut. Ketika sudah berada pada stadium lanjut biasanya baru menimbulkan gejala berupa keluar darah pada saat melakukan hubungan seks hingga nyeri saat berhubungan seks.



    Gejala diatas merupakan gejala khas dari kanker serviks, akan tetapi belum tentu juga gejala tersebut menandakan kanker serviks. Untuk memastikan apakah itu gejala kanker serviks atau bukan, sebaiknya anda memeriksakan diri kedokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut tentang kondisi anda.



    Jumlah penderita kanker serviks di indonesia


    Menurut pendapat badan kesehatan dunia yaitu WHO menyatakan bahwa didunia terdapat sekitar kurang lebih 490 ribu perempuan yang terkena kanker serviks setiap tahunnya. Dari sekian banyaknya kasus penderita kanker serviks diatas 80% nya berasal dari negara berkembang yang salah satunya dari indonesia.



    Di indonesia sendiri diperkirakan setiap harinya ditemukan kasus sebanyak kurang lebih 40 kasus baru yang ditemukan dan kurang lebih 23 wanita yang meninggal akibat penyakit kanker serviks ini. Itu kasus yang terjadi setiap hari saja lo, gimana tiap bulannya? Itulah sebabnya di Indonesia kasus penyebab kematian tertinggi wanita disebabkan oleh kanker serviks dan pembunuh wanita nomor satu didunia.



    Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Keterlambatan dalam diagnosis dini merupakan penyebab banyaknya angka kematian yang terjadi di Indonesia karena masih kurangnya kesadaran para wanita untuk memeriksakan kesehatannya, terutama deteksi dini kanker serviks. Kebanyakan kanker serviks diketahui ketika sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya dan terdeteksi sudah stadium lanjut, sehingga hal ini dapat mempersulit dalam proses pengobatan.



    Pentingnya melakukan skreening untuk deteksi dini kanker serviks


    Dinding leher rahim atau mulut rahim lama kelamaan akan mengalami perubahan dan bisa jadi berubah menjadi kanker, akan tetapi dengan melakukan pemeriksaan dini dengan melakukan screening dapat dideteksi sejak dini apakah normal atau terjadi perubahan menjadi kanker. Dengan melakukan pemeriksaan dini, didapatkan hasil bahwa terdapat pertumbuhan sel dan dalam masih tahaop pra kanker, pengobatan akan mudah dilakukan sehingga risiko terjadinya kanker serviks dapat berkurang atau tidak sama sekali.



    Pemeriksaan dini kanker serviks dikenal dengan nama tes pap smear. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi sel-sel yang ada di permukaan mulut rahim atau serviks apakah masih normal atau berubah menjadi sel kanker.



    Seberapa besar harapan hidup penderita kanker serviks?


    Jika kita brtanya, seberapa besarkah harapan hidup para penderita kanker serviks? Jawabannya adalah tergantung dari diagnosis dan stadium kanker yang ditemukan. Ada beberapa stadium untuk menentukan perkembangan dari kanker serviks tersebut yaitu stadium satu hingga empat. Tingkat keberhasilan dalam pengobatan juga tergantung dengan tahap-tahap atau stadium dari kanker serviksnya.


    • Stadium satu berkisar 80-99%
    • Stadium dua berkisar 60-90%
    • Stadium tiga berkisar 30-50%
    • Stadium empat berkisar 20%


    Maka dari itu penting sekali untuk para wanita khususnya di Indonesia tahu tentang pemeriksaan dini kanker serviks agar risiko terhadap penyakit kanker serviks dapat berkurang.

    Sumber:
    http://kankerserviksblog.blogspot.com/2015/08/efek-samping-operasi-kanker-serviks.html
     
  2. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    wihh jadi salah satu ciri2 masih virgin ya :D
     
  3. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    jangan jadi patokan dong den

    Bener nih buat wanita, baik sudah menikah atau belum, langkah paling aman adalah mencegah daripada mengobati loh.
     
    Ana Nurkhasanah likes this.
  4. Ana Nurkhasanah

    Ana Nurkhasanah Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Mksudnya gmna ya... Knker serviks itu biasanya ditemukan pada wanita yg suda pernah hubungan seks..
     
  5. Ana Nurkhasanah

    Ana Nurkhasanah Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Bner sekali.. Lebih baik mencegah dari pada mengobati..
     
  6. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    848
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    penyakit yang mengerikan ..........
     
  7. Ana Nurkhasanah

    Ana Nurkhasanah Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Yups.. Screening secara rutin untuk mendeteksi adanya kanker serviks atau tidak.
     
Loading...

Share This Page