Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by syahidelhawk, Oct 28, 2015.

  1. syahidelhawk

    syahidelhawk New Member

    Joined:
    Oct 5, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    Puasa jika dalam agama Islam merupakan sebuah ibadah dengan menahan segala hawa nafsu duniawi dan juga menahan rasa lapar dan dahaga. Kalau dalam arti biasanya puasa hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja. Ternyata dibalik menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga saja, tetapi dibalik perjuangan menahan lapar dan haus itulah ternyata menyimpan sebuah keajaiban tersendiri bagi tubuh.

    Dalam Islam segala sesuatu terdapat yang wajib dan sunnah. Ibadah sunnah merupakan pelengkap dari yang wajib, jika berpuasa diwajibkan hanya ketika bulan Ramadhan maka yang sunnah-sunnahnya juga cukup banyak.

    Manfaat-manfaat puasa jika rajin mengerjakannya:

    1. Mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

    Ketika sedang berpuasa, maka secara tidak langsung lambung dan usus menjadi kosong atau tidak ada makanan yang masuk. Hal ini menjadikan lambung dan usus dapat bekerja lebih optimal karena tidak ada makanan yang masuk setelah sahur. Dengan optimalnya kerja lambung dan usus maka secara otomatis racun-racun yang ada di dalam perut akan terbuang dengan sempurna.

    2. Memberikan waktu istirahat bagi alat pencernaan.

    Bagaimana rasanya jika disuruh bekerja tanpa berhenti, apapun pekerjaan itu. Pastinya akan terasa capek dan menjadi tidak optimal proses pekerjaanya. Sama seperti alat pencernaan, jika disuruh bekerja terus-menerus maka pastinya hasilnya menjadi tidak optimal. Dengan berpuasa maka memberi peluang bagi alat pencernaan untuk beristirahat sementara dari mengurai makanan-makanan yang telah dimakan.

    3. Dapat menurunkan tekanan darah.

    Karena berpuasa mengurangi apa yang dimakan dan juga menahan hawa nafsu, maka tekanan darah akan mejadi turun dan menjadikan tubuh sehat.

    4. Menurunkan kadar lemak.

    Dengan berpuasa berarti mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika dikombinasikan dengan aktivitas yang bermanfaat dan sering bergerak maka tidak hanya menjadi sehat, tetapi juga mengurangi jumlah lemak yang ada di dalam tubuh.

    5. Menengkan jiwa dan perasaan.

    Menahan hawa nafsu merupakan salah satu syarat diterimanya berpuasa. Dengan menahan hawa nafsu maka hati akan berusaha menghindari apa-apa yang dapat membatalkan puasa dan memperbanyak ibadah merupakan salah satu cara untuk menghindari hawa nafsu. Dengan memperbanyak ibadah hati menjadi tenang dan perasaan menjadi nyaman.

    6. Memberikan rasa empati pada orang lain.

    Salah satu maksud dari diwajibkan dan disunnahkan adalah untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang mampu. Perasaan akan tersampaikan dengan melihat dan merasakan apa yang dirasakan mereka. Hal ini akan memberikan rasa ingin membantu mereka yang kurang mampu agar merasakan kenikmatannya jika memiliki harta yang cukup.

    Semoga bermanfaat bagi kita.

    Sumber: Santrigaul.net
     
  2. begifa

    begifa New Member

    Joined:
    Apr 23, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Setuju gan.....
    Apapun yang diajarkan Rasulullah pasti bermanfaat.
     
Loading...

Share This Page