Tips Menjalankan Les Privat Agar Lebih Menyenangkan

Discussion in 'Education' started by Guru Les, Oct 21, 2015.

Tags:
  1. Guru Les

    Guru Les Member

    Joined:
    Jul 16, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Buat kalian pelajar yang tinggal di kota besar, kalian sudah pasti tidak asing dengan adanya berbagai macam les privat. Mengikuti les privat adalah salah satu cara untuk meraih nilai yang lebih baik di sekolah. Berbagai macam bimbingan pelajaran yang disediakan oleh lembaga les privat di kota besar sudah pasti membantu kamu dalam meraih nilai yang lebih baik di sekolah. Tunggu apa lagi, segeralah bergabung dengan salah satu lembaga les privat yang ada di Kota anda untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di sekolahmu.

    Eits, tunggu dulu. Sebelum bergabung dengan salah satu bimbel, kamu harus tahu bahwa bimbingan belajar hanyalah sarana untuk membantumu memahami pelajaran dengan cara yang berbeda. Pada akhirnya, kamu tetap harus belajar dengan lebih rajin, sehingga kemampuan dan pemahamanmu terhadap materi pelajaran bisa semakin mantap. Tentu saja usahamu harus disertai dengan usaha-usaha lainnya yang mendukung. Melihat letak Kota Kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, seharusnya membuatmu semakin terpacu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi. Banyaknya toko buku di dikota besar haruslah kamu datangi untuk mendapatkan buku-buku yang berkualitas, sehingga kegiatan belajarmu terdukung dengan baik.

    Nah, supaya kegiatan les privatmu berjalan semakin baik, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

    1. Bagilah waktu untuk berbagai kegiatanmu.

    Sebagai seorang pelajar, tentu kamu punya kegiatan yang tidak sedikit. Mulai dari bangun pagi, pergi ke sekolah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, les privat, belajar malam, hingga tidur malam, semuanya kamu lakukan 5 atau 6 hari dalam seminggu. Pastikan bahwa waktumu terbagi dengan baik, sehingga seluruh kegiatanmu dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu.Pastikan juga kamu masih memiliki waktu luang untuk beristirahat, melakukan kegiatan favoritmu (entah berolahraga, membaca komik, menonton serial kartun, atau mungkin bermeditasi untuk menenangkan pikiranmu), karena fisik dan otak kalian juga membutuhkan waktu untuk rileks sejenak.

    2. Bertanyalah ketika di kelas dan saat les

    Gunakan kesempatan untuk belajar sebaik mungkin. Bertanya bisa menjadi pemicu awal bagimu untuk belajar lebih lagi. Banyak tanya, banyak tahu. Kesulitan saat mempelajari sesuatu pasti ada. Akan tetapi hal itu hendaknya tidak menjadi penghalang bagi kalian untuk belajar lebih dan lebih lagi. Guru dan pendamping les privat kalian pasti akan membantumu ketika kalian menghadapi kesulitan. Pendamping belajar kalian pasti akan merasa senang ketika kalian bertanya, karena hal tersebut menunjukkan minat kalian yang begitu besar untuk mengetahui sesuatu.

    3. Milikilah keinginan untuk senantiasa belajar.

    “Stay hungry. Stay foolish”, slogan itulah yang hendaknya kita tanamkan kuat-kuat dalam batin, sehingga kita semakin terpacu untuk belajar lebih banyak lagi. Lapar akan ilmu dan haus pengetahuan merupakan kebiasaan yang baik jika dimiliki oleh seorang pelajar. Membiasakan diri untuk menggali sesuatu yang baru adalah sifat terbaik seorang murid. Mau mencari tahu, mau mendekat pada ilmu, dan bertanya pada yang benar-benar lebih tahu.

    4. Perkaya dirimu dengan buku-buku yang membantu

    Seperti yang telah dituliskan di atas, keberadaan kalian yang strategis dikota besar tentunya memudahkan kalian dalam mencari informasi. Buku yang melimpah di berbagai toko buku mestinya bisa kalian jadikan sebagai sarana menuju kesuksesan. Jika kalian bosan dengan buku pelajaran yang telah kalian dapatkan di sekolah, kalian dapat mencari buku-buku yang memotivasi minat kalian untuk belajar lebih lagi. Biografi tokoh-tokoh ternama bisa menjadi pemicu semangat kalian, kan?

    Keempat tips di atas jika kalian lakukan bisa membuat kegiatan les privat dapat berjalan dengan baik dan semakin menyenangkan. Selamat mencoba dan selamat belajar.
     
  2. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,068
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
  3. jajakakulon

    jajakakulon Member

    Joined:
    Jul 5, 2014
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    saat masih kuliah, istri saya juga mengajar les private untuk anak2 sekolah di kitaran kampusnya di kota Bandung, dan hasilnya cukup lumayan sebagai seorang mahasiswa. manfaatkan saat belajar dengan guru les sebaik2 nya, karna yg les kan sudah bayar. jangan mau rugi. :)
     
  4. Mark

    Mark Member

    Joined:
    Aug 25, 2015
    Messages:
    90
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    sepupu saya juga mengajar les, masih pada SD-SMP, murid nya pada main dan berisik, apalagi yang cewe malah pada ngomongin pacaran mulu*huh*
     
  5. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    250
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    kekurangan les privat yaitu guru lebih menuruti siswa jadi siswa terkesan manja....
     
  6. lesakong

    lesakong New Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Yups itu betul, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan dibantu guru les private memang pilihan yang tepat. Namun tentu saja rasa bosan dan jenuh akan rutinitas selalu ada. Karena itu ada baiknya guru les private juga bisa menyesuaikan diri dengan karakter dan kondisi anak dalam suasana belajar yang berlangsung.
     
  7. Yovi

    Yovi Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    79
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Bagus juga si les privat, cuman ane selaku anak SMA lebih suka les berkelompok
    Rada mahal juga les privat
     
  8. maslatip

    maslatip Member

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    170
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Les privat.... ane malah belum pernah les privat selama sekolah... hehe *jail*
     
  9. bangpratama

    bangpratama New Member

    Joined:
    Jan 12, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantab ulasannya tentang les privat makasih banyak..
     
  10. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    info nya menarik nih buat yang mau bikin privat les di rumah setelah mengajar di kampus atau sekolah
     
Loading...

Share This Page