Berapa kali jantung berdetak dalam setahun? Ini jawabannya

Discussion in 'Health & Medical' started by felishabikrum15, Nov 17, 2015.

  1. felishabikrum15

    felishabikrum15 Member

    Joined:
    Oct 26, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Rata-rata jantung manusia berdenyut 35 juta kali setahun atau 2,5 miliar kali seumur hidup.
    Ketukan jantung harus dikalibrasi dengan tepat karena perbedaan kecil dari ritme metronomik dapat menyebabkan kematian mendadak.

    Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah bertanya-tanya bagaimana jantung bisa berdetak begitu tepat pada ritmenya meski mengandung begitu banyak bagian yang bergerak.

    Para peneliti di University of Maryland School of Medicine mengidentifikasi bagaimana protein tertentu memainkan peran sentral dalam konsistensi tersebut. Penemuan itu dinilai bisa membantu para ilmuwan mengobati masalah jantung yang membunuh jutaan orang setiap tahun.


    W. Jonathan Lederer, profesor fisiologi di University of Maryland School of Medicine yang juga Direktur Center for Biomedical Engineering and Technology, dan David Warshaw, profesor fisiologi molekuler dan biofisika di University of Vermont dan Cardiovascular Research Institute of Vermont, menjelaskan bagaimana protein C yang mengikat miosin, protein yang berperan dalam kontraksi otot, memungkinkan serat otot jantung bekerja selaras dengan sempurna.

    Penemuan tersebut muncul dalam jurnal Science Advances. "Protein ini ternyata benar-benar penting untuk proses tersebut," kata Lederer.

    Protein C diketahui ada di semua sel otot jantung, tapi sampai sekarang fungsinya tak diketahui. Dengan menggunakan model binatang, para peneliti mempelajari fisiologi sarkomer--bahan dasar sel otot--dan mengukur pembebasan kalsium serta reaksi mekanik serat otot.

    Ternyata protein C memungkinkan sarkomer berkontraksi secara serempak. "Kalsium bertindak seperti busi di mesin mobil, sedangkan protein C bertindak seperti cincin yang meningkatkan efisiensi gerakan piston," tutur Michael J. Previs, asisten profesor di Departemen Fisiologi Molekuler dan Biofisika di University of Vermont.

    Protein C memainkan peran besar dalam berbagai bentuk penyakit jantung. Dalam kasus yang paling parah, kecacatan dalam protein C menyebabkan aritmia jantung yang sangat serius, yang menyebabkan kematian mendadak ketika jantung kehilangan kemampuan untuk memompa darah. Di Amerika Serikat, aritmia jantung berkontribusi terhadap sekitar 300 ribu kematian per tahun, seperti dilansir American Heart Association. Baca Juga : Obat Aritmia Jantung.

    Lederer dan rekan-rekannya berpikir bahwa mempengaruhi aritmia dimungkinkan dengan memodifikasi aktivitas protein C melalui obat-obatan. "Saya pikir ini bisa menjadi sangat besar," kata Lederer. "Protein ini jelas target obat."
    Sumber tempo dot co
     
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Itu kalau normal... Tapi jika ada kejadian tidak terduga...! Contohnya saat ketemu pacar...! Atau saat-saat yang lain yang bisa memicu detak jantung lebih cepat...! Berarti 35 juta + Berapa...?
     
  3. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,955
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Kalau yang ini sama seperti yang akan saya tanyakan den hmmmmm detaknya semakin kencang dan semakin kencang lagi... ya mungkin TS bisa menjelaskan lebih rinci kembali heheh
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Adsense kena banned, blog deindeks tambah denyutan jantung :D
     
  5. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Waduh kasian yang tukang ngutungnya tuh... pasti gak tidur2 ampe setahun kasihannya..:eek:
     
  6. HamilBayi

    HamilBayi New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    banyak juga ya sampai 2,5 milyar :D
     
  7. vionarosa

    vionarosa New Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Mengingatkan diri ane harus banyak bersyukur pada Tuhan, jantung masih bisa berdetak normal hingga saat ini
     
Loading...

Share This Page