Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by amhad firdaus, Dec 5, 2015.

  1. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Lidah Buaya
    (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

    Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

    Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin sepertipencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

    Berikut Ini Khasaiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

    • Anti oksidan
    Manfaat lidah buaya yang pertama dapat bermanfaat untuk sebagai anti oksidan, sehingga hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu mencegah penyakit degeneratif.
    • Gangguan pencernaan
    Lidah buaya dapat mengatasi kasus panas perut, tukak lambung, dan iritasi usus. Lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.
    • Penyembuhan luka
    Manfaat lidah buaya salah satunya dapat mengembalikan jaringan kulit yang terluka. Gel lidah buaya yaitu bagian yang berlendir yang dapat diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun tersebut yang dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka.
    • Detoksifikasi
    Jus lidah buaya merupakan salah satu peluruh racun alami, namun lidah buaya juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang hal ini dapat membantu tubuh mengatasi stres dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
    • Dapat menurunkan kadar gula
    Manfaat lidah buaya yang satu ini sangat cocok untuk penderita diabetes, karena dapat menurunkan kadar gula. Minum 1/2 sendok jus lidah buaya secara rutin dan teratur selama 14 hari, dapat menurunkan kadar gula sebanyak 45%.
    • Kesehatan mulut
    Lidah buaya bermanfaat mengatasi masalah pada mulut dan gusi. Hal ini karena lidah buaya mampu memperbaiki gusi yang memburuk.
    • Mengurangi visibilitas stretch mark
    Lidah buaya sangat baik untuk mengurangi stretch mark pada sekitar tubuh, hal ini karena tumbuhan lidah buaya memiliki kemampuan dalam menjaga elastisitas pada kulit.
    • Mengatasi stres
    Lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatas stres, hal ini karena lidah buaya kaya akan vitamin serta mineral. Lidah buaya di olah sebagi jus yang mampu membantu tubuh mengatasi stres.
    • Dapat mengatasi ketombe
    Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal dan ketombe pada rambut. Gunakan lidah buaya tersebut sebelum keramas.
    • Dapat mengatasi luka lebam dan luka dalam
    Tanaman lidah buaya ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka lebam akibat terkena benturan serta luka dalam.
    • Mengatasi luka bakar
    Lidah buaya selain dapat membantu untuk mengatasi luka lebam dan luka dalam, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi luka bakar pada kulit.
    • Anti penuaan dini
    Lidah buaya dapat digunakan sebagai salah satu bahan anti penuaan dini, hal ini karena tumbuhan lidah buaya atau aloe vera ini mengandung antioksidan yang besar termasuk : beta karoten serta vitamin C dan vitamin E yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekencangan alami pada kulit dan menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik.
    • Untuk Mengobati wasir
    Sediakan setengah dari batangnya lidah buaya serta 2 sendok makan madu asli dan setengah gelas air masak. Kemudian parutlah lidah buayanya, Lalu tambahkan madunya dan setengah gelas air matang di parutan tersebut, Kemudian aduklah hingga merata dan saringlah buat ambil airnya. Minumlah ramuan ini 3 kali seharinya.

    Semoga Informasinya bisa bermanfaat untuk jeng dan den semua *ketawa3*

    SUMBER
     
    lasealwin likes this.
  2. Dika Nandia

    Dika Nandia Member

    Joined:
    Nov 3, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    owh.. sya baru tau kalo lidah buaya bisa mengatasi stress..
    makasih mas info nya.. ;)
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Wah. Lidah buaya memang luar biasa. Herbal alami dengan segudang manfaat untuk kesehatan kita.
    Terimakasih
     
Loading...

Share This Page