Ini Dia Alasan Data Asuransi Harus Akurat

Discussion in 'General Business' started by agenia, Dec 11, 2015.

  1. agenia

    agenia New Member

    Joined:
    Aug 20, 2014
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Saat Anda hendak membeli produk asuransi terbaik, Anda diwajibkan untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Namun, perlu Anda ketahui setiap produk asuransi mungkin memiliki bentuk formulir yang berbeda-beda. Dalam mengisi data diri pada formulir, akurasinya sangat diperhitungkan. Data diri harus sama seperti yang tertera pada identitas.

    Menurut perencana keuangan, Eko Endarto, Anda harus teliti ketika mengisi data dan isi data tersebut dengan keterangan yang benar. Namun, jika ternyata ada keterangan yang kurang tepat, Anda tidak perlu khawatir. Biasanya pihak asuransi menyediakan waktu sekitar 14 hari untuk melakukan perbaikan polis.

    Di asuransi terbaik terdapat istilah itikad baik. Hal ini menunjukkan bahwa kedua belah pihak, yaitu nasabah dan pihak asuransi harus sama-sama memiliki itikad baik sebelum melakukan perjanjian. Salah satunya harus mengisi data diri dan mengisi keterangan dalam perjanjian asuransi dengan jujur.

    Hal ini sangat penting diperhatikan. Pasalnya, jika ada sedikit saja data yang keliru seperti salah huruf atau tanda tangan tidak mirip, hal ini bisa mendatangkan permasalahan di masa mendatang. Terutama saat Anda mengajukan klaim asuransi.

    Sebagai contohnya, nama pada identitas Anda adalah Andy Pratama, namun Anda mengisi data diri di formulir asuransi dengan nama Andi Pratama. Kesalahan huruf "y" dan "i" juga bisa menjadi permasalahan serius. Bahkan, perbedaan saat membubuhkan tanda tangan pun bisa membuat pengajuan klaim Anda berlangsung molor atau bahkan ditolak.
    Inilah sebabnya, mengapa Anda harus teliti dalam mengisi formulir asuransi. Selain itu, Anda juga harus benar-benar jujur dengan kondisi kesehatan Anda. Karena hal ini akan berpengaruh pada manfaat dan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Juga menentukan pengajuan polis Anda diterima atau tidak.

    Ada beberapa contoh kasus di mana nasabahnya tidak mau jujur akan penyakit yang dideritanya demi membayar premi murah dan mendapatkan klaim sesuai harapan. Misalnya, Anda sedang mengisi data untuk asuransi kesehatan. Dalam riwayat kesehatan pribadi, sebenarnya Anda pernah terkena serangan jantung. Namun, dengan sengaja Anda tidak mencantumkannya pada perjanjian asuransi.

    Jika suatu saat Anda mengklaim perawatan penyakit jantung, bisa saja pengajuan polis Anda ditolak akibat ketidakjujuran dan ketidakakuratan data sewaktu mengisi formulir asuransi. Perlu Anda pahami juga, untuk penyakit tertentu terutama penyakit kritis, biasanya perusahaan asuransi terbaik juga akan menaikkan premi karena risiko penyakit yang Anda derita juga tinggi.

    Itulah contoh nasabah yang tidak jujur dan kurang teliti dalam mengisi formulir pengajuan asuransi. Jika tidak ingin pengajuan polis atau klaim Anda ditolak nantinya, maka Anda diharuskan mengisi data dengan benar dan jujur sebelum membeli produk asuransi commlife terbaik.
     
  2. adlymf

    adlymf New Member

    Joined:
    Nov 29, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pastilah perusahaan asuransi juga usaha, mencari nasabah sebanyak banyaknya, dan juga menolak klaim sebanyak banyaknya...
     
Loading...

Share This Page