Perbedaan Pondasi Bor pile Dan Strauss pile

Discussion in 'General Discussion' started by supriyadi, Dec 17, 2015.

  1. supriyadi

    supriyadi Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    178
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Pondasi bor pile dan strauss pile adalah jenis pondasi yang di bangun didalam permukaan tanah berbentuk tabung, proses pembuatannya dengan cara tanah di lobangi dengan alat bor sampai kedalaman tertentu lalu dimasukkan besi tulangan yang sudah di install dan adukan cor.

    Yang membedakan antara pondasi bor pile dan strauss pile adalah pada cara kerja dan kepasitas kerja, berikut ini ulasan perbedaan kedua pondasi tersebut :

    Cara kerja

    Pondasi bor pile dikerjakan dengan alat bor pile mesin (minicrane) dengan alat ini dapat mengerjakan pondasi bor pile dengan metode bor pile kering dan bor pile basah, bor pile kering kedalaman terbatas dikedalaman 8meteran sedangkan bor pile basah mencapai 25 meter.

    [​IMG]

    Pondasi strauss pile dikerjakan dengan tenaga manual atau tenaga penggerak mata bor nya adalah tenaga manusia sehingga sering disebut juga dengan nama bor pile manual, kedalaman strauss pile rata-rata 6 meter ( sesuai dengan kondisi tanah lunak ) serta jenis tanah yang dapat dikerjakan adalah tanah lunak bukan berupa tanah yang ada puing, batu, sampah dan padas.

    [​IMG]

    Kapasitas kerja

    Diameter pondasi bor pile yang dapat diekerjakan dengan alat bor mini crane adalah 30 cm, 40 cm 50 cm dan 60 cm jika rencana ukuran diameter pondasi lebih dari itu baiknya menggunakan alat bor besar seperti soilmec, karena tidak efisien lagi jika dipaksakan menggunakan alat mini crane.

    Diameter strauss pile yang dapat dikerjakan pilihannya sangat terbatas yaitu berkisar antara 20 cm hingga 30 cm, hal tersebut disebabkan karena tenaga penggerak mat bor nya adalah tenaga manual.

    Kelebihan dan kekurangan pondasi bor pile dan strauss pile :

    pondasi bor pile mampu mengerjakan pondasi dikedalaman sampai tanah keras menurut hasil sondir tanah sedangkan strauss pile hanya mampu mengerjakan dikondisi lapisan tanah lunak saja.

    Bor pile dengan metode bor basah menyebabkan lokasi menjadi kotor dan penuh dengan lumpur (bila lumpur tidak bisa dikelola dengan baik), hal tersebut tidak terjadi di metode strauss pile karena pengerjaannya tidak menggunakan air dalam skala besar.

    Bor pile menggunakan mesin diesel sehingga menimbulkan suara bising saat pekerjaan berlangsung namun tidak menimbulkan getaran seperti halnya pondasi tiang pancang, pondasi strauss pile dikerjakan dengan tenaga manusia tanpa bantuan mesin sama sekali sehingga tidak menimbulkan suara bising.

    Spesial price untuk member bersosial jika ingin menggukan pondasi bor pile atau strauss pile, diskonnya sampai 50%+20%+5% [HASHTAG]#syarat[/HASHTAG] ketentuan berlaku *berkeringat*


    Demikian perbedaan antara pondasi bor pile dan strauss pile, semoga bermanfaat. Trimakasih
     
    Last edited: Dec 17, 2015
Loading...

Share This Page