Seluk Beluk Android One, Hape Murah dari Google

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by DROIDLIME, Mar 5, 2015.

  1. DROIDLIME

    DROIDLIME Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    22
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Ada pemandangan yang tidak biasa akhir-akhir ini. Di busway, radio, dan Internet terpampang dan tersiar iklan Android One dengan intensitas yang bisa dikatakan sering. Rupanya, Google sedang mempromosikan platform smartphone Android miliknya yang diberi nama Android One.

    Meski sudah cukup banyak penjelasan mengenai Android One, rupanya masih ada orang-orang yang kurang memahami apa sebenarnya Android One itu. Ada banyak pertanyaan yang timbul seputar Android One. Artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda.

    Bukan Merek Hape
    Android One bukanlah merek hape. Android One adalah sebutan untuk kelompok smartphone Android yang memiliki harga terjangkau. Android One dicetuskan oleh Google pada tahun 2014 lalu dengan tujuan agar seluruh golongan masyarakat bisa menggunakan smartphone Android karena harganya yang murah.

    [​IMG]

    Smartphone Android One tak hanya satu jenis saja. Untuk pembuatannya, Google bekerjasama dengan beragam produsen smartphone. Mengapa bukan Google sendiri yang membuatnya? Karena Google hanyalah penyedia platform software dan ekosistemnya saja. Google terlalu repot untuk membuat smartphone sendiri.

    Hanya untuk Negara Berkembang
    Android One tidak dijual di semua negara di dunia. Google hanya menyediakan smartphone Android One untuk negara-negara tertentu saja, khususnya negara berkembang seperti India, Nepal, Bangladesh, Srilanka, Indonesia, dan Filipina. Karena di negara-negara tersebut terdapat banyak potensi pengguna gadget yang belum memiliki gadget karena keterbatasan daya beli.

    [​IMG]

    Harga Harus Terjangkau
    Google mencetuskan Android One dengan tujuan utama agar semua golongan masyarakat dapat memiliki dan menggunakan smartphone Android. Karena mereka sadar tidak semua orang mampu membeli smartphone dengan harga tinggi, maka mereka berinisiatif untuk menciptakan platform smartphone Android yang layak pakai namun memiliki harga bersahabat di kantong.

    [​IMG]

    Berapa harga rata-rata smartphone Android One? Google menyarankan dan menetapkan harga smartphone Android One di kisaran Rp1 juta. Banderol harga tersebut memang bukan yang termurah, namun sudah cukup murah mengingat performanya yang mumpuni.

    Gandeng Produsen Lokal
    Untuk tahap awal seperti sekarang ini, Google menggandeng masing-masing produsen smartphone lokal di enam negara yang menjual Android One. Di India misalnya, Google bekerjasama dengan Micromax, Karbonn, dan Spice. Sementara di Indonesia, Google bekerjasama dengan Mito, Nexian, dan Evercoss dalam memproduksi Android One.

    [​IMG]

    Ke depannya, Google akan melebarkan kerjasamanya. Tak hanya produsen lokal, Google akan berpartner dengan lebih banyak produsen Android ternama lainnya, seperti Asus, Alcatel, Acer, HTC, Lenovo, Panasonic, Intex, Lava, dan Xolo.

    Gunakan Spesifikasi yang Sama
    Selain sebagai pencetus, Google berperan pula sebagai penentu spesifikasi apa yang akan digunakan pada jajaran smartphone Android One. Uniknya, Google menetapkan semua smartphone Android One harus menggunakan spesifikasi yang sama, mulai dari prosesor, kapasitas RAM, kapasitas storage, lebar dan resolusi layar, hingga resolusi kamera. Jadi, apapun merek Android One yang Anda beli, spesifikasinya akan sama persis.

    [​IMG]

    Harga Murah, Performa Dijamin Oke
    Seluruh smartphone Android One bisa dikatakan sebagai anak emas Google. Meski harganya murah, Anda tak perlu khawatir kualitasnya buruk. Google merancang seluruh smartphone Android One secara eksklusif dengan pemilihan hardware yang sudah diuji terlebih dahulu.

    Google mengawasi dan merancang sendiri sistem operasi dan beragam aplikasi yang digunakan di dalam smartphone Android One. Yang pasti, semua smartphone Android One dijamin akan mendapat update sistem operasi paling pertama dibanding smartphone lainnya selama dua tahun ke depan.

    [​IMG]

    Pengujian benchmark Android One menggunakan AnTuTu Benchmark yang kami kutip dari JagatReview, rata-rata menghasilkan skor di angka 19 ribu poin. Skor tersebut lebih tinggi sekitar 1.000 poin dibanding smartphone Android lain (non-Android One) yang menggunakan spesifikasi sama.

    Spesifikasi Android One
    Di Indonesia, ada tiga smartphone Android One yang bisa dibeli, yaitu Nexian Journey1, Evercoss One X, dan Mito Impact A10. Ketiganya menawarkan spesifikasi yang sama, yaitu prosesor quad-core MediaTek MT6582 1,3 GHz, GPU Mali-400MP2, RAM 1 GB, storage 8 GB, dukungan microSD hingga kapasitas 32 GB, kamera utama 5 MP, kamera depan 2 MP, dan layar 4,5 inci (854 x 480 piksel).

    Untuk komunikasi dan jaringan, ketiganya dilengkapi dua buah slot SIM card GSM dengan konektivitas 3G dan juga Bluetooth. Dari sisi baterai, seluruhnya memiliki kapasitas yang sama, 1.700 mAh. Sementara sistem operasinya merupakan yang terbaru, yaitu Android Lollipop 5.1.

    KESIMPULAN
    Kalau Anda bingung ingin membeli smartphone Android yang oke dengan kisaran harga Rp1 juta hingga Rp1,2 juta, tak ada salahnya menjajal salah satu dari tiga pilihan smartphone Android One yang ada di Indonesia. Ketiganya menawarkan spesifikasi dan fitur yang sama persis. Performa dan update sistem operasinya pun sudah dijamin langsung oleh Google, si pemilik dan pencipta sistem operasi Android.


    sumber: droidlime.com
     
  2. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,409
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    wuih lumayan juga yah. :D
     
  3. Achmad Muharya

    Achmad Muharya Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    427
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Cuman menang di penyimpanan, OS, sama harganya :D

    Mungkin harus nunggu lagi biar ada yang lebih bagus :D
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Bisa jadi performance ciamik, tapi terkadang unsur hadrware lain yang nggak mumpuni. Hasil Kamera terkadang kurang memuaskan untuk foto apalagi video. Wajar kalau dibenamkan lensa optik yang murah. Juga bahan baku bodi..
     
  5. yuviken

    yuviken Member

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    255
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    yah namanya masih baru, belum teruji oleh waktu jadi mesti bener2 dipertimbangkan masak2 baik dan buruknya sebelum beli...:)
     
  6. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Akhirnya Google produksi HP Android juga :D
     
  7. cayun

    cayun Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    661
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Semakin banyak hp yg pke Os android.. jadi bingung mau beli yg mana ..
    (baca : ga ada duit)
     
  8. Dengan casing produk lokal ya pantes aja harganya sekitar segitu
    jadi kaynya lebih baik sekalian nunggu vendor terkenal ngeluarin A1 ini
     
  9. sepedapancal

    sepedapancal Member

    Joined:
    Jan 13, 2015
    Messages:
    280
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    kalau gadget masih baru sih..aku masih rada2 blm yakin kualitasnya..
    kyk xiaomi dulu..hehe
    sekarang malah xiaomi bagus gk seperti dugaanku pertama. semoga saja android one seperti itu :D
     
  10. sayos

    sayos Member

    Joined:
    Sep 3, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    MANTEP juga ya android one ini.. ane paling suka yang murah dan berkualitas.. maju terus google
     
  11. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    solusi pengen android berkualitas tapi harga gak bikin kantong bolong :D:D
     
  12. Sudarto

    Sudarto New Member

    Joined:
    Feb 6, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ya, senang sekali membaca artikel ini. Masalahnya benar, saya belum paham betul dengan android. Tidak hanya saya, banyak orang Indonesia yang belum mengerti hal itu dengan tepat. Termasuk pengertian tentang smartphone, handphone, tablet, notebook, dsb. Terima kasih artikelnya.
     
  13. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Kira-kira oke gak ya? Ada yg udah beli?
     
Loading...

Share This Page