Lakukan Lari Pagi Dari Sekarang Demi 10 Manfaat Ini

Discussion in 'General Lifestyle' started by intan, Jan 25, 2016.

  1. intan

    intan Member

    Joined:
    Aug 17, 2014
    Messages:
    61
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Lari pagi adalah kegiatan yang harus dijadikan salah satu rutinitas pagi anda. Karena manfaat lari pagi sangat banyak sekali, contohnya menghirup udara yang segar dan sejuk. Pada saat pagi hari, belum terlalu banyak kendaraan yang mencemari udara. Selain itu lari pagi juga merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan dan tergolong olahraga murah dan sangat simpel. Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Jika olahraga ini dilakukan setiap hari, cepat lambat anda dapat merasakan efeknya.

    Apa Manfaat Lari Pagi Untuk Tubuh?

    1. Memberikan Umur yang Lebih Panjang

    Ternyata dengan lari anda akan mendapatkan umur yang lebih panjang. Baru-baru ini penelitian telah membuktikan jika berolahraga dengan lari pagi sejauh 56 km akan mengurangi resiko mengalami kematian sampai 54%. Logikanya, dengan lari pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dengan menarik nafas yang masih segar lalu menghembuskannya. Sama halnya dengan contoh hipnoterapi, ketika orang yang di hipno sering disuruh mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya. Hal ini sangat membantu membuang perasaan stress.


    2. Dapat Menyehatkan Jantung

    Jantung adalah organ yang terbilang sangat penting untuk pertahanan hidup anda. Salah satu fungsi jantung adalah memompa aliran darah ke bagian tubuh lain. Dapat anda dibayangkan bila jantung tidak berfungsi secara normal? Entah karena penyumbatan pembuluh darah atau faktor lain? Sudah saatnya anda meminimalisir kemungkinan tersebut dan memulai hidup sehat!!! Dengan berlari sejauh 16 km selama satu minggu maka anda akan mengurangi resiko gangguan tekanan darah sampai 39% dan dapat mengurangi gangguan kolesterol yang mengendap didalam tubuh sampai 34% hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti. Selain itu, dapat menurunkan resiko obesitas.


    3. Mencegah Terjadinya Impotensi

    Impotensi adalah penyakit yang dialami pada pria dewasa. Penyebabnya faktor psikologis atau fisik. Depresi, stress dan kecemasan dapat memicu penyakit ini. Sedangkan faktor fisik meliputi menyempitnya pembuluh darah dan hormon yang kurang seimbang. Lalu dengan berlari pagi metabolisme tubuh akan normal kembali, perasaan stress dan depresi akan berkurang, penyempitan pembuluh darah juga akan berkurang. Penelitian membuktikan jika anda berlari pagi berarti anda membakar kalori sebanyak 3000 kalori, dan mengurangi impoten anda hingga 83%. Ternyata banyak sekali ya manfaat lari pagi ini.


    4. Dapat Menguatkan Tulang

    Tahukah anda bahwa kepadatan tulang pelari itu lebih baik dibandingkan dengan para tulang pesepeda? Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti yang ada di Universitas Missouri dimana para pesepeda yang kepadatan tulangnya kurang baik mencapai 63% jika dibandingkan dengan para pelari yang hanya mengalami 19%. Hal ini membuktikan jika para pelari lebih mempunyai sel-sel tulang yang lebih padat dibanding para pesepeda. Tunggu apa lagi? Bukan berarti berpindah alih dari bersepeda menjadi pelari. Tapi kita sisipkan lari pagi di tengah kegiatan kita, siapa tau hal ini dapat memperlambat datangnya menopause.


    5. Dapat Mencegah Terjadinya Dimensia

    Dimensia atau yang sering kita dengar dengan istilah ‘kepikunan’ dapat dicegah dengan melakukan lari pagi. Hal ini telah dibuktikan oleh jurnal yang berasal dari American Geriantrics Society dimana para wanita yang selalu melakukan lari pagi dimulai pada saat remaja dapat menekankan resiko mengalami kepikunan ketika memasuki usia lanjut. Pembuktian lain diberikan dari studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 dimana dengan lari pagi akan memberikan manfaat dalam meningkatkan fungsi otak ataupun hal-hal yang berkaitan dengan konsentrasi serta daya ingat. Itu sebabnya pada seseorang yang sudah menginjak usia separuh baya, mereka tidak dianjurkan untuk berdiam diri saja walau sedang mengalami berbagai penyakit. Tetap bergerak adalah jalan terbaik untuk meminimalisir kepikunan.


    6. Mempunyai Tidur yang Lebih Berkualitas

    Bagi anda yang sering mengalami insomnia dan tidak mempunyai kualitas tidur yang baik, mulai sekarang cobalah untuk lari pagi. Para peneliti telah membuktikannya kepada para penderita insomnia sebagai objeknya untuk lebih rutin melakukan lari pagi. Dan hasilnya mereka dapat tidur lebih cepat 17 menit. Selain itu para penderita tersebut juga mengaku jika tidur mereka jauh lebih nyenyak dibandingkan sebelumnya ketika mereka lebih rutin melakukan lari pagi. Sebagai tips tambahan, anda dapat meminum susu hangat 1 jam sebelum tidur. Selain itu mandi air hangat 2 jam sebelum tidur dan bisa menggunakan armoa ruangan seperti lavender.


    7. Membakar Kalori Lebih Mudah

    Berbicara tentang kalori, hal ini sering menjadi perbincangan para wanita yang sedang menjalani diet. Untuk menghitung asupan kalori pada tubuh, anda perlu memperhitungkan kegiatan sehari-hari anda. Pasalnya, pada pria dewasa membutuhkan asupan kalori sekitar 2000 perharinya, namun kebutuhan kalori berkurang seiring bertambahnya usia. Kalori adalah energi, maka jika kalori tidak terbakar yang ada menumpuk dan menjadi timbunan lemak. Apa jadinya bila hal itu terjadi? Parahnya, lama-lama akan mengalami obesitas. Namun tidak usah takut, dengan lari pagi, anda dapat membakar kalori lebih mudah. Dan ternyata lari pagi 2x lipat lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibanding diet!!


    8. Tidak Mudah Mengalami Sakit

    Dengan berlari pagi akan membuat kesehatan fisik tetap terjaga. Studi yang telah dilakukan oleh para pakar di Swedia telah membuktikan jika pelari yang sering berlari secara rutin akan lebih mudah terhindar dari sakit flu sebesar 18% jika dibandingkan oleh mereka yang jarang melakukan lari pagi. Hal ini masih berhubungan dengan metabolisme tubuh, bagaimanapun lari pagi adalah salah satu olahraga, hanya saja dilakukan dipagi hari saat kondisi udara masih segar. Makanya, tidak aneh bila seseorang yang rutin lari pagi, tidak gampang terkena penyakit.


    9. Membuat Pernafasan Menjadi Lebih Baik

    Tidak ingin kalah dengan olahraga lain, lari pagi juga dapat membuat pernafasan lebih baik. Hal ini berhubungan dengan paru-paru. Oksigen yang dihisap pada pagi hari masuk ke dalam paru-paru dan menghisap oksigen lebih banyak. Bisa dirasakan ketika anda bernafas saat olahraga, mungkin untuk anda yang baru pertama kali olahraga lagi, akan mengalami nafas tersengal-sengal. Jangan berhenti begitu saja, karena hal ini adalah salah satu proses. Selain itu lari pagi sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit asma. Penelitian telah membuktikannya dengan melibatkan para penderita penyakit asma untuk berlari pagi. Dan hasilnya asma mereka menjadi lebih jarang kambuh, membuat pernafasan mereka menjadi lebih lega dan membuat hidup mereka lebih sehat.


    10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Daya tahan tubuh berhubungan dengan sistem metabolisme serta sel-sel pelindung didalam tubuh salah satunya sel imun. Fungsi sel imun membuat tubuh anda mampu menangkal semua virus yang menyerang tubuh anda. Dan sel-sel imun akan menjadi lebih kuat ketika lari pagi. Selain itu, faktor lain juga harus dijaga salah satunya asupan makanan, siapa yang ingin sakit di usia dini? Namun tidak sedikit orang yang melupakan asupan nutrisinya. Walau tidak merasakan kekurangan nutrisi, pada umur 30 tahun ke atas, tubuh anda akan mulai merasakan berbagai penyakit. Mulai dari sekarang, minimalisir semua penyakit tersebut!

    Sumber : http://www.gudangkesehatan.com/berbagai-macam-manfaat-dari-lari-pagi/
     
    Last edited: Jan 25, 2016
    lasealwin likes this.
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    klo jalan aja bisa ga ya ? ga lari
     
  3. intan

    intan Member

    Joined:
    Aug 17, 2014
    Messages:
    61
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    bisa,,, keduanya juga bagus buat kesehatan,
    manfaatnya pun sama, asalkan rutin dijalani ;)
     
  4. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ane aja suka bangun kesiangan :D
     
  5. intan

    intan Member

    Joined:
    Aug 17, 2014
    Messages:
    61
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    ati-ati ntar rejekinya di samber ama orang lain lohh,
     
  6. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,151
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    48
    bangun paginya yang susah wkw
     
  7. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Ini dia sebenarnya manfaat yang dicari oleh banyak orang akan tetapi mereka tidak menyadari bahwa olahraga adalah salah satu yang memberikannya. Salam sehat alami
     
  8. Sneijder Edison

    Sneijder Edison New Member

    Joined:
    Jan 27, 2016
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wahh thanks gan, udah lama ane gak lari pagi T_T
     
  9. Lia Kosmetik

    Lia Kosmetik Member

    Joined:
    Jan 25, 2016
    Messages:
    59
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  10. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page