6 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Flek Hitam

Discussion in 'Health & Medical' started by terapiotak45, Mar 7, 2016.

  1. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Terkadang tanpa disadari Anda akan melakukan kegiatan yang berdampak buruk bagi tubuh. Seperti yang pernah kami bahas dalam Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Diabetes, kali ini kami juga akan membahas hal yang sama tetapi tidak dalam diabetes melainkan kebiasaan sehari-hari penyaebab flek hitam. Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa flek hitam biasanya didapatkan dari bekas jerawat yang didapatkan setekah berhasil menghilangkan jerawat tersebut. Tetapi tanpa Anda sadari terkadang flek hitam juga dapat disebabkan oleh kebiasaan yang biasa Anda lakukan.

    Apakah kebiasaan yang dapat menyebabkan flek hitam? Tenang saja, daripada membuat Anda penasaran berikut ini akan kami beritahukan kepada Anda 6 kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan flek hitam di wajah, simak ulasannya berikut ini.

    1. Memakai Parfum

    Pernahkah Anda menduga bahwa parfum yang biasa digunakan untuk membuat wangi badan ternyata dapat menyebabkan flek hitam? Pasti tidak bukan. Perlu Anda ketahui bahwa didalam parfum terdapat zat photosensitizer yang dapat membuat kulit rentan terhadap sinar matahari sehingga mempercepat pigmentasi. Proses pigmentasi inilah yang membuat timbul bercak hitam pada wajah atau yang biasa Anda kenal dengan nama flek hitam.

    2. Jarang Membersihkan wajah

    Jarang membersihkan wajah ini biasanya dilakukan oleh para laki-laki daripada wanita. Padahal tanpa Anda ketahui sebenarnya selama kita berkatifitas banyak sekali kuman dan bakteri yang menempel pada wajah. Bila tidak Anda bersihkan lama-kelamaan akan menimbulkan flek hitam pada wajah. Untuk itulah setidaknya Anda harus membersihkan kulit wajah Anda.

    3. Merokok

    Meskipun rokok identik dengan lak-laki yang melakukannya, dewasa ini banyak sekali wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Selain merokok dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung atau penyakit paru-paru, merokok juga dapat menimbulkan flek hitam pada wajah. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa rokok mengandung zat beracun. Ketika zat tersebut masuk ke dalam tubuh, organ hati tidak bisa secara sempurna menetralkannya. Hal itu akan membuat racun dan kotoran tersebut menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan flek hitam. Berhentilah merokok sekarang juga.

    4. Konsumsi Obat-obatan

    Tanpa Anda ketahui sebenarnya ada beberapa obat-obatan yang dapat mengganggu produksi hormon melamin seperti difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin. Dengan produksi hormon melamin yang berlebih akan membuat risiko flek hitam di wajah meningkat. Oleh karena itu selalu gunakan obat-obatan jika memang perlu, serta menjaga kesehatan agar terhindar dari sakit dan obat-obatan yang dapat menimbulkan flek hitam.

    5. Tidak Menggunakan Tabir Surya

    Sinar matahari mengandung sinar UV yang merupakan penyebab flek hitam pada wajah. Bagi Anda yang terbiasa dengan kehidupan yang sibuk kadang melupakan tabir surya. Padahal dengan tabir surya ini akan melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari. Gunakan tabir surya agar Anda bisa beraktifitas bebas pada luar ruangan tanpa takut paparan sinar UV matahari.

    6. Menggaruk Wajah

    Kebiasaan seperti ini memang kadang Anda lakukan ketika kulit wajah sedang gatal, Anda akan terus menggaruk wajah sampai rasa gatalnya hilang. Padahal perlu Anda ketahui bahwa menggaruk wajah secara berlebihan dapat menyebabkan flek hitam pada wajah. Hal ini dapat terjadi karena menggaruk wajah secara berlebihan dapat membuat kuit wajah terluka dan iritasi, serta melamin sebagai mekanisme pertahanan pada kulit akan diproduksi tubuh. melamin inilah yang dapat menyebabkan flek hitam pada wajah.

    Sumber
     
  2. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    bersihkan wajah sebaiknya dilakukan berapa kali kakak ?
     
  3. secretcrow

    secretcrow Member

    Joined:
    Feb 14, 2016
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    wa makasih update infonya, jadi bisa tahu gejala penyebab flek hehe :)
     
  4. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    mungkin karena parfum menghambat kelenjar keringat di wajah, apakah benar kakak ?
     
  5. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalo adik orang islam pasti setidaknya pasti 5x sehari, tapi kalo adik ndak islam ya secukupnya yang penting wajah bersih
     
  6. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    sudah dijawab di postingan
    terkadang kita menyemprot ke baju, menempel ke sebagian wajah. lebih jelasnya kandungan dalam parfum mengandung zat kimia yang dapat menyumbat pori-pori wajah
     
  7. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page